Logo Daihatsu
Menu

Inilah Fungsi Lampu Tanda Belok dan Rangkaiannya

Otomotif

2022-12-28

Inilah Fungsi Lampu Tanda Belok dan Rangkaiannya

Lampu yang digunakan untuk kendaraan khususnya mobil bukan hanya lampu depan, tetapi juga lampu sein. Lampu sein atau juga disebut dengan lampu tanda belok mempunyai fungsi yang begitu vital. Bahkan semua pengemudi mobil harus memahami fungsi lampu tanda belok agar penggunaannya tidak keliru. 

Lampu ini juga sering disebut riting. Umumnya lampu ini ada di sisi kanan serta belakang kendaraan. Khususnya mobil, rangkaian lampu ini sangat bervariasi. 

Fungsi Lampu Tanda Belok

Pada dasarnya, setiap lampu yang dipasang bukan hanya digunakan sebagai penerangan, tetapi juga digunakan untuk memberi tanda pengendara di belakang dan depan. Umumnya, lampu ini dinyalakan saat mobil akan berbelok ke kiri dan kanan. 

Nyala lampunya juga berkedip sehingga mudah dikenali. Lantas, apa fungsi yang dimiliki lampu tanda belok ini? Berikut selengkapnya.

1. Isyarat berbelok

Fungsi pertama yang dimiliki lampu ini adalah menjadi penanda kendaraan akan berbelok, dan berbalik arah, sehingga pengendara yang lain akan mengetahui. Ketika akan berbelok, pengendara harus menyalakan lampu beberapa menit sebelum tempat belokan. 

Meskipun terkesan sederhana, tetapi dengan menyalakan lampu ini dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. 

2. Menjadi isyarat menyalip

Fungsi lain yang dimilikinya adalah sebagai isyarat menyalip kendaraan yang berada di depan. Isyarat ini akan diterima pengendara depan dari kaca spion. 

Bukan hanya pengendara depan dan kendaraan yang berlawanan arah. Tetapi, saat akan menyalip, kendaraan lain akan melihat lampu sein dan bisa mengurangi kecepatan, sehingga terdapat ruang Anda bisa mendahului.

3. Isyarat jalan sempit

Salah satu fungsi lampu tanda belok yang sering dilupakan adalah sebagai isyarat untuk pengendara yang berlawanan arah. Biasanya, fungsi ini diterapkan ketika ada di jalanan yang sempit. 

Tujuannya, agar dapat memberitahukan pengemudi dari arah berlawanan sehingga pengendara bisa keluar dari jalur yang dilewati dan sedang berada di jalanan sempit, pengendara  berlawanan arah dan Anda bisa mendapatkan jalan. 

4. Isyarat untuk berpindah jalur

Bila Anda sering menggunakan jalan tol yang identic dengan sejumlah jalur jalan, menyalakan lampu sein menjadi hal yang harus dilakukan. Lampu ini harus dinyalakan ketika ingin berpindah jalur. 

Dengan menyalakan lampu sein, pengendara yang berada di belakang mobil akan mengurangi kecepatan dan dapat menghindari kecelakaan. Selain itu Anda juga akan memperoleh jalan yang nyaman ketika berpindah jalur.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu

Rangkaian Komponen Lampu Tanda Belok

Selain mengenal fungsi yang dimiliki, komponen juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Berikut berbagai komponen lampu ini, seperti:

1. Aki

Komponen pertama adalah aki. Aki merupakan baterai yang akan menjadi sumber arus listrik. Dari sumber arus listrik ini seluruh sistem kelistrikan dapat bekerja. Jika aki mengalami kerusakan, lampu tidak dapat dinyalakan. 

2. Saklar

Komponen lainnya adalah saklar. Saklar digunakan agar bisa mengaktifkan sistem kelistrikan mobil. Khusus lampu sein, saklar dapat diaktifkan ke kanan dan ke kiri bergantian sesuai arah yang diingini. 

Letak saklar berada tidak jauh dari stir mobil yang memiliki bentuk tuas. Di dalam satu tuas ini biasanya bukan hanya saklar yang digunakan untuk menyalakan lampu sein, tapi juga saklar lampu kepala. 

3. Fuse

Fuse atau sekring yaitu berguna sebagai pengaman rangkaian kelistrikan. Cara kerja dari komponen ini adalah menggunakan kawat tipis dan mempunyai batas arus listrik.

Dengan pentingnya fungsi lampu tanda belok ini, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Salah satu caranya dengan melakukan service berkala di bengkel resmi Daihatsu. Di bengkel resmi, nantinya service akan dilakukan oleh mekanik berpengalaman. 

Anda juga dapat melakukan booking service kendaraan sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk melakukan service. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Modifikasi Xenia Agar Terlihat Sporty

2021-11-30

Terkenal sebagai mobil sejuta umat karena bisa ditemukan di mana-mana, beberapa pemilik melakukan modifikasi Xenia sport agar tampak berbeda. Anda juga

thumbnail

Fungsi Kampas Rem Mobil & Tanda Harus Diganti

2022-08-15

Di dalam sistem pengereman yang dimiliki mobil, ada berbagai macam

thumbnail

Cara Memperbaiki Electric Power Steering yang Berat

2021-01-12

EPS (Electric Power Steering) merupakan suatu sistem yang didesain khusus untuk menggantikan hidrolik power steering. Kedua sistem tersebut terlihat serupa

thumbnail

5 Harga Roof Rack Mobil: Aman di Kantong, Kualitas Terjamin

2021-02-02

Memasang roof rack adalah pilihan terbaik jika Sahabat akan bepergian jarak jauh dan membawa banyak barang, terlebih ketika momen mudik. Memilih roof rack yang tepat mem