Logo Daihatsu
Menu

Inilah Fungsi Subwoofer pada Perangkat Audio Mobil

Otomotif

2024-01-15

Inilah Fungsi Subwoofer pada Perangkat Audio Mobil

Memahami fungsi subwoofer pada perangkat audio mobil terbilang penting. Sebab, subwoofer dapat membuat audio yang dihasilkan perangkat audio mobil menjadi lebih jelas. Agar Anda lebih memahami lebih dalam mengenai apa saja fungsi subwoofer. Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Subwoofer pada Perangkat Audio Mobil

Subwoofer memiliki beberapa fungsi penting terhadap perangkat audio mobil. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Mengurangi distorsi audio

Ketika Anda sedang menggunakan perangkat audio mobil tanpa subwoofer, maka audio yang dihasilkan terkadang penuh dengan distorsi. Hal ini terkadang membuat, audio yang didengarkan kurang jelas. Bahkan membuat telinga sakit karena distorsi yang dikeluarkan perangkat audio terlalu banyak. Dengan adanya subwoofer maka distorsi tersebut dapat dikurangi. Hal tersebut bisa terjadi karena subwoofer dirancang khusus untuk menghasilkan suara dengan frekuensi nada yang cukup rendah. Atau yang lebih dikenal dengan istilah bass solid.

2. Menghasilkan bass yang lebih jernih dan dalam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, subwoofer dapat menghasilkan bass solid. Dimana frekuensi nada bass yang dihasilkan oleh subwoofer lebih rendah dibandingkan tanpa menggunakan subwoofer. 

Pada perangkat audio yang tanpa subwoofer, maksimal frekuensi nada terendah yang dapat ditangkap berada pada angka 50 Hertz. Sedangkan, pada perangkat audio yang disertai subwoofer maka frekuensi nada terendah yang bisa ditangkap mencapai 10 Hertz. Hal ini dapat membuat suara bass yang dihasilkan perangkat audio menjadi lebih jelas, jernih, dan dalam.

3. Mengoptimalkan spektrum frekuensi

Penggunaan subwoofer pada perangkat audio mobil, akan mengoptimalkan spektrum frekuensi dari speaker sehingga spektrum frekuensi penuh. Dengan begitu, frekuensi yang dihasilkan amplifier menjadi jauh lebih rendah sehingga nada bass yang dihasilkan lebih halus.

4. Meningkatkan kenyamanan berkendara

Terpasangnya subwoofer pada perangkat audio mobil, akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara. Sebab, dapat memanjakan telinga pendengarnya karena suara bass yang dihasilkan lebih menggelegar, dalam, dan jernih. Hal tersebut dapat meningkatkan kenyamanan berkendara terutama saat melintasi jalanan yang macet.

Baca Juga : 5 Pertimbangan Sebelum Pasang Subwoofer

Tips Memilih Subwoofer Mobil yang Tepat

Apabila Anda ingin menggunakan subwoofer pada perangkat audio mobil, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih subwoofer mobil berikut ini :

1. Cek spesifikasi subwoofer

Pastikan spesifikasi subwoofer yang Anda gunakan cocok dengan perangkat audio dan amplifier pada mobil.

2. Pilih jenis subwoofer sesuai dengan selera audio 

Tips kedua, pastikan Anda memilih jenis subwoofer sesuai dengan selera audio Anda. Apakah Anda menginginkan kualitas suara jernih, atau fokus ke suara bass yang lebih dalam? Berikut beberapa jenis subwoofer yang perlu Anda ketahui. 

Subwoofer aktif

Jenis subwoofer yang sudah tersemat amplifier di dalamnya. Penggunaannya mudah dipasang karena kompak dan hanya perlu dihubungkan dengan input audio atau sumber daya.

Subwoofer komponen

Jenis subwoofer tanpa amplifier di dalamnya. Perlu amplifier eksternal, dan instalasi pemasangannya cukup rumit dan kompleks.

Bass tube

Jenis subwoofer berbentuk tabung dan dilengkapi dengan equalizer bass booster. Jenis ini memiliki instalasi yang mudah, dan bisa Anda bongkar pasang.

Subwoofer single coil

Jenis subwoofer dengan satu koil suara untuk sistem audio sederhana. 

Subwoofer dual coil

Jenis subwoofer dengan dua koil suara sehingga Anda bisa mengatur daya dan impedansi lebih baik. Biasanya karakter bass yang dihasilkan lebih menggelegar dan kuat. 

Baca Juga : Jangan Keliru, Ini Perbedaan Subwoofer 2 Ohm dan 4 Ohm

3. Pilih ukuran sesuai dengan ruang mobil

Pastikan subwoofer yang Anda pilih subwoofer dengan ukuran ruang mobil agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara. 

4. Pilih brand ternama

Tips terakhir, pilih subwoofer dari brand ternama yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Seperti, JBL, Cello, Pioneer, Legacy, dan brand terbaik lainnya. 

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pemasangan subwoofer di perangkat audio mobil. Pastikan Anda berkonsultasi ke bengkel ahli audio mobil, atau bengkel profesional seperti bengkel resmi Daihatsu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Ukuran Kunci Busi Mobil Berdasarkan Modelnya

2023-01-06

Kunci busi mobil merupakan alat yang digunakan untuk memasang atau melepaskan busi mobil. Kunci tersebut terdiri dari beberapa ukuran, berdasarkan modelnya. Agar And

thumbnail

Penyebab Piston Mobil Diesel Baret

2022-06-23

Sebagai pemilik mobil diesel, tentu Anda harus memperhatikan berbagai komponennya agar tetap terawat dan bekerja dengan baik. Bahkan kesalahan-kesalahan dalam perawatan

thumbnail

Daftar Merk Alarm Mobil Rekomendasi Terbaik

2020-12-04

Berbicara mengenai mobil tentu tidak cukup hanya membahas mengenai mesin yang bertenaga dan juga dapat melaju di segala medan jalanan. Membahas mengenai mobil tentunya h

thumbnail

Pendingin Tidak Berfungsi dengan Baik, Berikut Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

2021-01-07

Kehadiran air radiator sebagai komponen pendingin berfungsi untuk membantu suhu mesin pada kendaraan tetap stabil. Sehingga Anda