Logo Daihatsu
Menu

Jangka Waktu Kampas Kopling Mobil dan Tips Agar Lebih Awet

Otomotif

2021-02-02

jangka waktu kampas kopling

Seperti halnya komponen mobil lainnya, kampas kopling mobil juga memiliki jangka waktu. Jika jangka waktu kampas kopling mobil sudah tiba, kampas kopling biasanya aus dan sering selip saat dipakai. Jika sudah aus dan sering selip, mau tidak mau harus diganti.

Jangka Waktu Kampas Kopling Mobil

Jangka waktu kampas kopling mobil tidak dihitung dari berapa lama dia dibeli hingga sekarang, namun cara menghitungnya adalah dengan jarak mobil dipakai. Jangka waktu kampas kopling mobil adalah 30.000 km penggunaan mobil. Angka itu adalah angka rata-rata, bisa lebih kecil dan bisa lebih besar dari 30.000 km, tergantung cara mengendarainya.

Untuk pengendara yang mengemudi mobil tidak ugal-ugalan, biasanya menyentuh angka 50.000 km baru terasa kampas kopling selip karena sudah aus. Tak hanya cara mengendarainya saja, beban yang dimuat mobil juga sangat berpengaruh pada awet atau tidaknya kampas kopling mobil. Jika Sahabat sering mengangkut barang berat, bisa lebih cepat aus.

Tips Agar Kampas Kopling Mobil Lebih Awet

Lalu bagaimana caranya agar kampas kopling mobil ini lebih awet pemakaiannya? Berikut ini adalah tipsnya.

1. Kurangi Sering Bawa Barang Berat

Salah satu penyebab kampas kopling mudah aus adalah Sahabat sering membawa barang berat yang melebihi anjuran kapasitas berat yang diperbolehkan. Mungkin Sahabat beranggapan mobil sih baik-baik saja toh tetap bisa jalan. Namun, efek jangka panjangnya adalah ke kampas kopling yang lebih cepat minta ganti.

2. Jangan Terjang Banjir

Hampir sama dengan bawa barang berat, menerjang banjir juga memberikan tekanan ke mobil yang lebih dari biasanya. Kampas bisa lebih mudah aus karena Sahabat sering menerjang banjir. Jika bisa memilih rute lain, lebih baik menghindari rute yang sedang banjir. Selain berefek ke kampas, mobil terendam banjir juga berefek ke komponen mobil lainnya dan Sahabat harus bersih-bersih setelahnya.

3. Netralkan Transmisi Ketika di Lampu Merah

Beberapa orang punya kebiasaan buruk tidak menetralkan transmisi saat menunggu lampu merah. Ketika gigi tidak di posisi netral, maka Sahabat pun harus menahan kopling. Hal ini yang membuat kopling jadi lebih mudah aus.

4. Sesuaikan Kecepatan dengan Gigi yang Tepat

Tidak semua orang cakap dalam berkendara. Biasanya beberapa pengendara pemula mencari aman dengan cara yang salah. Mengganti posisi gigi sesuai kecepatan memang tidak semua orang menguasainya. Bahkan beberapa orang menganggapnya merepotkan.

Namun, Sahabat perlu tahu bahwa menggunakan gigi yang tidak sesuai dengan kecepatannya bisa membuat kampas lebih cepat tipis.

5. Lepas Kopling Secara Perlahan

Mengemudi memang punya seninya sendiri. Melepas kopling secara perlahan memang butuh latihan. Beberapa orang masih saja kesusahan untuk bisa menerapkan teori melepas kopling secara perlahan. Jika Sahabat melepas kopling secara mendadak, selain tidak enak rasanya karena perpindahan yang tidak mulus, kopling juga bisa lebih cepat tipis.

6. Jangan Beli Kampas Bekas

Karena sudah bekas, kita tidak tahu berapa lama kampas tersebut bisa digunakan hingga aus. Membeli barang bekas terkadang bisa untung terkadang buntung, namun lebih banyak buntungnya. Seringkali performa barang bekas jauh di bawah barang baru. Memang sih lebih murah, namun jika dikalkulasikan dengan membeli barang baru dengan jangka waktu yang sama, barang baru lebih menguntungkan. Tak hanya itu, membeli kampas bekas, lalu rusak, lalu beli bekas lagi, tentu ada biaya tambahannya, yaitu biaya pasangnya.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Fungsi Kampas Ganda Mobil, Cara Kerja & Tips Perawatannya

2023-04-10

Fungsi kampas ganda mobil terbilang cukup penting terhadap manuver mobil. Oleh karena itu, perlu dirawat secara rutin dan berkala. Berikut akan dijelaskan mengenai f

thumbnail

Komponen Radiator Mobil: Fungsi dan Tips Perawatannya

2023-10-30

Komponen radiator mobil termasuk komponen yang memiliki peran penting terhadap sistem pendingin mobil. Meski terbilang penting, tidak semua pemilik mobil memahami fu

thumbnail

Keuntungan Memilih Mobil dengan Fitur Airbag

2020-12-04

Airbag adalah salah satu fitur penting dalam berkendara. Komponen ini merupakan fitur keselamatan pada mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecela

thumbnail

Keunggulan Powder Coating untuk Melindungi Mobil

2023-07-28

Memiliki mobil yang terbebas dari korosi merupakan impian semua pemilik mobil. Pasalnya mobil akan terlihat seperti baru terus dan menarik. Agar hal tersebut dapat t