Logo Daihatsu
Menu

6 Cara Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Otomotif

2022-08-25

cara memperbaiki aki basah tidak bisa menyimpan setrum

Cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum adalah hal yang perlu dilakukan. Saat aki basah sudah mulai tidak bisa menyimpan setrum lagi pasti terdapat masalah didalamnya.

Sebab, bila aki basah sudah mengalami kondisi tersebut, maka mesin mobil tidak akan bisa menerima listrik dari aki basah. Jika Sahabat belum mengetahui cara tersebut, jangan khawatir. Soalnya, kami akan memberitahukannya lewat artikel kali ini. Cara tersebut bisa disimak di bawah ini!

Cara Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Tidak Menyimpan Setrum

Ada beberapa penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum. Salah satunya karena pemakaian aki yang sudah melewati batas usia aki.

Nah, kami ada beberapa solusi yang bisa membantu Sahabat menangani masalah tersebut. Berikut ini panduan lengkap cara memperbaiki aki basah yang tidak menyimpan setrum :

1. Sediakan Alat

Siapkan alat terlebih dulu, agar bisa mempermudah cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum. Adapun alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  • Sarung tangan
  • Battery charger
  • Pipet atau jarum suntik
  • Pisau
  • USP Magnesium Sulfate
  • Air aki.

2. Keluarkan Aki Basah

Bila semua alat tersedia, segera keluarkan aki basah dari dalam mobil. Tempatkan aki tersebut ke tempat yang aman dan datar. Hal itu dilakukan agar aki basah tersebut tidak mengalami kerusakan.

Baca Juga : Aki Kering vs Basah Bagus Mana? Berikut Penjelasannya

3. Tempatkan Aki Tersebut di Tempat yang Aman dan Datar

Buka penutup aki basah setelah aki ditempatkan di tempat yang aman dan datar. Jika Sahabat menemukan segel di dalamnya, Sahabat bisa memotong segel tersebut dengan pisau, mulai dari bagian tepinya.

Setelah dipotong, Sahabat akan menemukan beberapa sel dari aki basah. Buka tutup tiap sel itu, agar Sahabat bisa melakukan cara selanjutnya, yaitu membuang air aki yang lama.

4. Buanglah Air Aki yang Lama

Agar cara ini bisa terlaksana dengan baik, Sahabat harus memasang pipet atau jarum suntik di setiap sel yang ada pada aki basah. Keluarkan air aki yang lama di setiap selnya, hingga tersisa 30 atau 40 persen.

Jangan mengeluarkan semua air akinya, agar nanti Sahabat tidak kesulitan saat hendak mengisi ulang baterai aki. Adapun air aki yang telah dikeluarkan sebelumnya harus dimasukkan ke dalam wadah kaca.

Hal itu dilakukan agar air aki tersebut tidak membahayakan lingkungan sekitar. Air aki sendiri memiliki sejumlah zat yang bersifat korosif.

Larutkan USP Magnesium Sulfate yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Larutkan zat tersebut di dalam air mendidih, lalu campur dengan air aki yang baru. Aduk hingga merata.

Bila sudah, masukkan campuran USP Magnesium Sulfate itu ke dalam setiap sel aki basah. Adapun cara memasukkannya bisa lewat pipet ataupun jarum jam.

5. Lakukanlah Pengisian Baterai Pada Aki Basah

Bila sudah terisi penuh, lakukanlah pengisian baterai pada aki basah dengan charger battery. Sebagai saran, jangan dulu tutup sel dan aki basah saat pengisian berlangsung.

Hal itu dilakukan agar aki basah bisa mengeluarkan udara selama pengisian berlangsung. Jika aki basah sebelumnya sudah rusak parah, lakukan pengisian selama semalaman penuh. 

Jika Sahabat tidak memiliki charge battery, Sahabat bisa melakukan pengisian baterai dengan menggunakan alternator. Untuk melakukan ini, Sahabat harus menutup kembali sel aki basah dan aki basah itu sendiri, lalu pasang kembali ke dalam mobil.

Tutup pada sel sendiri bisa Sahabat ganti dengan yang baru. Saat aki basah telah dipasang kembali ke mobil, segeralah nyalakan mobil Sahabat, agar aki basah bisa diisi baterainya oleh alternator mobil.

Baca Juga : Cara Perbaiki Aki Basah yang Mati Total serta Kelebihannya

6. Memakai Sarung Tangan

Langkah terakhir memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum yaitu harus tetap memakai sarung tangan. Hal itu untuk menjaga agar tanganmu higienis, serta terhindar dari percikan air aki pada aki basah.

Agar lebih aman, Sahabat bisa melakukan semua cara di atas dengan bantuan orang lain. Khususnya, mereka yang paham soal perbaikan aki basah. Siapa tahu, mereka juga bisa memberi cara tambahan soal memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum.

Alternatif lainnya, Sahabat bisa datang langsung ke teknisi profesional di bengkel resmi Daihatsu sebelum aki basah rusak lebih parah. Semoga bisa bermanfaat, ya. Jangan lupa mengunjungi artikel kami lainnya seputar otomotif.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya

2020-12-02

Kelistrikan mobil mati total adalah salah satu masalah yang lazim dialami oleh mobil. Salah satu ciri adanya

thumbnail

Cara Cek Pajak Banten Terbaru, Bisa Online Lho!

2024-01-31

Cek pajak Banten terbaru, ternyata sudah bisa dilakukan secara online. Jadi warga Banten bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan kapan saja tanpa perlu mengantri d

thumbnail

Tips dan Trik Mengatasi Mabuk AC Mobil

2021-08-31

Setiap mobil tentunya dilengkapi dengan AC atau untuk menunjang kenyamanan para pengendara. Namun, apakah Anda tau ada sedikit orang yang mungkin saja sensitif dengan pe

thumbnail

Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Jenis & Ciri Kerusakannya

2022-12-05

Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai apa kegunaan dari oli shock absorber. Jika anda pernah melewati jalanan berlubang dan tidak rata saat mengendarai sebu