Logo Daihatsu
Menu

Jangan Dibiarkan, Ini Efek Buruk dari Karet List Pintu Mobil Kendor

Otomotif

2022-05-22

karet list pintu mobil kendor

Salah satu yang sering diabaikan oleh pemilik kendaraan roda empat adalah karet list pintu mobil yang  kendor. Karena biasanya hal ini sudah disadari saat sudah terjadi gangguan pada unit mobil . Entah besar maupun kecil.

Memang karet list pintu mobil bukan bagian yang mempengaruhi kinerja mesin. Namun, jika komponen tersebut mengalami malfungsi, tentu akan menyebabkan ketidaknyaman bagi Anda dan penumpang.

4 Efek Karet List Pintu Mobil Kendor

Biasanya karet pada list pintu mobil telah kendor diketahui setelah timbul rasa tidak nyaman ketika berkendara. Misalnya timbul bau yang tidak enak. Bisa jadi pada saat itu Anda tidak  menyadari bahwa karet list mobil sudah tidak bekerja semestinya.

Efek yang tidak menyenangkan dari karet list pintu mobil yang kendor biasanya karena masuknya partikel pengganggu dari luar. Untuk selanjutnya, simak pembahasan dampaknya berikut di bawah ini

Air Masuk ke Dalam Mobil

Karet list yang kendur akan menyebabkan adanya celah kecil pada pintu. Hal ini terjadi karena pintu tidak menutup rapat. Biasanya hal ini disadari  jika sudah masuk musim hujan.

Air hujan akan mampu memasuki celah-celah kecil yang ada pada pintu. Hal ini terjadi terutama pada musim hujan dan mobil dikendarai di tengah hujan deras. Jadi,mungkin saja tiba-tiba lantai mobil menjadi basah.

Angin dan Debu Masuk ke Dalam Mobil

Celah kecil yang terbentuk akibat karet pada list pintu mobil telah kendor dapat dengan mudah dilalui oleh angin dan debu. Apalagi jika Anda selalu bepergian dalam keadaan listnya kendor.

Biasanya dalam waktu tertentu, jok dan lantai mobil akan terasa berdebu. Anda juga akan merasakan udara yang tidak segar lagi ketika seluruh kaca mobil tertutup, mungkin sedikit tercium debu-debu halus.

Hal ini tentu saja akan mengganggu kesegaran interior mobil. Anda dan penumpang di dalamnya dapat menderita alergi. Selanjutnya Anda mungkin  merasakan ketidaknyamanan berkendara. solusinya adalah sering-sering melakukan penyedotan debu.

Udara Menjadi Lembab

Tanpa disadari air yang masuk bisa saja kemudian mengering karena penggunaan AC yang memang cenderung membuat kering. Namun, lama-kelamaan Anda akan merasakan perubahan udara yang ada.

Anda akan merasa udara kabin lebih lembab dan tidak segar. Dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap karena interior mobil yang biasanya terbuat dari kain, tidak kering.

Udara yang lembab berpotensi menjadi media yang baik bagi tumbuhnya jamur. Jangan sampai interior mobil Anda dipenuhi dengan bintik-bintik jamur yang sulit dihilangkan.

Timbul Bunyi

Karet list pintu mobil yang kendor dapat menyebabkan  timbulnya bebunyian akibat getaran kecil yang terjadi ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi. Suara akan semakin jelas, pada saat Anda berkendara di jalan yang tidak rata.

Pasalnya, masih terdapat celah-celah kecil antara badan mobil  dan pintu dengan pintu yang tidak tertutup rapat. Celah itu berpotensi menimbulkan tumbukan yang akhirnya menghasilkan bunyi.

Kedudukan karet yang tidak pas akan memicu timbulnya kebisingan. Tidak hanya kendor begitu saja, lama kelamaan posisi karet bisa tidak terpasang pada tempatnya.

Tentu saja bunyi-bunyian ini akan mengganggu perjalanan Anda. Bisa jadi dalam jangka panjang konsentrasi Anda akan terganggu, karena biasanya di dalam mobil hanya suara musik, tetapi kali ini ditambah dengan bunyi-bunyian yang aneh.

Untuk menghindari karet list pintu mobil kendor lakukanlah perawatan berkala pada dealer Daihatsu service. Hal ini untuk mencegah timbulnya gangguan yang sebetulnya bisa dihindari dengan perawatan rutin.


Tag

Otomotif

Share This