Logo Daihatsu
Menu

Ingat 7 Langkah Ini untuk Cara Naik MRT di Singapura

Travel

2021-03-24

mrt singapura

Transportasi umum merupakan akses yang sangat praktis dan ekonomis saat sahabat ingin berjalan-jalan. Terlebih lagi saat liburan di luar negeri dan melakukan solo traveling, transportasi umum relatif lebih terjangkau. Singapura merupakan salah satu negara yang akses transportasi mass rapid transit (MRT) yang nyaman untuk digunakan pelancong, loh.

Cara naik MRT di Singapura adalah menggunakan tiket berupa kartu isi ulang yang dapat menempuh lokasi strategis sesuai rute MRT. Namun, beberapa hal mungkin masih harus sahabat perhatikan agar tidak tersesat atau kebingungan. Nah, berikut ini langkah-langkah naik MRT di Singapura yang perlu sahabat perhatikan.

Beli tiket MRT

Tiket MRT yang bisa sahabat gunakan di Singapura adalah Singapore Tourist Pass yang dikenal sebagai EZ-Link. Kartu ini bisa didapatkan di loket stasiun atau kios minimarket 7–Eleven terdekat. Kartu EZ-Link tidak akan dikembalikan, tapi bisa diisi ulang sesuai dengan kebutuhan transportasi selama berada di Singapura. Tenang, caranya isi ulangnya mudah, kok.

Pelajari peta MRT

Hal utama yang perlu diperhatikan saat berada di luar negeri adalah itinerary. Sahabat bisa menentukan dulu lokasi yang ingin dikunjungi agar bisa menandai lokasi stasiun terdekat. Di dalam peta MRT, sudah ada jalur yang menghubungkan berbagai tempat di Singapura. Saat membaca peta, sahabat juga harus memastikan titik transit untuk berganti jalur.

Pada peta tersebut biasanya akan terlihat beberapa jalur yang dibedakan berdasarkan warna. Peta informasi bisa didapatkan dari petugas di stasiun atau aplikasi di smartphone.

Pastikan saldo tiket cukup

Seperti layaknya menggunakan uang elektronik, penggunaan tiket MRT di Singapura juga menggunakan kartu isi ulang. Sahabat perlu memastikan saldo di dalam kartu cukup untuk menempuh perjalanan yang dituju. Untuk melakukan pengisian ulang saldo, sahabat juga bisa melakukannya secara online atau menggunakan general ticketing machine (GTM).

Masuk ke pintu tiket

Untuk menggunakan tiket MRT, sahabat perlu mencari pintu (gate) tiket untuk melakukan tap-in. Sahabat hanya perlu menempelkan kartu tiket di layar kecil sebelum pintu masuk hingga mesin berbunyi. Suara itu menunjukkan bahwa tiket sudah terdeteksi sebagai akses masuk untuk menggunakan MRT. Jangan sampai tertinggal atau jatuh tiketnya, ya!

Antre dengan tertib

Sahabat bisa saja sedang terburu-buru karena sudah punya janji temu saat berada di Singapura, tapi sahabat tetap harus tertib. Antre sesuai giliran untuk dapat naik ke MRT menuju lokasi yang sahabat inginkan. Karena itulah, sahabat sebaiknya sudah menyiapkan waktu ekstra jika takut terlambat, ya. Jangan sampai diprotes karena menyerobot.

Perhatikan pengumuman

Saat pertama kali naik MRT, sahabat perlu memperhatikan lokasi stasiun transit dan stasiun yang dituju. Biasanya, akan ada pengumuman yang terdengar dari pengeras suara atau ditampilkan pada layar kecil di dekat pintu. Sahabat bisa turun saat sudah terdengar stasiun pemberhentian yang dituju.

Berhati-hati saat keluar

Saat tiba di setiap stasiun, perhatikan posisi orang yang akan keluar. Beri jalan jika ada orang yang akan turun, terutama jika sahabat berada di dekat pintu. Selain itu, sahabat juga harus berhati-hati saat turun karena biasanya ada sedikit ruang ke dasar rel MRT. Jangan sampai terperosok ke dalamnya, terutama jika turun terburu-buru.

Baca juga : 15 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Singkatnya, tata cara naik MRT bisa dilakukan sesuai arahan yang sudah tertera di dalam stasiun dan kereta. Namun, sahabat harus memastikan lokasi tujuan dan tiket sudah dimiliki dan disimpan dengan aman sebagai akses keluar-masuk stasiun, ya!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ragam Kuliner Medan yang Halal dan Nikmat

2020-10-28

Kota Medan merupakan salah satu kota dengan kekayaan kuliner yang banyak. Banyaknya pengaruh dari berbagai negara sejak zaman dulu membuat kuliner Medan kaya akan rempah

thumbnail

Tak Hanya Baturraden, ini Deretan Tempat Wisata di Purwokerto yang Tidak Kalah Hits

2020-10-28

Jika berbicara tentang Purwokerto maka bayangan Sahabat mungkin akan langsung tertuju pada bahasanya yang sering dianggap lucu. Padahal, jika mau mencari info lebih lanj

thumbnail

KEK Mandalika dapat Menyerap Tenaga Kerja hingga 587.000

2020-11-14

KEK merupakan akronim dari Kawasan Ekonomi Khusus. Mandalika ditetapkan menjadi KEK melalui peraturan pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata.Terletak di Lombok Tengah, K

thumbnail

7 Pantai di Padang Ini Wajib Masuk Daftar Liburan Sahabat

2020-10-28

Siapa yang tak kenal restoran masakan padang? Kota Padang memang terkenal sebagai salah satu kota dengan kekayaan wisata kuliner yang menggoda. Namun, Kota Padang juga menyimpan destinasi wisata pa