Logo Daihatsu
Menu

Inilah Jenis Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi

Otomotif

2024-01-31

Inilah Jenis Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi

Sebagai pemilik mobil sudah semestinya mengetahui apa saja kerusakan mobil yang ditanggung asuransi. Sebab tidak semua kerusakan bisa Anda klaim di asuransi. Untuk mengetahui apa saja kerusakan mobil yang bisa diklaim asuransi, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Kerusakan Mobil yang Ditanggung Pihak Asuransi

Bicara asuransi mobil, tidak semua kerusakan yang terjadi pada mobil dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 1 regulasi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor. Adapun kerusakan mobil yang ditanggung pihak asuransi sebagai berikut.

1. Kecelakaan

Kerusakan mobil pertama yang ditanggung asuransi meliputi kecelakaan seperti mobil tergelincir, tabrakan, terbalik dan lainnya. Namun, proses ganti rugi kerusakan tersebut bisa Anda klaim jika insiden tersebut terjadi bukan karena kesalahan Anda sendiri.

Baca Juga : 6 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

2. Kecelakaan kapal

Kerusakan kedua yang ditanggung asuransi mobil meliputi, kecelakaan kapal. Meski kecelakaan tersebut sangat jarang terjadi, namun hal tersebut juga bisa terjadi pada mobil Anda. Kerusakan mobil akibat kecelakaan kapal bisa Anda klaim asuransi selama kapal yang Anda tumpangi tersebut berada pada pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ataupun otoritas legal lainnya.

3. Pencurian dengan tindak kekerasan

Kerusakan ketiga yang ditanggung asuransi mobil meliputi, pencurian dengan tindak kekerasan. Ketika Anda menjadi korban perampokan atau pencurian dengan kondisi yang mengancam nyawa, sebaiknya Anda tidak melawan. Anda hanya perlu melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib dan mengikuti prosedur klaim asuransi mobil.

4. Ulah jahat orang lain

Ketika mobil Anda dirusak oleh orang lain (bukan sanak saudara, kerabat, rekan bisnis, atau orang yang Anda kenal) maka kerusakan mobil ditanggung asuransi.

5. Kebakaran

Kerusakan mobil akibat kebakaran juga ditanggung oleh asuransi, dengan beberapa syarat berikut.

  • Mobil tiba-tiba terbakar saat dikendarai. 
  • Kebakaran disebabkan oleh sambaran petir.
  • Kebakaran disebabkan oleh komponen mobil atau kendaraan lain yang menyambar.
  • Kebakaran disebabkan oleh alat lain atau air yang digunakan untuk memadamkan atau mencegah kebakaran.
  • Kebakaran disebabkan oleh instruksi dari pihak berwenang ketika hendak melakukan pencegahan kebakaran.

6. Kerusuhan

Kerusakan selanjutnya yang ditanggung asuransi mobil, meliputi kerusakan yang diakibatkan karena adanya kerusuhan. Baik kerusuhan karena aksi massa, atau ledakan. Sebab kerusakan tersebut sudah tertera dalam sistem klaim asuransi yakni SRCC (Strike, Riot, and Civil Commotion).

Demikian beberapa kerusakan mobil yang ditanggung oleh pihak asuransi. Banyaknya poin yang bisa diklaim pada asuransi, juga tergantung pada jenis asuransi yang Anda pilih. 

Jika Anda menggunakan asuransi jenis TLO (Total Loss Only) maka penggantian kerusakan hanya bisa diklaim ketika mobil mengalami kerusakan dengan skala lebih dari 75% atau kehilangan mobil. Untuk kerusakan kecil di bawah 75% maka kerusakan Anda tanggung sendiri. Contohnya, ketika mobil Anda menyerempet kendaraan lain dan ada sebagian bodi mobil Anda rusak. 

Sedangkan jika Anda menggunakan asuransi jenis All Risk (Segala Risiko), maka kerusakan mobil akan ditanggung penuh oleh asuransi. Baik kerusakan kecil ataupun kerusakan yang masif. 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda berminat untuk mengasuransikan mobil Anda? Jika iya, asuransi jenis apa yang akan Anda pilih? Mengingat hak klaim asuransi yang hanya bisa diklaim jika kerusakan disebabkan bukan kesalahan pribadi. Sebaiknya, Anda servis secara rutin dan berkala mobil Anda di bengkel Daihatsu terdekat, sehingga ketika ada kerusakan, Anda bisa mengklaim asuransi. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

2023-12-15

Ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan. Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang A

thumbnail

3 Fungsi Kampas Ganda Mobil, Cara Kerja & Tips Perawatannya

2023-04-10

Fungsi kampas ganda mobil terbilang cukup penting terhadap manuver mobil. Oleh karena itu, perlu dirawat secara rutin dan berkala. Berikut akan dijelaskan mengenai f

thumbnail

Lima Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari

2020-11-18

Berkendara di malam hari sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi di zaman sekarang, keamanan jalanan semakin meningkat dan menyebabkan semua orang merasa aman saat harus b

thumbnail

Tips Mencegah Suara Bising Speaker Audio

2022-02-28

Memasang speaker audio mem