Logo Daihatsu
Menu

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023, Cek Jadwalnya!

Otomotif

2023-10-07

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023, Cek Jadwalnya!

Warga Bekasi perlu berbahagia atas diperpanjangnya Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023. Ternyata program ini tidak berakhir di penghujung bulan Agustus. Lantas program ini berlangsung sampai kapan? Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan informasi selengkapnya sebagai berikut.

Informasi Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Bekasi 2023

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Bekasi 2023 memang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 31 Juli 2023 hingga 31 Agustus. Namun, rencana tersebut diperpanjang hingga 23 Desember 2023. Hal tersebut terjadi karena mengikuti kebijakan terbaru dari Bapenda Jabar. Perpanjangan program ini bisa Anda lihat pada halaman instagram Bapenda Jabar. 

Untuk pemutihan pajak kendaraan di wilayah Bekasi, Bapenda Jabar tidak memberikan insentif bebas denda. Namun, hanya menggratiskan BBN (Bea Balik Nama) II, diskon pajak, dan bebas denda SWDKLLJ. Untuk bebas denda SWDKLLJ dan diskon pajak hanya berlaku untuk penunggak pajak yang memiliki tunggakan lebih dari tujuh tahun. 

Lokasi Diselenggarakannya Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2023

Jika Anda ingin mengikuti program pemutihan pajak kendaraan ini, Anda perlu mengunjungi kedua Samsat berikut. Untuk warga Kota Bekasi, Anda bisa mengunjungi Samsat Kota Bekasi yang terletak di Jl. Insinyur H.Juanda No. 302, RT.001/RW.021, Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi. 

Sedangkan untuk warga Kabupaten Bekasi, Anda bisa mengunjungi Samsat kabupaten Bekasi yang terletak di Jl. Raya Industri No. 14, Pasir Gombong, Kec. Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Pemutihan Bekasi 2023

Sebelum Anda membayar pajak kendaraan melalui pemutihan Bekasi. Anda wajib melengkapi beberapa persyaratan berikut.

  • E-KTP (Pastikan sesuai dengan data yang terlampir di STNK)
  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi

Untuk pajak lima tahunan, Anda perlu melampirkan dokumen tambahan seperti hasil cek fisik kendaraan, dan arsip lengkap kendaraan bermotor. Setelah persyaratan tersebut lengkap, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  • Mengunjungi Samsat sesuai dengan domisili pembelian kendaraan bermotor. 
  • Serahkan dokumen persyaratan tersebut ke pihak petugas.
  • Bawa kendaraan Anda menuju area pengecekan fisik kendaraan yang berada di depan Gedung Samsat Bekasi. Kemudian lakukan pendaftaran cek fisik dan lakukan pengecekan.
  • Setelah itu, Anda bisa menuju ke area samping cek fisik (loket progresif) untuk melakukan pengecekan kepemilikan kendaraan bermotor. 
  • Selanjutnya, kunjungi loket 7 untuk melakukan pengajuan perpanjangan STNK. Setelah persyaratan pengajuan Anda serahkan ke petugas, maka petugas akan melakukan validasi data dan menagih besaran pajak seperti SWDKLLJ, PKB, PNBP STNK hingga TNKB. Anda tinggal membayarnya, kemudian ambil di loket penyerahan STNK dan loket pengambilan plat nomor.

Baca Juga : Cara Perpanjang SIM Online Bekasi, Lokasi & Jadwal SIM Keliling

Cara Mengikuti Program Balik Nama melalui Pemutihan Bekasi 2023

Adapun caranya sebagai berikut.

  • Persiapkan berkas persyaratan balik nama, seperti E-KTP asli dan fotokopi dari pemilik baru kendaraan, STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, SKPD atau SKKP terakhir, hasil cek fisik kendaraan, kuitansi bukti pengalihan hak milik atau jual beli kendaraan, serta menghadirkan kendaraan untuk proses pengecekan fisik.
  • Kunjungi Samsat Bekasi dan jangan lupa bawa berkas persyaratan balik nama untuk Anda serahkan ke petugas. 
  • Bawa kendaraan Anda untuk melakukan cek fisik di depan gedung Samsat. Jangan lupa minta bukti hasil cek fisik ketika sudah melakukan pengecekan. 
  • Kunjungi loket 7 untuk melakukan perpanjangan STNK dan serahkan berkas persyaratan lainnya seperti cek fisik kendaraan.
  • Tunggu sebentar, hingga petugas menagih besaran pajak yang perlu Anda bayarkan. Kemudian bayar tagihan tersebut ke loket pembayaran.
  • Selanjutnya kunjungi loket penyerahan STNK baru, serta loket TNKB untuk mengambil STNK dan plat nomor. 

Demikian informasi lengkap mengenai Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Bekasi 2023. Untuk besaran biaya pajaknya, Anda bisa mengakses situs resmi Bapenda Jabar atau cek melalui aplikasi SINAR. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Ban Mobil Terkunci dan Solusinya

2021-01-28

Di musim hujan seperti ini, cukup banyak kejadian ban mobil terkunci dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat panik loh. Sahabat bisa bayangkan jika Sahabat sedang butuh

thumbnail

Begini Cara Buat Body Kit dari Paralon

2020-12-03

Body kit pada mobil bisa dibuat dari bahan apa saja, termasuk dari paralon alias PVC. Jika Sahabat tertarik untuk membuat body kit dari bahan tersebut, mengetahui cara buat body kit dari paralon ad

thumbnail

Mengetahui Penyebab Asap Mobil Bau Bensin dan Cara Mengatasinya

2021-03-01

Saat menggunakan kendaraan, hal yang paling mudah diidentifikasi dari mesin adalah aroma. Ya, komponen mesin yang tertutup bodi sulit terlihat secara kasat mata sehingga

thumbnail

Mengemudi Layaknya Pembalap F1, Berikut Fungsi Paddle Shift Di Mobil Anda

2021-01-12

Mobil masa kini banyak yang didesain dengan transmisi otomatis, sehingga lebih mudah saat dioperasikan. Akan tetapi, para pengendara sering kali rindu dan ingin menjajal