Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023, Cek Jadwalnya!
07 Oktober 2023
Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023, Cek Jadwalnya!

Warga Bekasi perlu berbahagia atas diperpanjangnya Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023. Ternyata program ini tidak berakhir di penghujung bulan Agustus. Lantas program ini berlangsung sampai kapan? Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan informasi selengkapnya sebagai berikut.

Informasi Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Bekasi 2023

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Bekasi 2023 memang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 31 Juli 2023 hingga 31 Agustus. Namun, rencana tersebut diperpanjang hingga 23 Desember 2023. Hal tersebut terjadi karena mengikuti kebijakan terbaru dari Bapenda Jabar. Perpanjangan program ini bisa Anda lihat pada halaman instagram Bapenda Jabar. 

Untuk pemutihan pajak kendaraan di wilayah Bekasi, Bapenda Jabar tidak memberikan insentif bebas denda. Namun, hanya menggratiskan BBN (Bea Balik Nama) II, diskon pajak, dan bebas denda SWDKLLJ. Untuk bebas denda SWDKLLJ dan diskon pajak hanya berlaku untuk penunggak pajak yang memiliki tunggakan lebih dari tujuh tahun. 

Lokasi Diselenggarakannya Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2023

Jika Anda ingin mengikuti program pemutihan pajak kendaraan ini, Anda perlu mengunjungi kedua Samsat berikut. Untuk warga Kota Bekasi, Anda bisa mengunjungi Samsat Kota Bekasi yang terletak di Jl. Insinyur H.Juanda No. 302, RT.001/RW.021, Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi. 

Sedangkan untuk warga Kabupaten Bekasi, Anda bisa mengunjungi Samsat kabupaten Bekasi yang terletak di Jl. Raya Industri No. 14, Pasir Gombong, Kec. Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Pemutihan Bekasi 2023

Sebelum Anda membayar pajak kendaraan melalui pemutihan Bekasi. Anda wajib melengkapi beberapa persyaratan berikut.

  • E-KTP (Pastikan sesuai dengan data yang terlampir di STNK)
  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi

Untuk pajak lima tahunan, Anda perlu melampirkan dokumen tambahan seperti hasil cek fisik kendaraan, dan arsip lengkap kendaraan bermotor. Setelah persyaratan tersebut lengkap, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  • Mengunjungi Samsat sesuai dengan domisili pembelian kendaraan bermotor. 
  • Serahkan dokumen persyaratan tersebut ke pihak petugas.
  • Bawa kendaraan Anda menuju area pengecekan fisik kendaraan yang berada di depan Gedung Samsat Bekasi. Kemudian lakukan pendaftaran cek fisik dan lakukan pengecekan.
  • Setelah itu, Anda bisa menuju ke area samping cek fisik (loket progresif) untuk melakukan pengecekan kepemilikan kendaraan bermotor. 
  • Selanjutnya, kunjungi loket 7 untuk melakukan pengajuan perpanjangan STNK. Setelah persyaratan pengajuan Anda serahkan ke petugas, maka petugas akan melakukan validasi data dan menagih besaran pajak seperti SWDKLLJ, PKB, PNBP STNK hingga TNKB. Anda tinggal membayarnya, kemudian ambil di loket penyerahan STNK dan loket pengambilan plat nomor.

Baca Juga : Cara Perpanjang SIM Online Bekasi, Lokasi & Jadwal SIM Keliling

Cara Mengikuti Program Balik Nama melalui Pemutihan Bekasi 2023

Adapun caranya sebagai berikut.

  • Persiapkan berkas persyaratan balik nama, seperti E-KTP asli dan fotokopi dari pemilik baru kendaraan, STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, SKPD atau SKKP terakhir, hasil cek fisik kendaraan, kuitansi bukti pengalihan hak milik atau jual beli kendaraan, serta menghadirkan kendaraan untuk proses pengecekan fisik.
  • Kunjungi Samsat Bekasi dan jangan lupa bawa berkas persyaratan balik nama untuk Anda serahkan ke petugas. 
  • Bawa kendaraan Anda untuk melakukan cek fisik di depan gedung Samsat. Jangan lupa minta bukti hasil cek fisik ketika sudah melakukan pengecekan. 
  • Kunjungi loket 7 untuk melakukan perpanjangan STNK dan serahkan berkas persyaratan lainnya seperti cek fisik kendaraan.
  • Tunggu sebentar, hingga petugas menagih besaran pajak yang perlu Anda bayarkan. Kemudian bayar tagihan tersebut ke loket pembayaran.
  • Selanjutnya kunjungi loket penyerahan STNK baru, serta loket TNKB untuk mengambil STNK dan plat nomor. 

Demikian informasi lengkap mengenai Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Bekasi 2023. Untuk besaran biaya pajaknya, Anda bisa mengakses situs resmi Bapenda Jabar atau cek melalui aplikasi SINAR. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor