Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Biaya dan Syarat Ganti Warna Mobil di BPKB dan STNK
23 Januari 2024
Inilah Biaya dan Syarat Ganti Warna Mobil di BPKB dan STNK

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan penggantian warna mobil. Sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu berapa biaya ganti warna mobil di BPKB dan STNK beserta syaratnya seperti berikut.

Berapa Biaya Ganti Warna Mobil di BPKB dan STNK?

Ketika Anda berniat untuk melakukan penggantian warna mobil, maka Anda perlu mendaftarkan pergantian warna tersebut ke pihak kepolisian. Sebab jika tidak, maka ketika mobil Anda beroperasi di jalanan, dan terekam kamera ETLE akan dikenakan denda sebesar Rp500.000 atau pidana kurungan selama dua bulan. Hal tersebut sudah tercantum pada Pasal 288 ayat 1 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009. 

Lantas berapa biaya penggantian warna mobil di BPKB dan STNK? Dilansir dari situs resmi Humas Polri Indonesia, untuk mengganti warna mobil di bawah 20 persen dari warna asli mobil, maka tidak diperlukan melakukan penerbitan BPKB dan STNK baru. Namun, jika melebihi 20 persen, baru pemilik kendaraan wajib melakukan penerbitan BPKB dan STNK baru. Aturan tersebut sudah tercantum pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Th. 2016. Adapun rincian besaran biaya penggantian warna mobil di BPKB dan STNK sebagai berikut.

  • Biaya penerbitan BPKB mobil baru: Rp375.000
  • Biaya penerbitan STNK mobil baru: Rp200.000
  • Biaya pengesahan STNK mobil baru: Rp50.000

Jadi total keseluruhan biaya penggantian warna mobil di STNK dan BPKB, sebesar Rp575.000.

Baca Juga : Efek Buruk Sering Ganti Warna Cat Mobil

Syarat Ganti Warna Mobil di STNK dan BPKB

Ketika Anda hendak melakukan penggantian warna mobil di STNK dan BPKB, maka Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut.

  1. Melampirkan e-KTP asli. Jika Anda warga negara asing yang tinggal sementara di Indonesia maka Anda wajib melampirkan KITAS.
  2. Melampirkan STNK asli mobil. 
  3. Melampirkan BPKB asli mobil.
  4. Jika proses pengubahan warna mobil diwakilkan kepada orang lain, maka Anda wajib melampirkan surat kuasa yang sudah dibubuhi dengan materai Rp10.000 dan sudah ditandatangani oleh pemberi kuasa beserta fotokopiannya.
  5. Melampirkan surat keterangan mengenai perubahan warna kendaraan dari pihak bengkel yang melakukan perubahan warna. Beserta TDP (Tanda Daftar Perusahan) atau NIB (Nomor Induk Berusaha), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), hingga surat keterangan domisili.
  6. Hasil telah mengikuti cek fisik kendaran.
  7. Tanda bukti pendaftaran permohonan penerbitan BPKB baru.

Cara Ganti Warna Mobil di BPKB dan STNK

Untuk mengganti warna mobil di BPKB dan STNK, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Berikut langkah selengkapnya.

  1. Kunjungi Samsat terdekat sesuai dengan domisili register mobil Anda. Jangan lupa bawa berkas persyaratan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 
  2. Kunjungi loket, untuk meminta formulir permohonan. Isi formulir tersebut secara lengkap.
  3. Kunjungi loket tata usaha untuk membuat berita acara perubahan bentuk dan warna (Rubentina)
  4. Lakukan uji cek fisik kendaraan.
  5. Lakukan pembayaran PNBP untuk STNK dan BPKB.
  6. Lakukan pendaftaran BPKB ke Polres atau Polda beserta berkas persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  7. Lakukan pembayaran pajak PKB dan SWDKLLJ.
  8. Selanjutnya tunggu proses penerbitan BPKB dan STNK baru. Untuk proses ini biasanya memerlukan waktu kurang lebih seminggu.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda berniat untuk mengganti warna mobil Anda? Jika Anda berminat, jangan lupa untuk melakukan penggantian warna mobil di bengkel resmi Daihatsu terdekat. Sebab pengerjaan pengecatan ulang di bengkel ini memiliki hasil yang rapi dan berkualitas. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku