Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah 5 Fungsi Piston Mobil dan Cara Merawatnya
23 Januari 2024
Inilah 5 Fungsi Piston Mobil dan Cara Merawatnya

Fungsi piston mobil sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Sebab piston merupakan salah satu komponen pada blok silinder mesin yang mempengaruhi performa mesin. Oleh karena itu, pemilik mobil harus selalu memperhatikan kondisi piston. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi dan perawatan piston yang benar. Adapun selengkapnya sebagai berikut.

Fungsi Piston Pada Mobil

Piston pada mobil memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

1. Mengatur volume silinder

Piston pada mobil memiliki fungsi utama, yakni sebagai pengatur volume silinder. Di dalam piston sendiri terdapat komponen ring piston. Ketika gagang ring piston ditarik ke atas, maka volume silinder menjadi lebih luas, layaknya mekanisme pompa tabung. Pada kondisi inilah, udara akan masuk ke dalam tabung. 

Namun, ketika gagang pompa ditekan, maka udara secara otomatis sehingga volume tabung mengecil. Fungsi tersebut juga terjadi, pada piston. Ketika piston dalam keadaan turun, maka volume silinder membesar sehingga bensin dan campuran udara akan diisap oleh mesin. Sedangkan ketika piston dalam keadaan naik, maka volume silinder mengecil sehingga temperatur gas pada ruang bakar meningkat.

2. Mendorong gas sisa pembakaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika piston dalam keadaan naik (bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas) maka volume silinder akan mengecil. Kondisi ini menyebabkan katup buang (exhaust valve) terbuka sehingga mendorong gas sisa pembakaran.

3. Mengisap udara ke dalam silinder

Ketika piston sedang dalam keadaan menurun (bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah) maka volume silinder akan membesar. Kondisi ini menyebabkan proses pengisapan material pembakaran (bensin dan campuran udara) dari luar untuk masuk ke dalam silinder. 

4. Menekan dan mengompres material pembakaran ke dalam silinder

Selain melakukan pengisapan material pembakaran, piston juga berfungsi menekan dan mengompres material yang sudah diisap sebelumnya agar lebih cepat terbakar. Dengan begitu, daya pembakaran material tersebut juga menjadi jauh lebih besar. Fungsi tersebut terjadi ketika langkah kompresi mesin terjadi. 

Pada langkah tersebut, seluruh katup mesin tertutup dan piston bergerak ke atas. Kemudian, volume silinder mulai mengecil secara perlahan meski di dalamnya ada material pembakaran. Pada kondisi ini material pembakaran tersebut mengalami kompresi.

5. Mengubah energi pembakaran menjadi energi mekanik

Ketika sistem kompresi segera berakhir, maka bunga api dari busi akan menyela sehingga menyebabkan proses pembakaran. Pada kondisi ini terjadi ledakan pada silinder sehingga menghasilkan energi ekspansi, gas sisa pembakaran, hingga suhu panas. Hasil ledakan tersebut nantinya berfungsi sebagai daya energi mesin. Namun daya energi tersebut masih belum optimal, karena perlu diubah ke energi mekanik. Pada kondisi ini, piston terdorong secara otomatis dari titik mati atas ke bawah.

Baca Juga : Daftar Ukuran Diameter Piston Mobil Terlengkap

Cara Merawat Piston Agar Tidak Cepat Aus

Agar piston mobil Anda tidak mudah aus, maka Anda perlu merawatnya secara rutin dan berkala. Cara perawatan piston cukup mudah, Anda gunakan oli mesin sesuai standar pabrikan mobil. Ganti oli mesin secara rutin dan berkala, agar kebersihan piston selalu terjaga. Apabila piston masih kotor, Anda bisa melepas piston kemudian merendam piston dengan cairan khusus. 

Apabila masih kotor, Anda bisa membersihkannya dengan menyikat bagian yang belum terendam. Namun, jika Anda ingin perawatan yang instan dan berkualitas, Anda bisa melakukan perawatan piston dan komponen lainnya di bengkel resmi Daihatsu terdekat

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku