Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Jarang Terbongkar, Ini Rahasia Pedagang Mobil Bekas biar Untung Besar
21 November 2020
rahasia pedagang mobil bekas

Jual beli mobil bekas terlihat sebagai bisnis yang menjanjikan. Bahkan saat pandemi Covid-19 saja, peminat mobil bekas mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Tak heran jika saat ini banyak penjual mobil bekas baik offline hingga online. Ketatnya persaingan itu membuat pedagang melakukan segelintir intrik biar makin laku sampai meraup keuntungan setinggi-tingginya. Hal seperti ini sering disebut rahasia pedagang mobil bekas.

Terdengar wajar memang, namanya juga pedagang. Dalam prinsip dasar ekonomi trik-trik seperti itu terbilang lumrah, begitu juga di pasar otomotif Tanah Air. Oleh sebab itu, Sahabat perlu tahu rahasia apa saja yang dilakukan pedagang mobil bekas biar nggak merasa dirugikan. Berikut pemaparan selengkapnya: 

1. Hitungan depresiasi  

Pada dasarnya ada dua jenis perhitungan dalam menentukan harga mobil, yaitu hitungan buku dan hitungan mengambang. Apa maksudnya? 

Hitungan buku merupakan penentuan harga mobil bekas dengan menerapkan penyusutan harga mobil bekas alias depresiasi. Jadi setiap mobil keluar dari showroom, maka harga jualnya turun 10-15 persen. 

Kemudian ada perhitungan mengambang. Hal itu merujuk pada perhitungan si penjual dalam memberi harga mobil bekas tergantung kondisi mobil. Perhitungan ini seolah memberi label soal kemahiran dan jam terbang si pedagang mobil bekas. Semakin jago memainkan bisnisnya, keuntungan yang didapat juga semakin tinggi. 

2. Stok mobil bekas berasal dari individual 

Pedagang mobil bekas yang mau untung besar mungkin pernah melakukan trik ini. Stok mobil bekas yang ada di showroom berasal dari perorangan dan bukan dari makelar atau showroom lain. Karena kalau dari makelar atau showroom tentu mereka juga akan ambil untung. 

Lain cerita kalau mobil bekasnya dibeli dari perorangan, pasti dijual lebih murah. Apalagi kalau orang yang menjual mobilnya lagi butuh uang cepat. 

3. Paham soal tren harga 

Namanya juga pedagang mobil bekas, mereka pasti sudah khatam dengan tren harga mobil di pasaran. Setiap pedagang mobil bekas, tentu berusaha memasang harga yang kompetitif. Sebab, harga mobil yang dipasang turut jadi penentu, bisa laku cepat atau bahkan nggak laku-laku. 

4.  Menghindari warna mobil yang nggak umum 

Tak cuma tren harga, para pedagang mobil bekas juga paham selera peminat mobil bekas. Mereka cenderung menghindari beli mobil untuk stok dengan warna yang nggak umum alias non favorit seperti biru, coklat tua, coklat muda sampai warna hijau. 

Selain karena potensi depresiasi yang tinggi terhadap warna-warna non favorit, menyetok mobil bekas dengan warna dasar tentu banyak dilirik peminat mobil bekas dan paling laku. Warna dasar yang dimaksud adalah hitam, putih, merah, silver hingga abu-abu tua. 

5. Langganan dengan bengkel 

Pedagang mobil bekas biasanya sudah langganan dengan bengkel tertentu. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menekan biaya reparasi mobil bekas agar saat dijual tampilan hingga performanya kembali bagus. Kalau mobilnya sudah kelihatan oke, maka harga jualnya bisa lebih tinggi dan menguntungkan. 

Itulah sebabnya kalau Sahabat mau beli mobil bekas baiknya hati-hati dan ekstra teliti melihat kondisi mobilnya. Sebab tak sedikit ditemui, mobil bekas yang direparasi ternyata pakai sparepart abal-abal. 

6. "Bermain" di angka odometer

Salah satu hal yang sering jadi senjata utama dalam bisnis mobil bekas adalah soal odometer. Demi menarik minat pembeli, para pedagang "nakal" biasanya bermain di angka odometer. 

Seperti kita tahu, odometer sering jadi penentu harga jual mobil bekas. Semakin kecil angkanya, harganya bakalan tinggi. Sebab ada anggapan kalau semakin kecil angkanya, berarti mobil jarang dipakai dan terhitung masih "baru". Di sinilah para pedagang tak jujur mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. 

Pada mobil keluaran lama odometer masih menggunakan analog. Tapi sebenarnya, odometer yang sudah dicurangi bisa terlihat pakai kaca pembesar. Hal itu setidaknya bisa membantu Sahabat kalau mau beli mobil bekas. 

Kalau odometer digital angkanya bisa "dimainin" juga? Jawabannya tentu saja bisa! Tapi untuk membongkar kecurangan itu harus pakai software tertentu. 

Cara lainnya adalah dengan melihat kondisi jok mobil yang amblas atau kulit jeruk pada setir mobil. Jika bagian kulit jeruknya hilang dan joknya amblas, maka mobil bisa dipastikan sudah menempuh jarak jauh, atau kalau bahasa pedagangnya "mobil capek". 

Baca juga: Cara Menawar Mobil Bekas

Penulis: Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor