Logo Daihatsu
Menu

Jakarta Bali-Berapa Jam? Ini Rute Terbaik Naik Mobil

Travel

2023-08-03

Jakarta Bali-Berapa Jam? Ini Rute Terbaik Naik Mobil

Bali bisa dibilang sebagai surga dunia, karena menyimpan pemandangan alam yang eksotis serta kaya budaya. Hal inilah yang menjadi faktor utama destinasi wisata di Bali yang paling banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Pergi ke Bali dari Jakarta memang lebih cepat jika naik pesawat. Namun, akan lebih seru jika Anda menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bali menggunakan mobil pribadi. Lantas Jakarta-Bali berapa jam bila ditempuh dengan mobil? Yuk ketahui selengkapnya di sini.

Jakarta-Bali Berapa Jam Jika Naik Mobil?

Perjalanan dari Jakarta ke Bali saat ini, bisa ditempuh dengan waktu yang lebih singkat yaitu 20 jam. Dahulu sebelum dibangunnya Tol Trans Jawa, jarak tempuh Jakarta ke Bali bisa memakan waktu dua hingga tiga hari atau sekitar 50 hingga 60 jam.

Baca Juga : Cirebon-Jakarta Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaiknya

Rute Perjalanan Terbaik Menggunakan Mobil dari Jakarta ke Bali 

Jika Anda ingin pergi ke Bali dari Jakarta menggunakan mobil, Anda perlu mengetahui rute perjalanan terbaik. Berikut rute selengkapnya beserta estimasi biayanya.

  • Rute Jalan Tol Jakarta Cikampek, estimasi biaya tol mobil sebesar Rp15.000
  • Rute Jalan Tol Cikopo-Palimanan, untuk estimasi biaya tol dikenakan biaya sebesar Rp107.000
  • Rute Jalan Tol Palimanan-Kanci, biaya tol Rp12.000.
  • Rute Jalan Tol Kanci-Pejagan, biaya tol sebesar Rp29.000
  • Rute Jalan Tol Pejagan-Pemalang, biaya tol sebesar Rp57.500
  • Rute Jalan Tol Pemalang-Batang, biaya tol sebesar Rp39.000
  • Rute Jalan Tol Batang-Semarang, biaya tol sebesar Rp75.000
  • Rute Jalan Tol Semarang ABC, biaya tol sebesar Rp5.000
  • Rute Jalan Tol Semarang ABC-Solo, biaya tol sebesar Rp65.000
  • Rute Jalan Tol Solo-Ngawi, biaya tol sebesar Rp91.000
  • Rute Jalan Tol Ngawi-Kertosono, biaya tol sebesar Rp88.000
  • Rute Jalan Tol Kertosono-Mojokerto, biaya tol sebesar Rp46.000
  • Rute Jalan Tol Mojokerto-Surabaya, biaya tol sebesar Rp38.000
  • Rute Jalan Tol Surabaya-Gempol, biaya tol Rp3.000

Baca Juga : Apa itu Jalan Tol Lingkar Luar? Ini Perbedaannya dengan Tol Lingkar Dalam

Jika di total secara keseluruhan, biaya perjalanan naik mobil dari Jakarta ke Bali via jalan tol sebesar Rp671.000. Untuk biaya bensin mobil, tergantung dengan jenis mobil yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan jenis keluarga seperti mobil MPV, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp1.027.780 hingga 1.541.800. 

Perhitungan tersebut didapat dari rasio bahan bakar mobil keluarga yang memiliki perbandingan rasio sebesar 1:10-15 km. Dari rasio tersebut, dikalikan dengan jarak Jakarta-Bali menurut layanan peta online yang berjarak 1.186 km sehingga kebutuhan bensin selama perjalanan kurang lebih sebanyak 79,06 liter hingga 118,6 liter.

Setelah sampai Gempol, Anda harus melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan ini, mobil Anda perlu menggunakan kapal feri agar bisa menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk. Untuk estimasi biaya penyeberangan kapal Feri dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp182.000.

Jadi, total biaya perjalanan dari Jakarta ke Bali menggunakan mobil sekitar Rp1.881.280 hingga Rp2.395.300. Harga yang cukup murah dibandingkan dengan menaiki pesawat. Seperti diketahui mobil MPV dari Daihatsu mampu mengangkut penumpang sebanyak tujuh orang penumpang. Jadi, untuk setiap penumpang mobil dikenakan biaya kurang lebih Rp268.754 hingga Rp342185. Dengan begitu, penumpang lebih hemat 50% dibandingkan menaiki pesawat, karena harga tiket pesawat termurah dari Jakarta ke Bali dikenakan biaya sebesar Rp700.000.

Sebelum Anda melakukan perjalanan tersebut, sebaiknya servis mobil Anda terlebih dahulu di bengkel Daihatsu terdekat, agar perjalanan lancar, nyaman, dan aman. 


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online

2020-10-28

Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekar

thumbnail

5 Persiapan Wisata ke Air Terjun Telun Berasap untuk Berlibur dengan Keluarga

2021-01-21

Daya tarik wisata alam di Indonesia tidak hanya pantai dan pegunungan saja, loh. Ada banyak daya tarik wisata alam yang bisa sahabat temukan untuk berlibur bersama teman

thumbnail

Rekomendasi Wisata Petik Apel di Malang dan Tiket Masuk

2020-10-28

Malang menjadi salah satu kota terbesar nomor dua di Jawa Timur, sebagai kota terbesar, Malang memiliki begitu banyak objek wisata yang menjadi lokasi favorit traveler.

thumbnail

Trekking Pole: Alat Bantu yang Bagus bagi Pendaki

2020-11-20

Trekking merupakan kegiatan penjelajahan di alam terbuka yang digemari oleh para pecinta alam. Dilakukan untuk sekadar hobi atau mengikis stres, trekking tentu saja memiliki risiko bagi setiap pend