Logo Daihatsu
Menu

Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil dan Fungsinya

Otomotif

2023-07-28

Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil dan Fungsinya

Sebagai pemilik mobil perlu rasanya mengetahui letak dan memahami jalur kabel dinamo starter mobil beserta fungsinya. Sebab jalur tersebut, sangat berpengaruh terhadap performa mobil yang dihasilkan. Apabila jalur tersebut bermasalah tentu mempengaruhi sistem kelistrikan mobil lainnya, bahkan membuat mobil sulit untuk dinyalakan. Daripada Anda penasaran, yuk langsung perhatikan penjelasan berikut ini.

Sekilas Mengenai Jalur Kabel Dinamo Mobil 

Memahami jalur kabel dinamo starter pada mobil bisa dibilang penting. Berikut beberapa jalur yang perlu Anda pahami.

1. Kabel B + (kabel positif) dari bagian baterai

Kabel positif B+ biasanya terdapat pada kutub positif baterai dan terhubung dengan bagian input terminal pada dinamo starter. Ciri khas dari kabel positif B+ berwarna merah dengan ukuran yang cukup besar. Bahkan lebih besar dari beberapa kabel yang lain. Fungsi utama dari kabel ini untuk menghantarkan arus listrik ke bagian dinamo starter dari baterai agar mesin dapat dinyalakan.

2. Kabel selenoid starter

Sesuai dengan namanya, kabel yang satu ini terhubung dengan bagian terminal pada selenoid starter dan input terminal dinamo starter. Seperti diketahui, dinamo starter merupakan komponen kelistrikan mobil yang berperan sebagai penggerak engkol atau saklar untuk dinamo starter. Ketika Anda menekan tombol starter atau menyalakan kunci kontak mobil, maka kabel selenoid akan menghantarkan arus listrik ke bagian selenoid starter. Dengan begitu proses putaran dinamo starter akan berjalan.

3. Kabel negatif (kabel ground)

Kabel ini berfungsi sebagai penghubung antara pusat ground (blok mesin atau bagian bumper) dengan dinamo starter. Kabel ground ini akan memfasilitasi kembalinya arus listrik dari dinamo starter ke bagian baterai dan sebaliknya.

4. Kabel pengisi daya baterai

Kabel yang satu ini biasanya tersemat pada bagian regulator voltase baterai dan dinamo starter. Fungsi dari kabel yang satu ini untuk mengisi ulang daya baterai. Oleh karena itu, kabel yang satu ini harus selalu dijaga agar kabel tidak getas dan putus. Apabila kabel ini rusak, maka bisa memicu korsleting atau gagalnya proses pengapian.

Fungsi Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil

Fungsi dari jalur kabel dinamo starter pada mobil ialah untuk mengaktifkan atau menyalakan mesin mobil ketika menekan tombol start. Motor starter mobil akan bekerja bersama dengan flywheel mesin untuk mengubah arus listrik yang mengalir menjadi gaya mekanis. Kinerja dari motor starter akan diteruskan dengan bantuan komponen relay starter agar mesin mobil bisa menyala dengan baik.

Baca Juga : 5 Penyebab Starter Mobil Tidak Nyala dan Solusinya

Tips Merawat Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Mengingat fungsinya yang begitu penting, maka Anda harus selalu rutin melakukan pengecekan dan perawatan komponen-komponen di dalamnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda contoh agar jalur kabel dinamo starter tidak bermasalah.

1. Selalu cek kondisi jalur kabel dinamo starter mobil

Agar jalur kabel pada dinamo starter mobil selalu terhindar dari masalah, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin. Pastikan kabel-kabel yang terpasang sudah sesuai, dan tidak getas. Segera ganti kabel yang getas, ataupun komponen yang sudah aus seperti relay starter atau dinamo starter.

Pastikan gunakan relay starter atau komponen lainnya yang orisinil agar usia pemakaiannya lebih awet.

2. Hindari komponen-komponen kabel dinamo starter mobil terkena air

Tips selanjutnya, Anda perlu memastikan bagian jalur dan komponen-komponen dinamo starter mobil tidak terkena genangan air atau terendam air. Kondisi ini dapat merusak relay starter sehingga proses pengapian mesin menjadi terhambat, serta menyebabkan korsleting dan overheating.

Namun, jika Anda kurang ahli dalam mengatasi permasalahan kelistrikan mobil seperti dinamo starter mobil rusak, Anda bisa meminta bantuan tenaga ahli seperti mekanik dari bengkel Daihatsu


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sering Keliru, Ini Perbedaan SUV dan MPV

2020-11-22

Berbagai jenis mobil hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sebut saja city car, LCGC, hatchback, sedan, crossover sampai SUV dan MPV. Dua jenis mobil terakhir yaitu SUV dan MPV sering

thumbnail

Mobil Keluaran Terbaru Daihatsu 2022-2023, Ini Spek & Harganya!

2023-03-16

Di tahun 2023, ada banyak mobil keluaran terbaru yang beredar di pasaran. Saat ini kebutuhan memiliki mobil pribadi sebagai alat transportasi harian cukup tinggi. De

thumbnail

Cara Mudah Menghilangkan Bau Rokok di Mobil, Bisa Menggunakan Bahan Dapur, Loh!

2021-05-06

Menghilangkan bau rokok di mobil merupakan hal yang selalu dicari tipsnya. Sebab, bagaimanapun, mobil pribadi seringkali menjadi rumah kedua untuk sebagian orang dan kon

thumbnail

Awas Keliru! Berikut 3 Jenis Air Radiator yang Bagus Untuk Mobil Tua

2021-01-07

Air radiator pada mobil memegang peranan penting untuk meredakan panas yang ditimbulkan pada mesin kendaraan roda empat. Apalagi kendaraannya termasuk ke dalam tipe mobi