Logo Daihatsu
Menu

Kenali Cat Mobil yang Bagus dan Cara Menggunakannya

Otomotif

2023-10-30

Kenali Cat Mobil yang Bagus dan Cara Menggunakannya

Pergantian cuaca, serta lamanya penggunaan mobil dapat menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan baret. Kondisi tersebut tentunya membuat mobil kurang menarik untuk dipandang. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecatan ulang agar cat mobil kembali berkilau seperti sedia kala. 

Namun sebelum melakukannya, pemilik mobil perlu mengenali cat dasar mobil apakah yang bagus beserta cara penggunaannya. Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja perhatikan pembahasan selengkapnya seperti berikut.

Jenis Cat Mobil yang Bagus

Ada beberapa jenis cat mobil yang bagus yang bisa Anda gunakan ketika hendak melakukan pengecatan ulang mobil. Berikut jenis selengkapnya.

1. Cat dasar primer

Jenis cat ini biasanya digunakan sebagai cat lapisan pertama setelah mobil dilakukan proses dempul dan penggosokan dengan amplas. Jenis cat ini mengandung pigmen khusus yang mampu mencegah proses korosi dan meningkatkan adhesi (daya lekat antara lapisan cat dengan bahan metal bodi mobil). Di industri cat mobil, cat dasar primer dibagi menjadi tiga jenis seperti berikut.

Urethane primer

Cat ini memiliki daya ketahanan yang kuat terhadap karat karena terbuat polyisocyanate dan polyurethane. Dengan begitu, cat mudah merata pada permukaan bodi mobil dan membuat permukaan mobil yang dicat super berkilau. 

Epoxy primer

Cat ini digunakan untuk material logam agar material tersebut tidak mudah berkarat. Cat ini juga anti air, Agar hasil pengecatan maksimal, Anda bisa menyemprotkan cat ini hingga 2 kali.

Wash primer

Cat ini terbuat dari bahan dasar alkyd resin dan nitrocellulose sehingga memiliki karakteristik mudah mengering. Namun, cat ini memiliki kekurangan yakni daya adhesi dan anti korosi tidak sebaik urethane dan epoxy primer.

2. Cat surfacer

Jenis cat ini biasanya digunakan sebagai lapisan kedua, setelah proses pengecatan dengan cat dasar primer (putty atau under coat) dilakukan. Cat surfacer sendiri memiliki banyak fungsi sebagai berikut.

Di dalam dunia pengecatan mobil, cat surfacer dibagi menjadi dua jenis seperti berikut.

Lacquer surfacer

Cat ini terbuat dari material dasar resin akrilik (alkyd) dan nitrocelluose sehingga memiliki sifat mudah mengering.

Urethane surfacer

Cat ini terbuat dari material dasar akrilik, alkyd, dan polyester sehingga memiliki kemampuan adhesi yang baik. Namun, cat ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengering sehingga Anda membutuhkan alat pengering dengan suhu kurang lebih 140 derajat Fahrenheit atau 60 derajat celcius.

Thermosetting amino alkyd

Cat ini terbuat dari material dasar resin akrilik dan melamine sehingga memiliki daya pelapisan mirip dengan mobil baru. Namun, untuk mengeringkan cat ini, Anda perlu menggunakan bantuan pengering dengan suhu 90-120 derajat celcius atau 190-240 derajat Fahrenheit. 

3. Top coat (clear coat)

Jenis cat ini biasanya digunakan sebagai lapisan terakhir karena memiliki fungsi anti UV. Di sini Anda bisa menentukan apakah hasil pengecatan dibuat glossy (berkilau) atau doff. 

Cara Menggunakan Cat Mobil

Berikut cara-cara yang bisa Anda contoh ketika hendak melakukan pengecatan mobil.

1. Tahap sebelum pengecatan

Sebelum melakukan pengecatan, Anda wajib melakukan beberapa tahapan berikut ini.

  • Dempul bagian bodi mobil yang penyok, atau amplas bagian bodi yang baret.
  • Cuci mobil, lalu keringkan.
  • Semprot epoxy lalu amplas kembali hingga baret memudar. Jika sudah cuci kembali mobil.

2. Tahapan pengecatan

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan di tahapan pengecatan sebagai berikut.

  • Cat bagian bodi mobil yang ditargetkan dengan cat dasar primer lalu keringkan.
  • Selanjutnya, lapisi dengan cat superfacer. Ulangi dua kali penyemprotan jika menggunakan epoxy agar hasilnya maksimal.
  • Ketika cat superfacer sudah kering, lapisi cat tersebut dengan top coat dan keringkan.

Jika Anda merasa kurang mahir dalam melakukan pengecatan mobil secara mandiri, Anda bisa kunjungi bengkel Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

2020-11-14

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan be

thumbnail

Lampu Sorot – LED, Mobil, Motor, dan Merek Terbaik

2020-11-03

Ada banyak kegunaan lampu sorot untuk kendaraan yang umum digunakan di malam hari. Selain dapat menambah tampilan kendaraan agar lebih apik, keberadaan lampu tembak atau

thumbnail

Ban Tubeless Mobil Bocor? Inilah Cara Menambal yang Benar

2022-07-25

Ban mobil bocor bisa terjadi kapan saja. Lantas, bagaimana cara menambal ban tubeless? Langkahnya sangat mudah. Namun, Anda wajib mengetahuinya untuk mengatasi ban mobil bocor yang datang tiba-tiba

thumbnail

Samsat Online Pajak Kendaraan Bermotor – Cek Biaya dan Cara Bayar

2020-10-28

Dulunya, pembayaran PKB harus dilakukan melalui kantor Samsat secara langsung dan tentunya menghabiskan banyak waktu Sahabat untuk mengantri. Namun kini, lewat samsat on