Logo Daihatsu
Menu

Inilah yang Harus Dilakukan Ketika Kampas Kopling Mobil Keluar Asap

Otomotif

2021-02-01

kampas mobil berasap

Kampas kopling adalah bagian mobil yang memiliki fungsi penting, terlebih untuk mobil manual, yaitu sebagai perpindahan dari transmisi satu ke transmisi selanjutnya. Lalu, bagaimana ya jika kampas kopling mobil keluar asap?

Guna menghindari mobil mundur, biasanya tanpa sadar pengendara mobil akan menginjak kopling secara sering dan setengah-setengah. Cara ini sama sekali tidak dianjurkan karena bisa membuat selip sehingga kampas kopling mobil mengeluarkan asap akibat terbakar.

Pertolongan Pertama Ketika Kampas Kopling Mobil Keluar Asap

Sahabat tidak perlu panik ketika kampas kopling mobil keluar asap. Yang harus dilakukan adalah jangan memaksa mobil melanjutkan perjalanan karena bisa menambah parah kerusakan pada kopling, tetapi harus meminggirkan mobil sesegera mungkin dan mengeceknya.

Jika keluar asap dari kampas kopling begitu, berarti mesin mobil bekerja dengan begitu berat dan memiliki panas yang tinggi. Tidak perlu terburu untuk memanggil jasa bengkel untuk memperbaiki hal ini kok.

Sahabat hanya harus mematikan mesin mobil lalu membuka kapnya. Biarkan mobil beristirahat supaya asap berkurang dan mesin mendingin dengan cepat. Dinginkan mobil sekitar setengah jam ya.

Setelah asap sudah dirasa hilang, coba hidupkan mobil kembali. Ketika mesin bisa bekerja dengan baik sebagaimana sebelumnya, berarti mesin tetap aman. Namun, jika tidak, segera panggil derek untuk dibawa ke bengkel terdekat.

Hal yang Harus Dihindari Supaya Kampas Kopling Aman

Seperti yang dikatakan di atas, menginjak kopling terlalu sering dengan tekanan setengah memang bisa menghindari mobil mundur ketika melewati tanjakan. Namun, hal itu justru berdampak pada kinerja kopling. Kampas kopling bahkan bisa cepat terkikis dan mengeluarkan asap.

Sahabat harus menghindari memainkan setengah kopling. Jika memang terjebak macet di tanjakan. Penggunaan rem tangan tersebut jauh lebih bijak karena lebih aman untuk kinerja mesin mobil sehingga kopling tidak melakukan kerja berat selama macet di tanjakan tersebut. Pun untuk pengendara sehingga lebih nyaman dalam melakukan perjalanan.

Kampas Kopling Masih Tebal

Ada beberapa ciri ketika kampas kopling mulai bermasalah dan mengakibatkan kinerja mobil kurang maksimal, seperti adanya suara gemuruh dari bagian kap mobil, akselerasi mobil lemah, pedal kopling tinggi, tidak bisa melakukan transmisi, hingga bau gosong.

Biasanya, jika sudah demikian, kampas kopling sudah menipis sehingga harus diganti. Namun, ketika Sahabat mengalami kampas kopling mobil keluar asap, tetapi ketika diperiksa kampas kopling masih tebal, biarkan saja, tidak perlu diganti karena itu masih bagus.

Biaya Penggantian Kerusakan Kopling

Jika dirasa memang mesin mobil sudah mulai rewel, terutama bagian kopling, segeralah untuk menggantinya. Hal ini dikarenakan kopling dan kampas kopling merupakan alat vital yang bisa mengganggu perjalanan Sahabat dengan mobil kesayangan.

Sebaiknya, bawa mobil ke bengkel resmi sehingga mesin yang dipakai memang terjamin keasliannya sehingga aman untuk mobil. Penggantian ini bisa meliputi disc clutch opel haul hingga cover clutch dengan total biaya sekitar 1 hingga 3,5 jutaan tergantung tipe dan merk kendaraan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan ketika kampas kopling mobil keluar asap. Ingat, tidak perlu panik ya karena hal tersebut sebenarnya bisa ketika melewati tanjakan dan memforsir kinerja kopling.

Akan tetapi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan mobil ke bengkel secara rutin. Terlebih, ketika bepergian jarak jauh pastika mobil dalam kondisi yang sehat untuk menghindari hal yang tak diinginkan di jalan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Biaya Cat Mobil Full Body? Cek Estimasi dan Pertimbangannya

2023-10-30

Mengetahui berapa biaya cat mobil full body sangatlah perlu, terutama jika hendak melakukan perbaikan bodi mobil beserta pengecatan ulang. Seperti diketahui, cat mob

thumbnail

Fungsi Kunci Socket Pada Mobil dan Cara Menggunakannya

2023-03-15

Kunci shock atau kerap disebut juga kunci socket merupakan peralatan penting bagi pemilik mobil. Ada banyak fungsi kunci soket seperti mengencangkan baut dan sebagai

thumbnail

Daftar Lokasi Bengkel Uji Emisi Tangerang 2023, Ini Syarat & Biayanya!

2023-10-30

Pemilik kendaraan bermotor di wilayah Tangerang wajib mengetahui dimana lokasi bengkel uji emisi Tangerang. Pasalnya program ini sudah menjadi syarat wajib kendaraan

thumbnail

Cara Memperbaiki Subwoofer yang Mati

2021-04-19

Subwoofer merupakan salah satu komponen di dalam mobil yang dibutuhkan untuk membuat suasana mobil lebih hidup. Ketika subwoofer rusak, rasanya mobil menjadi sepi. Ada y