Logo Daihatsu
Menu

Kapan Waktunya Setrum Aki dan Apakah Ada Batasannya?

Otomotif

2022-01-20

Batasan Setrum Aki

Dalam mesin mobil, terdapat komponen bernama aki. Yang mana merupakan bagian kelistrikan yang menyuplai daya listrik ke seluruh komponen lain dalam mesin mobil. Perawatan haruslah dilakukan dengan rutin untuk menjaga aki agar selalu sehat. Pengecasan atau penyetruman merupakan salah satu perawatannya.

Tapi bagaimana batasan setrum aki yang tepat? Tanpa memperhatikan batasan setrum aki, akan sulit untuk mendapatkan kembali aki mobil yang sehat yang dapat mendukung performa dari mobil. Berikut ini sudah kami siapkan ulasan mengenai batasan tersebut, simaklah dengan seksama!

Bagaimana Sih Batasan Setrum Aki pada Mesin Mobil?

Setrum aki atau pengecasan untuk merawat aki agar sehat sangat penting untuk dilakukan. Biasanya batasan waktu yang membuat aki harus disetrum ialah selama 2 minggu maksimal mobil jarang digunakan.

Fungsi pengecasan ini untuk menghindari aki drop atau soak dan membuatnya tidak bersirkulasi dengan baik untuk mengalirkan arus listrik pada komponen mobil yang lainnya.

Selain batas waktu jarang digunakan, Anda juga harus menyetrum aki mobil jika sudah pada batas pemakaian, yaitu selama dua tahun. Pengisian aki mobil memiliki dua macam batasan, yaitu pengisian aki lambat dan pengisian aki cepat. Tapi bagaimana batasan setrum aki yang tepat untuk dilakukan? Berikut ulasannya!

Pengisian Aki Lambat

Pengisian aki lambat ialah pengisian yang dilakukan dengan arus listrik kecil, makanya prosesnya berjalan dengan waktu yang lama. Biasanya perlu waktu semalaman untuk melakukannya. Tujuan dari pengisian aki lambat ialah untuk menghindari overheat dengan arus maksimal 10%.

Untuk batasan kapan selesainya berbeda - beda, tergantung dari seberapa besar kapasitas arus listrik dalam aki tersebut. Anda bisa mengukurnya dengan rumus berikut ini!

Langkah pertama ialah menghitung berapa besaran arus pengisian yang dikalikan dengan daya aki. Contoh, Anda memiliki daya 12 Volt dan 40 AH, jadi dihitung dengan 40 x 10% dan mendapatkan hasil 4 Ampere.

Kemudian dari hasil tersebut dimasukkan ke dalam rumus (kapasitas aki/arus pengisian) + (20% x kapasitas aki / arus pengisian). Dihasilkan (40AH/4AH) + (20% x 10) dan menghasilkan 10 + 2 = 12 jam lama pengisian.

Jadi, untuk mobil yang akinya berkapasitas 12 Volt dan 40 AH perlu waktu 12 jam pengisian dengan arus 10%.

Pengisian Aki Cepat

Untuk jenis pengisian aki yang satu ini, diperlukan daya mencapai 40%. Biasanya metode ini digunakan oleh bengkel - bengkel resmi. Adapun cara menghitung batasannya ialah sebagai berikut!

Pertama, Anda harus menghitung besaran pengisian dengan menggunakan rumus kapasitas aki. Misal dengan 12 Volt dan 40 AH, maka dihitung 40 x 40% dan didapatkan 16 Ampere.

Selanjutnya menghitung dengan rumus yang sama seperti sebelumnya yaitu (kapasitas aki / arus pengisian) + (20% x kapasitas aki / arus pengisian) = (40 AH/16 AH) + (20% x 2,5) = 2.5 + 0,5 dan dihasilkan 3 jam lama pengisian.

Lakukan Pengisian Aki di Bengkel Resmi Daihatsu dengan Batasan Setrum Aki yang Tepat!

Service mobil memang paling tepat di bengkel resmi pabrikan mobil tersebut dikeluarkan. Salah satunya ialah bengkel resmi Daihatsu. Teknisi yang sudah ahli dan handal dipekerjakan dengan kemampuan profesional. Salah satunya dalam melakukan pengisian aki cepat.

Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dengan kualitas yang bagus jika batasan setrum aki dilakukan dengan tepat oleh teknisinya. Bengkel resmi Daihatsu adalah bengkel yang menjamin hal tersebut dilakukan dengan baik. Jadi tunggu apalagi? Segera lakukan setrum aki di bengkel resmi kami.

Anda juga bisa mengunjungi website Daihatsu untuk mendapatkan beragam informasi menarik mengenai perawatan mobil.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt Pada Mobil, Yuk Pahami!

2022-11-15

Sebagai pemilik mobil, perbedaan timing belt dan fan belt menjadi salah satu hal yang harus diketahui. Pada dasarnya, timing belt serta fan belt merupakan komponen v

thumbnail

5 Merk Sabun Cuci Mobil yang Bagus Agar Mobil Terlihat Mengkilap

2021-06-30

Sabun cuci dapat berpengaruh pada penampilan mobil Anda. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih sabun cuci dengan kualitas yang bagus agar mobil terlihat mengkilap.

thumbnail

Apa Saja Perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax?

2022-09-08

Di Indonesia terdapat beberapa bahan bakar yang bisa digunakan untuk kendaraan bermotor. Bahan bakar tersebut meliputi pertalite, premium, hingga pertamax. Ketiga bahan bakar tersebut memiliki kara

thumbnail

Tips Memiliki Garasi Mobil untuk Rumah yang Kecil

2021-02-22

Harga rumah yang semakin tinggi membuat banyak orang kesulitan untuk memiliki rumah. Sehingga perumahan dengan rumah tipe kecil menjadi solusi bagi yang ingin memiliki r