Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum Lama

Otomotif

2022-08-16

Penyebab Aki basah dan kering Tidak Bisa Menyimpan Setrum lama

Aki merupakan komponen yang memiliki peran krusial terhadap sistem kelistrikan mobil sehingga harus selalu dicek dan dirawat secara rutin karena jika tidak akan timbul masalah aki tidak bisa menyimpan setrum. Lalu apa saja penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum dan bagaimana cara memperbaikinya apabila masalah tersebut terjadi? Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Aki Basah & Kering Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Mengingat fungsi aki sebagai penyuplai ketersediaan arus listrik di dalam mobil. Maka jika mesin mobil mati dan akan dinyalakan maka aki berfungsi sebagai tumpuan sumber listrik untuk memutar dinamo starter.

Dengan aki ini, mobil dapat menyala ketika di-starter. Sebagian besar penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum lama karena kesalahan penggunaan mobil. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Pemakaian Aki yang Sudah Melewati Usia Pakai

Pada dasarnya aki memiliki standar usia pakai selama 3 tahun, namun tidak sedikit aki yang bisa bertahan jauh lebih lama dari batas usia pakainya.

Hal tersebut membuat elemen aki mengalami penurunan sehingga reaksi kimia di dalam aki juga ikut menurun dan menyebabkan aki tidak bisa optimal dalam menyimpan setrum. 

2. Dibiarkannya Air Aki Habis dengan Waktu yang Lama

Penyebab selanjutnya adalah kebiasaan telat mengisi air aki basah hingga dibiarkan habis dan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama.

Padahal aki basah sangat membutuhkan air elektrolit sebagai penyimpan daya listrik. Apabila air aki berkurang atau habis maka aki sudah tidak bisa digunakan dan harus di ganti dengan aki baru.

Baca Juga : Kapan Waktunya Setrum Aki dan Apakah Ada Batasannya?

3. Menggunakan Air Biasa saat Pengisian Aki

Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pemilik mobil saat mengisi aki adalah menggunakan air mineral atau air keran.

Banyak yang beranggapan hal ini tidak apa-apa padahal air mineral menimbulkan residu pada aki atau aki menjadi berkerak hitam.

Sebaiknya hindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan air zuur warna merah untuk pertama kali pengisian, selanjutnya isi aki dengan air demineral. 

4. Overcharge Dinamo Ampere

Ciri aki tidak bisa menyimpan setrum karena terjadi overcharge pada dinamo ampere. Akibatnya elemen aki mengalami kerusakan secara bertahap sehingga aki tidak bisa optimal menyimpan setrum dan harus segera mengganti aki. 

Cara Memperbaiki Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum 

Setelah Anda mengetahui penyebab aki kering dan aki basah tidak bisa menyimpan setrum seperti di atas, berikut cara memperbaiki aki yang tidak bisa menyimpan setrum.

1. Lepas Hubungan Arus Aki

Cara mengatasi aki tidak menyimpan setrum yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepas dua kabel kutub aki yang tersambung  secara hati-hati agar tidak merusak banyak kabel. Pelepasan kabel kutub aki tersebut berfungsi untuk memutus semua hubungan arus listrik pada aki. 

2. Buka Bagian Penutup Aki

Setelah itu, buka penutup aki beserta penutup karet aki dengan memotong bagian tepi segel. Lalu congkel hingga tutup aki terbuka sempurna.

Lepas tutup dari semua sel, dan gunakan jarum suntik atau pipet untuk mengeluarkan air aki lama sebanyak 60%. Lalu simpan di botol kaca dan buang ke tempat yang aman.

3. Isi Ulang Air Aki

Setelah air aki dibuang seperti langkah sebelumnya, isi ulang air aki pakai air zuur menggunakan jarum suntik atau pipet ke lubang sel aki secara tepat. Pastikan hindari pengisian terlalu berlebihan karena justru merusak komponen lainnya.

4. Tutup dan Pasang Kembali Aki

Tutup aki secara sempurna setelah proses pengisian ulang dan pasang kembali aki pada posisi awal dilakukan pelepasan, dan pasang kabel kutub aki seperti semula. 

5. Nyalakan Mesin Mobil

Setelah terpasang, coba nyalakan mesin mobil dan pastikan RPM mobil di atas 600 sebagai indikator bahwa aki sudah berhasil diperbaiki dan dapat menyimpan setrum dengan optimal. 

Jika mobil tetap mati dan RPM tetap di bawah 600 sebaiknya segera bawa mobil Anda ke dealer Daihatsu terdekat agar masalah tersebut cepat mendapat penanganan teknisi ahli. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-Jenis Mobil di Indonesia, Yuk Ketahui Disini!

2022-08-16

Tahukah Sahabat, Apa saja jenis mobil di Indonesia? Tentunya jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan bermacam-macam. Untuk itu simak postingan ini sampai tuntas, ya!Keti

thumbnail

Ini Efek Knalpot Mobil Tanpa Resonator yang Perlu Diperhatikan

2022-08-16

Bagi pecinta otomotif roda empat, melakukan modifikasi di bagian tertentu bukan jadi hal baru. Salah satu bagian yang paling populer untuk dimodifikasi adalah bagian kna

thumbnail

Velg Mobil Percantik Visual Mobil

2022-08-16

Salah satu komponen dari kendaraan bermotor khususnya mobil yang dapat mempercantik tampilan adalah velg mobil. Komponen ini juga sering dan mudah dimodifikasi sesuai ke

thumbnail

Tips Belokan Tajam dengan Lancar Saat Mengendarai Mobil

2022-08-16

Salah satu tantangan dalam mengendarai mobil adalah melakukan belokan tajam. Perlu teknik khusus untuk melakukan hal tersebut. Untungnya, teknik tersebut akan kami sampa