Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Jadwal Ganjil Genap Puncak Bogor Hari Ini, Terbaru 2024
09 November 2023
Jadwal Ganjil Genap Puncak Bogor Hari Ini, Terbaru 2023

Sebagai salah satu destinasi wisata dengan panorama alam terbaik di Indonesia, Puncak Bogor tidak pernah sepi pengunjung. Bagi Anda yang berniat berlibur di wilayah ini dengan menggunakan mobil, Anda perlu mengetahui jadwal ganjil genap Puncak Bogor hari ini. Adapun jadwal terbarunya sebagai berikut.

Jadwal Ganjil Genap Puncak Bogor Terbaru 2024

Penerapan kebijakan ganjil genap tidak hanya diberlakukan di wilayah Jakarta saja, namun juga diberlakukan di wilayah Puncak Bogor. Penerapan tersebut diberlakukan untuk merekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan panjang di wilayah tersebut.

Hal ini sejalan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 Pasal 3 Ayat 3, yang menyatakan pemberlakuan sistem ganjil genap di Puncak Bogor mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Pemberlakuan sistem ganjil genap di Puncak Bogor berlangsung setiap hari Jumat, dimulai dari pukul 14.00 WIB hingga hari Minggu pukul 24.00 WIB.

  2. Selain itu, pada hari libur nasional, sistem ganjil genap berlaku mulai dari H-1 pukul 14.00 WIB hingga hari libur nasional pukul 24.00 WIB. 

Rute pemberlakuan ganjil genap ini mencakup area dari Simpang Gadog Jalan Raya Puncak hingga Simpang Empat Tugu Lampu Gentur Kabupaten Cianjur, dan berlaku dalam dua arah.

Aturan Ganjil Genap Puncak Bogor Terbaru 2024

Penerapan kebijakan ganjil genap berlaku berdasarkan angka terakhir yang tertera pada plat nomor kendaraan. Apabila angka terakhir tersebut ganjil, maka kendaraan tersebut tidak boleh melintasi area razia ganjil genap pada tanggal genap. Hal tersebut berlaku sebaliknya. 

Petugas razia ganjil genap akan menyuruh pengemudi putar balik apabila kendaraan yang ditumpangi memiliki plat nomor atau TNKB yang tidak sesuai dengan tanggal berlakunya aturan ganjil genap tersebut. Apabila pengemudi tetap melanggar maka akan dikenakan sanksi berupa pidana kurungan selama kurang lebih selama dua bulan atau membayar denda sebesar Rp500.000.

Namun, ada beberapa kendaraan yang diperbolehkan melintasi razia ganjil genap meski plat nomor kendaraan tidak sesuai dengan aturan jadwal ganjil genap di Jakarta. Adapun kendaraan tersebut sebagai berikut.

  1. Kendaraan Kepresidenan beserta pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
  2. Kendaraan pejabat dan pimpinan negara asing atau lembaga asing (tamu negara).
  3. Kendaraan dinas instansi kenegaraan dengan plat nomor berwarna dasar merah atau kendaraan dinas TNI-Polri.
  4. Kendaraan angkutan umum dengan plat nomor berwarna dasar kuning.
  5. Kendaraan pemadam kebakaran.
  6. Kendaraan tenaga kesehatan termasuk dokter.
  7. Ambulans.
  8. Kendaraan bermotor berbahan bakar listrik.
  9. Kendaraan dengan stiker khusus disabilitas.
  10. Kendaraan dengan kepentingan khusus (seperti kendaraan pengangkut uang atau pengisian uang di ATM dari Bank Indonesia, kendaraan evakuasi korban bencana atau kecelakaan, dan truk tangki pengangkut bahan bakar).
  11. Kendaraan warga yang berdomisili di area Puncak Bogor (mulai dari ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074, ruas Jalan Nasional Puncak hingga batas Kota Cianjur Nomor 075). 

Jam Berapa Buka Tutup Jalur Puncak?

Pada prinsipnya, jadwal operasional Jakarta-Puncak sebelumnya adalah sebagai berikut: Mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, hanya satu arah ke jalur menuju Puncak yang dibuka, sementara jalur menuju bawah (Jakarta dan Ciawi) ditutup. Kendaraan yang menuju ke arah bawah akan diarahkan melalui rute pengalihan.

Hari apa saja ganjil genap di Jakarta?

Polda Metro Jaya  menjelaskan bahwa kebijakan ganjil genap di Jakarta berlaku pada hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, dan dari pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. Namun, aturan ini tidak berlaku pada hari libur nasional serta pada hari Sabtu dan Minggu.

Demikian ulasan mengenai jadwal ganjil genap Puncak Bogor terbaru 2023 yang perlu Anda ketahui. Selain mengetahui jadwal ganjil genap, sebelum Anda melakukan perjalanan ke Puncak Bogor, Anda juga perlu melakukan tes uji emisi kendaraan Anda. 

Jika Anda kebingungan untuk mencari bengkel uji emisi kendaraan dengan kualitas terbaik, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu.

Hanya dengan biaya sebesar Rp165.000 saja kendaraan Anda sudah bisa melakukan uji emisi kendaraan lengkap beserta biaya cetak sertifikat lulus pengujian. Jangan lupa juga servis kendaraan Anda secara keseluruhan sebelum melakukan perjalanan. 

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor