Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu BPKB? Ini Kepanjangan dan Fungsinya!
17 Januari 2024
Apa itu BPKB? Ini Kepanjangan dan Fungsinya!

BPKB adalah akronim dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB sendiri memiliki fungsi penting terhadap keabsahan kepemilikan kendaraan bermotor. Di bawah ini akan dijelaskan secara detail mengenai apa itu BPKB? Dan apa saja fungsinya seperti berikut.

Apa Itu BPKB? 

BPKB merupakan sebuah dokumen atau surat penting yang diterbitkan oleh Satlantas Polri (Satuan Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia) sebagai keabsahan kepemilikan kendaraan bermotor. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BPKB memiliki kepanjangan yakni Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Pada setiap BPKB, tercantum data-data penting seperti nomor polisi kendaraan, tipe kendaraan, merek kendaraan, tahun pembuatan kendaraan, nomor rangka, nomor mesin, nama pembeli kendaraan bermotor, hingga nama perusahaan yang menjual kendaraan. 

Fungsi BPKB

BPKB sendiri memiliki beberapa fungsi penting seperti berikut.

1. Bukti kepemilikan

BPKB memiliki fungsi utama, yakni sebagai bukti kepemilikan kendaraan yang sah diakui oleh kepolisian dan negara. Sebab, pada BPKB tercantum nama pemilik kendaraan bermotor yang bersangkutan.

2. Syarat perpanjangan pajak kendaraan 

Fungsi selanjutnya, sebagai salah satu syarat penting perpanjangan pajak kendaraan. Tanpa adanya BPKB, Anda tidak diperbolehkan membayar pajak kendaraan. Bahkan Anda akan dijatuhi sanksi hukum. 

3. Klaim asuransi

Fungsi ketiga, BPKB bisa dijadikan untuk mengklaim asuransi ketika terjadi kerusakan kendaraan ataupun kasus kecelakaan. 

4. Memudahkan proses pinjaman 

Fungsi keempat, BPKB bisa Anda jadikan jaminan ketika hendak melakukan pinjaman dana. Baik pinjaman bank, koperasi, atau semisalnya. Selama proses pinjaman belum lunas, maka BPKB akan dipegang oleh pihak yang meminjamkan. 

5. Syarat administrasi pendaftaran kendaraan ataupun laporan kehilangan

Selain sebagai salah satu syarat wajib administrasi perpanjangan pajak (pembayaran pajak lima tahunan). BPKB juga berfungsi sebagai salah satu syarat wajib untuk registrasi kendaraan, ataupun laporan kehilangan.

6. Transaksi jual beli kendaraan bermotor

Terakhir, BPKB berfungsi mempermudah proses transaksi jual beli kendaraan bermotor. Sebab, ketika Anda menjual mobil Anda kepada pembeli kendaraan. Anda wajib menyerahkan BPKB Anda kepada pembeli mobil Anda tersebut untuk melakukan proses balik nama kepemilikan kendaraan bermotor. Apabila Anda menjual kendaraan tanpa adanya BPKB, maka kendaraan yang Anda jual dinilai bodong atau hasil curian. Dan setiap penjual kendaraan yang tidak disertai BPKB akan dikenakan sanksi hukum. 

Nah, itulah beberapa fungsi BPKB. Berbeda dengan fungsi STNK ya, untuk melihat perbedaan BPKB dan STNK bisa cek informasinya disini Perbedaan BPKB dan STNK, Ini Fungsi dan Pembuatannya!.

Cara Mengurus BPKB Mobil

Setelah Anda mengetahui apa itu BPKB beserta fungsinya. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui cara mengurus BPKB mobil yang benar dan mudah. Berikut cara selengkapnya.

1. Melengkapi dokumen persyaratan

Sebelum Anda mengurus BPKB, pastikan Anda sudah melengkapi semua dokumen persyaratan pengurusan BPKB. Mulai dari STNK, surat bukti melakukan jual beli yang sudah ditandatangani dan dibubuhi materai serta kelengkapan dokumen lainnya.

2. Mengunjungi Samsat terdekat

Setelah dokumen persyaratan Anda lengkap, segera kunjungi kantor Samsat terdekat dengan wilayah Anda. Selanjutnya, Anda lakukan langkah-langkah berikut.

  • Mengunjungi loket pendaftaran
  • Mengisi formulir permohonan pengurusan BPKB yang diberikan petugas Samsat
  • Membayar biaya administrasi sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku di wilayah Samsat tersebut
  • Menyerahkan semua berkas pengurusan BPKB termasuk formulir permohonan
  • Menunggu petugas memeriksa dan memvalidasi berkas Anda. Biasanya proses ini membutuhkan waktu beberapa hari atau beberapa minggu, tergantung regulasi dan kebijakan Samsat masing-masing.
  • Mengambil BPKB baru, apabila berkas sudah divalidasi. Apabila ada perubahan informasi mengenai data diri pemilik, atau kendaraan, segera ajukan perubahan BPKB.

Baca Juga : Cara Mengurus BPKB Hilang, Siapkan Syarat dan Dokumen Berikut!

Demikian ulasan lengkap mengenai BPKB. Selain BPKB, Anda juga perlu melakukan servis mobil secara rutin dan berkala di bengkel resmi Daihatsu. Sebab hal tersebut sama-sama penting untuk kenyamanan berkendara. 

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku