Logo Daihatsu
Menu

Kekurangan Karpet Mie Mobil serta Cara Merawatnya

Otomotif

2021-02-02

karpet mie mobil

Salah satu jenis karpet mobil yang kini digandrungi adalah karpet mie. Karpet bernama lain karpet PVC coil ini bisa membuat kotoran pada mobil mengendap ke dasar karpet. Nantinya, kotoran tersebut tinggal dikeluarkan dengan cara membalikkan, sera memukul bagian belakang karpet mie.

Dibalik keunggulannya, karpet mie juga menyimpan kekurangan. Mengetahui kekurangan karpet mie mobil sendiri cukup penting. Sebab, hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan saat hendak memakai jenis karpet mobil tersebut. Lalu, apa saja kekurangan dari karpet mie mobil?

Gampang Sobek

Kekurangan pertama yang dimiliki karpet mie mobil adalah gampang sobek. Terutama, di bagian dasar karpet mie mobil. Kekurangan ini tak lepas dari bahan dasar karpet mie mobil itu sendiri, yaitu bahan daur ulang.

Bahan tersebut mengandung serabut yang mudah getas, mengeras, serta rontok. Hal itu bikin karpet mie mobil jadi gampang robek. Kendati begitu, kekurangan ini tak berlaku untuk semua karpet mie mobil.

Sebab, ada beberapa karpet mie mobil yang bahannya tergolong solid. Jadi, jika tak ingin mendapatkan karpet mie mobil yang gampang sobek, Sahabat bisa memilih karpet mie berbahan solid.

Menimbulkan Bau

Kekurangan lainnya yang terdapat pada karpet mie mobil adalah menimbulkan bau. Kekurangan ini muncul saat karpet mie mobil tidak dibersihkan dalam waktu lama.

Karpet mie punya permukaan yang bisa menampung berbagai macam kotoran. Jadi, tiap ada kotoran yang masuk ke karpet mie bakal mengendap di bagian dasarnya.

Kotoran yang mengendap itu sebetulnya tidak menimbulkan masalah. Selama Sahabat mau membersihkan bagian dasar karpet mie tersebut.

Masalahnya, banyak sekali orang yang membiarkan kotoran tersebut mengendap dalam waktu lama. Akibatnya, karpet mie mobil pun mengeluarkan bau yang menyebar ke seluruh ruangan mobil.

Harganya yang Mahal, serta Tidak Sepenuhnya bisa Menutupi Alas Mobil

Walaupun mudah dibersihkan, harga karpet mie mobil sendiri cukup mahal. Apalagi, jika karpet mie yang hendak dibeli dibuat dari bahan yang solid. Sahabat harus mengeluarkan kocek dua kali lebih banyak untuk bisa membelinya,.

Karpet mie juga punya bentuk yang tidak sepenuhnya bisa menutupi alas mobil. Berbeda dengan karpet bawaan yang bentuknya bisa menutupi alas mobil sepenuhnya.

Cara Merawat Karpet Mie Mobil

Untuk meminimalisir beberapa kekurangan karpet mie mobil, Sahabat mesti melakukan perawatan terhadap karpet mie mobil. Cara merawat karpet mie mobil sendiri tidaklah rumit. Sahabat hanya perlu membalikkan karpet mie mobil, lalu memukul bagian belakang karpetnya.

Sahabat juga bisa mengibaskan atau menyemprotkannya dengan air bertekanan tinggi guna merawatnya. Pastikan perawatan dilakukan sesegera mungkin. Jangan dibiarkan sampai kotorannya mengerak di permukaan karpet terlalu lama. Karena hal itu bikin karpet mengeluarkan bau.

Jangan pula membersihkan karpet mie mobil dengan sikat. Apalagi, jika karpet mie tersebut dibuat dari bahan daur ulang. Membersihkan karpet dengan sikat justru akan membuat karpet mie-nya sobek.

Sangat disarankan untuk membeli karpet mie berbahan solid, misalnya PVC coil. Selain tak mudah sobek, karpet mie semacam itu juga tidak mudah bau. Sekalipun bagian permukaannya memiliki kotoran yang mengendap terlalu lama.

Dibalik keunggulannya, karpet mie juga menyimpan kekurangan. Mengetahui kekurangan karpet mie mobil sendiri cukup penting. Sebab, hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan saat hendak memakai jenis karpet mobil tersebut.

Beberapa kekurangan karpet mie sendiri sudah kami sebutkan di atas. Walaupun punya beberapa kekurangan, Sahabat masih layak untuk membelinya. Dengan catatan, Sahabat mau melakukan perawatan terhadap jenis karpet tersebut.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Standar Tekanan Freon AC Mobil? Ini Cara Ceknya

2022-11-22

Mengemudikan mobil akan terasa nyaman, bila suhu dalam kabin terasa dingin dan sejuk. Agar kenyamanan tersebut tetap terjaga, Anda wajib memperhatikan kondisi

thumbnail

Jenis Oli Apa Saja yang Harus Diganti pada Mobil Matic?

2021-08-31

Oli atau pelumas merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan baik motor maupun mobil. Oli ini berperan untuk melumasi komponen pada kendaraan. Mesin dan komponen me

thumbnail

Alasan Mengapa Mobil Matic Modern Tak Perlu Kuras Oli Lagi

2022-06-30

Saat ini mobil sudah memiliki dua varian transmisi, yaitu transmisi otomatis dan manual. Untuk mobil dengan transmisi otomatis, biasanya dikenal dengan sebutan mobil mat

thumbnail

Mengenal Pengertian dan Fungsi Fungsi Throttle Position Sensor

2021-02-15

Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor dengan tipe injeksi, pernahkan mendengar istilah TPS atau throttle position sensor? Ternyata bagian ini cukup penting untuk