Logo Daihatsu
Menu

Kenapa Knalpot Mobil Keluar Air? Ini Penyebab dan Solusinya

Otomotif

2023-10-30

Kenapa Knalpot Mobil Keluar Air? Ini Penyebab dan Solusinya

Anda pasti penasaran kenapa knalpot mobil keluar air tiba-tiba ketika mesin mobil dinyalakan? Apakah kondisi ini berbahaya atau tidak bagi kesehatan mobil? Jika berbahaya, adakah solusi untuk mengatasinya? Daripada Anda semakin penasaran, yuk langsung saja perhatikan pembahasan berikut ini.

Penyebab Kenapa Knalpot Mobil Keluar Air

Knalpot mobil keluar air ketika mobil sedang dinyalakan merupakan hal yang wajar jika mobil Anda baru saja melintasi jalanan yang terendam banjir. Namun, apa jadinya jika hal tersebut terjadi di kala musim panas? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penyebab knalpot mobil keluar air seperti berikut.

1. Terjadi proses kondensasi pada pipa knalpot

Penyebab utama knalpot mobil keluar air, disebabkan karena proses kondensasi. Proses ini terjadi karena adanya perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Hal ini biasanya terjadi ketika memarkir mobil semalaman dan di pagi harinya Anda menyalakan mesin mobil. 

Ketika malam, suhu di sekitar mobil cenderung dingin sehingga terjadi pengembunan pada pipa knalpot. Ketika pagi hari Anda menyalakan mesin mobil, maka akan terjadi proses pemanasan di bagian pipa knalpot mobil. Hal tersebut memicu proses penguapan embun pada pipa knalpot sehingga pipa knalpot tersebut mengeluarkan air. Pada kondisi cuaca yang sangat dingin disertai dengan durasi parkir yang cukup lama, maka air yang keluar pada pipa knalpot mobil akan semakin banyak. 

2. Efek katalis konverter

Katalis konverter merupakan komponen knalpot yang berfungsi meminimalisir kadar polutan emisi gas buang. Komponen ini akan mengurangi produksi gas buang yang dikeluarkan oleh pipa knalpot. Gas buang tersebut mengandung zat polutan seperti karbon dioksida. Apabila kandungan zat ini terkena suhu rendah, maka gas tersebut akan berubah menjadi cair sehingga knalpot mengeluarkan air. 

3. Efek mencuci mobil

Knalpot mobil yang mengeluarkan air ketika mesin dipanaskan, juga bisa terjadi ketika Anda baru saja mencuci mobil. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, karena mungkin saja ada sisa air yang terendam di dalam pipa knalpot. 

4. Piston rusak

Adanya kerusakan pada piston, juga dapat menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan air. Seperti diketahui piston merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai pengontrol volume silinder, pengubah daya ekspansi pada proses pembakaran mesin menjadi daya mekanik sehingga gas sisa pembakaran mesin akan didorong keluar. 

Apabila komponen ini rusak, maka kinerja pembakaran mesin kurang optimal sehingga proses pembuangan emisi gas buang juga terganggu. Akibatnya knalpot mengeluarkan air dan asap putih.

Solusi Mengatasi Knalpot Mengeluarkan Air

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menerapkan solusi berikut.

1. Hindari mematikan mesin mobil secara langsung

Apabila knalpot mengeluarkan air ketika mobil sedang dipanaskan, maka Anda tidak dianjurkan untuk mematikan mesin mobil secara langsung. Biarkan saja mesin menyala hingga proses pembakaran mesin optimal agar air yang menggenang di dalam pipa knalpot cepat mengering.

2. Mengganti piston

Apabila knalpot mobil keluar air disebabkan karena kondisi piston yang rusak, maka Anda perlu melakukan penggantian piston dengan yang baru. Piston yang masih baru dapat mempercepat proses pembakaran mesin sehingga membuat knalpot yang berisi air cepat kering.

3. Servis di bengkel

Solusi terakhir, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel ahli seperti bengkel resmi Daihatsu. Dengan melakukan servis di bengkel ahli, maka pihak bengkel akan menganalisis penyebab permasalahan mobil Anda secara akurat sehingga langkah perawatan dapat dilakukan dengan tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-Ciri Rack Steer Rusak, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

2023-01-02

Kaki mobil merupakan salah satu bagian yang harus Anda perhatikan dengan baik. Sayangnya, perilaku pengendara yang “sembarangan”, dapat merusak bagian ka

thumbnail

Fuel Pump Mobil: Fungsi, Tanda Kerusakan & Cara Mengatasinya

2022-12-05

Fuel pump atau pompa bensin pada mobil memiliki fungsi sebagai alat pemompa bahan bakar dari tangki mobil menuju ruang pembakaran mesin.

thumbnail

3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

2022-04-07

Fungsi rem pada kendaraan termasuk suatu komponen penting harus diperhatikan performanya, termasuk pada mobil. Kondisi kampas rem cepat habis bisa menjadi salah satu pen

thumbnail

Apa Arti Knocking pada Mesin Mobil? Ini Penyebab & Solusinya

2023-04-12

Berbicara soal masalah mobil memang tidak ada habisnya, salah satunya soal knocking. Lantas apa arti knocking pada mesin mobil sebenarnya? Mengapa hal tersebut dapat