Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Kapan Seharusnya Kipas Radiator Mobil Berputar? Simak Disini!
14 Februari 2023
Kapan Seharusnya Kipas Radiator Mobil Berputar? Simak Disini!

Kipas radiator merupakan bagian dari sistem pendingin mesin yang berfungsi sebagai pendingin kondensor AC. Kipas radiator juga berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu air radiator agar tidak terlalu panas. Selain itu, kipas radiator juga berfungsi mendistribusikan  udara ke mesin agar proses pembakaran mesin  menjadi optimal. Mekanisme kerja kipas radiator, tidaklah berputar setiap saat. Lantas kapan kipas radiator mobil berputar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Kapan Seharusnya Kipas Radiator Mobil Berputar?

Sebelum Anda mengetahui kapan seharusnya kipas radiator mobil berputar? Anda harus mengetahui jenis dari kipas radiator mobil terlebih dahulu.  Berikut jenis kipas radiator selengkapnya.

1. Kipas radiator dengan penggerak fan belt

Sesuai dengan namanya, kipas radiator jenis ini menggunakan bantuan fan belt untuk menggerakkannya. Kipas radiator jenis ini akan bekerja ketika mesin mobil sudah dinyalakan. Ketika mesin mobil baru menyala maka secara otomatis kipas radiator akan berputar.

2. Kipas radiator dengan penggerak motor fan

Untuk jenis kedua, kipas radiator ini digerakkan dengan bantuan motor fan atau dinamo. Untuk jenis ini, kipas radiator tidak akan bekerja secara langsung ketika mesin mobil baru dinyalakan.

Kipas radiator jenis ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan ECU (Engine Control Unit). Data dari sensor tekanan refrigerant, dan engine coolant temperature akan digunakan oleh ECU untuk menentukan kapan kipas radiator harus berhenti atau berputar.

Sensor tekanan refrigerant difungsikan sebagai pengukur tekanan freon AC yang berada di selang. Sedangkan engine coolant temperature berfungsi sebagai pengukur suhu air radiator. Sensor-sensor ini akan memantau kondisi mesin dan akan mengirimkan data secara langsung ke bagian ECU.

Dengan begitu, ECU akan memberikan perintah berputar kepada kipas radiator apabila apa perubahan data. Jadi bisa disimpulkan bahwa kipas radiator mobil berputar pada kondisi berikut ini.

Kondisi AC mobil dalam keadaan OFF

Ketika AC mobil dalam keadaan mati (OFF), maka ECU akan menggunakan data dari sensor engine coolant temperature saja. Data yang diberikan akan diolah oleh ECU menjadi nilai suhu air radiator. Ketika Anda baru saja menyalakan mesin mobil. Maka suhu yang dihasilkan di bawah 95 derajat celcius.

Suhu tersebut tidak akan membuat kipas radiator berputar, karena kipas radiator hanya berputar ketika suhu air radiator di atas 95 derajat celcius.

Jika suhu air radiator mengalami peningkatan, maka ECU akan mengirimkan perintah aktif ke relay sehingga kipas radiator dapat berputar. Tingginya kecepatan putaran kipas radiator bergantung dengan tingginya suhu air radiator.

Baca Juga : 6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar & Solusinya

Kondisi AC mobil dalam keadaan ON

Ketika AC mobil dalam keadaan menyala (ON), kedua sensor, yakni sensor tekanan refrigerant dan sensor  engine coolant temperature akan mengirimkan data ke ECU.

Ketika Anda menyalakan AC mobil maka, akan terjadi peningkatan tekanan refrigerant. Selain itu, ECU juga akan menganalisis sinyal yang diberikan oleh kipas blower. Sinyal yang terbaca oleh ECU, nantinya akan diterjemahkan bahwa sistem pendingin AC mobil bekerja. Dengan begitu, kipas radiator akan segera berputar. 

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang Anda sudah mengetahui kapan seharusnya kipas radiator mobil berputar. Apabila kipas radiator terus-terusan berputar maka dipastikan terjadi masalah pada kondensor AC, fan control unit, atau kerusakan pada sensor engine coolant temperature. Oleh karena itu, Anda perlu menghubungi dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor