Logo Daihatsu
Menu

Keindahan dan Aktivitas Seru saat Liburan di Taman Nasional Komodo

Travel

2021-01-18

taman nasional komodo

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu kawasan wisata terbaik yang ada di Indonesia dan menjadi habitat asli hewan peninggalan prasejarah, komodo. 

Taman Nasional tersebut sudah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 1991. Tak heran, jika Taman Nasional Komodo sering diramaikan dengan kedatangan wisatawan mancanegara. 

Bicara soal daya tariknya, Taman Nasional Komodo menyuguhkan keindahan panorama alam yang lengkap dan menakjubkan. Mulai dari hutan dengan vegetasi yang beragam, keindahan pantai dan bawah laut, perbukitan hijau, padang rumput mirip Savana, ratusan spesies terumbu karang sampai flora dan fauna endemik. 

Jika Sahabat lagi merencanakan liburan ke Taman Nasional Komodo, berikut sudah dirangkum berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati di Taman Nasional Komodo. 

1. Melihat komodo lebih dekat 

Petualangan seru dan paling menantang adrenalin adalah ketika melihat aktivitas komodo lebih dekat secara langsung! 

Taman Nasional Komodo merupakan rumah atau habitat asli sekitar 2.500 komodo. Sahabat bakal terpukau melihat hewan peninggalan prasejarah ini. 

Komodo (Varanus komodoensis) memiliki karakteristik yang unik, kalau dilihat-lihat komodo ini agak pendiam dan termasuk predator pasif, karena dia hanya memburu mangsa yang lemah. Tapi di balik itu semua, komodo bisa melumpuhkan mangsanya hanya dengan sekali gigit. 

Seperti kita tahu, air liur komodo mengandung bakteri mematikan, sehingga harus tetap waspada, jaga jarak dan didampingi ranger.

2. Trekking 

Secara topografi, pulau-pulau di Taman Nasional Komodo merupakan kawasan vulkanik yang berada di antara gugusan gunung berapi yang masih aktif. Kondisi tersebut membuat medannya berbukit, berdinding curam hingga terjal, cocok buat trekking! 

Apalagi melihat vegetasi yang ada di pulau-pulau ini yang didominasi oleh rumput dan hutan savana. Kondisi tersebut yang memberi sensasi berbeda saat trekking. 

Kalau di rute habitat komodo, seperti di Pulau Komodo atau Rinca, Sahabat bisa memilih short, medium sampai long track. Kalau beruntung, bisa melihat hewan-hewan penghuni hutan atau padang Savana secara langsung, seperti rusa, burung, ayam hutan sampai ular. 

Agar semua pemandangan bisa dinikmati sempurna, disarankan datang ke Taman Nasional Komodo pada musim kemarau, karena perjalanan nggak bakal terganggu kalau hujan turun. 

Baca juga : 11 Tempat Wisata di NTT Ini Punya Pesona Menakjubkan

3. Berenang, snorkeling hingga menyelam di perairan biru 

Aktivitas yang tak kalah seru saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo adalah menikmati pesona keindahan pantai hingga laut yang jernih dan biru. Beberapa spot tersedia dengan ombak yang ramah, sehingga bisa berenang atau main di bibir pantai yang cantik. 

Kalau mau melihat terumbu karang yang bagus, Sahabat bisa pergi agak ke tengah laut dengan perahu dan pulau-pulau kecil di area Taman Nasional. Bahkan ada manta point yang letaknya tak jauh di Pulau Komodo. 

Manta ini merupakan sejenis ikan pari yang tidak  berbahaya, karena dapat mengenali manusia dari matanya. Oleh karena itu, ikan pari tidak canggung berenang dekat dengan manusia. Waktu yang tepat untuk berenang bareng ikan pari adalah saat air laut surut. Selain itu, pari manta ini ada di setiap musim namun tidak di setiap waktu. 

4. Tur perahu sampai menginap atas di laut

Mengelilingi Taman Nasional Komodo juga tak kalah seru lho! Sahabat bisa memulainya dari Labuhan Bajo, yang merupakan dermaga awal menuju Pulau Komodo dan sekitarnya. 

Ada banyak pilihan perahu yang ada dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengelilingi gugusan pulau kecil di Taman Nasional Komodo. Mulai dari kapal boat kecil sampai kapal sedang yang bisa diinapi hingga belasan orang. 

Tentu saja untuk kapal jenis ini, kebanyakan menggunakan sistem charter atau sewa. Bahkan beberapa paket ada yang sudah include party di atas kapal. 

Demikian ulasan seputar pesona keindahan Taman Nasional Komodo yang peru Sahabat tahu. Jangan lupa untuk membawa persiapan seperti ekstra baju ganti, uang lebih dan obat-obatan pribadi biar liburanmu lancar bebas hambatan! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengintip 20 Makanan Khas Sunda yang Populer

2021-01-31

Berbicara tentang makanan dari Sunda, tentunya Anda langsung berpikir rasanya yang manis. Namun, sebenarnya cita rasa makanan yang berasal dari Sunda juga bervariasi, mu

thumbnail

Keindahan Kawah Gunung Bromo

2020-10-28

Gunung Bromo termasuk salah satu kawasan wisata dan konservasi di Jawa Timur yang masuk kawasan BTS (Bromo – Tengger – Semeru). Gunung ini memiliki daya tarik wisata kar

thumbnail

Bunga Tabebuya Bikin Wisata Surabaya Seperti Jepang

2020-12-11

Wisata Surabaya Seperti Jepang - Jalan-jalan protokol di Surabaya viral di media sosial dikarenakan bunga Tabebuya yang mempercantiknya. Surabaya menjadi begitu cantik s

thumbnail

30 Makanan Khas Aceh dengan Cita Rasa yang Otentik

2021-01-31

Berkunjung ke suatu daerah dalam rangka liburan, tentu tidak lengkap rasanya bila tak sekaligus mencicipi makanan khasnya. Sama h