Logo Daihatsu
Menu

Info Uji Emisi Surabaya, Cek Syarat dan Tips Lolos di Sini!

Otomotif

2023-11-22

Info Uji Emisi Surabaya, Cek Syarat dan Tips Lolos di Sini!

Tidak hanya di Jakarta saja, uji emisi kendaraan akan diselenggarakan di beberapa kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Surabaya. Program razia uji emisi tersebut berguna untuk menyehatkan kadar udara di kota-kota besar Indonesia sehingga tingkat polusi udara dapat diturunkan. Lantas apa saja syarat untuk mengikuti uji emisi Surabaya tersebut? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Bagi warga Surabaya yang ingin mengikuti program uji emisi kendaraan di Surabaya, Anda perlu mengetahui persyaratannya beserta tips agar lolos uji emisi tersebut. Untuk selengkapnya, akan dibahas di bawah ini.

Syarat mengikuti uji emisi Surabaya

Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi ketika hendak mengikuti uji emisi kendaraan di Surabaya. Adapun persyaratan selengkapnya sebagai berikut.

  • Melampirkan KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopiannya.
  • Melampirkan STNK asli beserta fotokopiannya.
  • Melampirkan BPKB asli kendaraan beserta fotokopiannya. 

Tips agar lolos uji emisi

Ada beberapa tips yang bisa Anda contoh agar lolos uji emisi kendaraan. Berikut tips selengkapnya.

  • Melakukan perawatan kendaraan secara rutin mulai dari filter bahan bakar, filter udara, hingga filter oli. Filter udara berperan dalam menjaga kualitas udara yang akan dialirkan ke mesin, sedangkan filter bahan oli dan bahan bakar berperan dalam menjaga kualitas performa mesin agar maksimal.
  • Rutin mengganti oli mesin sesuai dengan anjuran servis yang pabrikan kendaraan buat. Oli yang kotor akan mempengaruhi kinerja mesin dan meningkatkan kadar emisi gas buang. Oleh karena itu, perlu dilakukannya penggantian secara rutin agar kadar emisi gas buang dapat diturunkan.
  • Rutin memeriksa sistem pembakaran mesin mulai dari kabel busi, busi, hingga koil sehingga proses pembakaran mesin maksimal. Pembakaran yang maksimal dapat menurunkan kadar polutan dari emisi gas buang.

Baca Juga : Bagaimana Jika Tidak Lulus Uji Emisi Kendaraan? Ini Penyebab dan Solusinya!

Prosedur uji emisi kendaraan Surabaya

Ketika Anda hendak mengikuti uji emisi kendaraan, ada beberapa prosedur yang perlu Anda ikuti dengan baik. Berikut prosedur lengkapnya.

1. Melakukan pemeriksaan sebelum mengikuti uji emisi

Sebelum melakukan uji emisi, sebaiknya pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Mulai dari filter udara, komponen mesin, sistem pembakaran, knalpot dan lain sebagainya. Jangan lupa gunakan bahan bakar yang sesuai dengan standar kompresi kendaraan agar emisi yang dihasilkan sesuai dengan standar uji emisi. Berikut standar uji emisi berdasarkan jenis kendaraannya.

  • Sepeda motor dengan mesin 2-tak (tahun produksi di bawah 2010): kadar HC sebesar 12.000 ppm dan kadar CO2 sebesar 4,5%.
  • Sepeda motor dengan mesin 4-tak (tahun produksi di bawah 2010): kadar HC sebesar 2.400 ppm dan kadar CO sebesar 5,5%. 
  • Sepeda motor dengan mesin 2-tak dan 4-tak (tahun produksi di atas 2010): kadar HC sebesar 2.000 ppm dan kadar CO2 sebesar 4,5%.
  • Mobil diesel (tahun produksi sebelum 2010) dan bobot kendaraan di bawah 3,5 ton: kadar timbal 50%.
  • Mobil diesel (tahun produksi setelah 2010) dan bobot kendaraan 3,5 ton: kadar timbal 40%.
  • Mobil bensin (tahun produksi di bawah 2007): kadar HC sebesar 700 ppm dan CO2 di bawah 30%. 
  • Mobil bensin (tahun produksi di atas 2007): kadar HC sebesar 200 ppm dan CO2 di bawah 1,5%.

2. Mengunjungi bengkel uji emisi

Selanjutnya, Anda kunjungi bengkel pengujian emisi gratis yang sudah ditetapkan oleh Pemkot Surabaya. Ambil nomor antrean, kemudian lakukan pengujian. Bila lolos Anda akan mendapatkan sertifikat uji emisi. Jika Anda bingung mencari tempat uji emisi kendaraan Surabaya dengan kualitas terbaik, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu Surabaya. Hanya dengan Rp165.000 Anda sudah bisa melakukan pengujian emisi kendaraan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning

2021-06-29

Kaca lampu mobil Anda menguning? Jangan khawatir karena kaca lampu mobil yang menguning ini bisa Anda atasi dengan menggunakan beberapa bahan cairan penghilang kotoran p

thumbnail

Asap Knalpot Hitam: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

2020-11-13

Keluarnya asap knalpot hitam pada mobil sering membuat pengendara khawatir. Selain mengganggu pengendara lain dan polusi udara, asap knalpot hitam ini dapat menjadi pertanda kalau ada yang nggak be

thumbnail

Segini Besaran Denda Tilang Tidak Punya SIM

2020-12-03

Setiap pelanggaran lalu lintas pasti menghasilkan sanksi

thumbnail

Yuk Simak Cara Memasang Aki Mobil yang Aman

2021-01-14

Cadangan listrik utama pada kendaraan terdapat dalam Aki. Komponen tersebut bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan listrik pada mobil. Jika Aki tidak berfungsi secara op