Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Kendaraan Tidak Bisa Jalan? Kenali Penyebab Kopling Selip pada Mobil Disini
08 Januari 2021
penyebab kopling selip

Sebagai pemilik mobil, pastinya Anda akan selalu menggunakannya kemanapun itu. Seringnya pemakaian inilah yang terkadang membuat kendaraan cepat alami kerusakan, terutama pada bagian kopling. 

Bila kopling tidak dirawat, maka kendaraan tidak bisa dijalankan. Sebelum hal ini terjadi, alangkah baiknya memperhatikan penyebab kopling selip berikut.

1. Kampas Kopling Telah Aus 

Pada umumnya, penyebab kopling mobil selip dikarenakan kampas kopling yang telah aus atau habis. Perlu Anda ketahui, jika kampas disini memegang peranan sebagai penyalur tenaga dari mesin menuju transmisi. 

Kampas sendiri dibuat dari berbagai macam bahan ada yang dari keramik, asbes, campuran resin, serta serat lainnya. 

Seiring berjalannya waktu, banyaknya gesekan dengan kopling membuat kampas semakin aus. Keausan yang terjadi nantinya akan menyebabkan berkurangnya tenaga yang diteruskan dari mesin menuju transmisi. 

Saat kondisi kampas sudah semakin parah, kampas tidak akan mampu lagi menjalankan kerjanya tersebut dengan baik.

Hal tersebut menyebabkan kopling selip dan mobil akan sulit memasukkan gigi sehingga tidak bisa dijalankan, meskipun engine bisa dinyalakan dengan mudah. 

Salah satu penyebab keausan adalah masa pakai yang telah terlalu lama misalnya belum pernah diganti sejak pertama membeli. Selain itu bisa saja karena kesalahan penggunaan kendaraan, seperti beban yang overload.

Baca Juga: Tips Merawat Kopling Mobil Supaya Awet

2. Pegas Kopling Lemah

Bila kondisi pegas kopling semakin lemah, maka tidak dapat dipungkiri akan menyebabkan kopling mobil selip. Pegas kopling sendiri memiliki fungsi guna menekan pressure plate supaya bisa meneruskan gaya tekanan ke kampas kopling. Dikala kampas alami penekanan dari pressure plate, maka tenaga dari mesin menuju transmisi bisa disalurkan.

Namun jika pegas kopling lemah, maka pressure plate tidak akan mampu menekan kampas. Alhasil, kendaraan akan alami kopling selip dan tenaga putar dari mesin tidak bisa diteruskan dengan baik. 

Untuk atasi penyebab kopling selip ini, alangkah baiknya jika Anda langsung mengambil tindakan membawa mobil ke tempat servis resmi.

3. Jarak Main Bebas Pedal Kopling Terlalu Rapat

Asal Anda tahu, jarak main bebas ini sebetulnya diperlukan guna memberikan jarak untuk hindari selip. Tatkala Anda menyetelnya terlalu rapat, hal ini akan membuat kendaraan kesayangan berada dalam posisi sudah menekan. 

Sehingga pressure plate akan tertarik ke belakang dan berakibat jepitan pada kampas kopling menjadi kendor.

Alhasil, akan terjadi gesekan kampas kopling dengan komponen bernama flywheel dan pressure plate yang sangat kuat. Dengan begitu, kampas kopling tersebut akan semakin panas dan cepat alami selip. 

Bila Anda tidak menginginkan keadaan ini terjadi pada mobil, maka cobalah untuk tidak melakukan jarak main bebas yang terlalu rapat.

4. Kopling Terkena Oli

Kopling biasanya berada di antara transmisi dan engine mobil. Karena itu, besar kemungkinan kopling akan sering terkena oli. Kopling yang seringkali digunakan adalah tipe kering. 

Sehingga ketika bagian ini terkena oli dalam jumlah banyak, maka akan menjadi penyebab kopling selip akibat terkontaminasi minyak pelumas

Melindungi dan merawat kendaraan kesayangan memang sangat perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman. 

Apalagi mengenai komponen kopling, yang mana memiliki tugas dan fungsi cukup vital. Jika tidak rajin merawat kopling, alhasil mobil akan cepat mengalami kerusakan.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku