Logo Daihatsu
Menu

Ketahui Fungsi Sistem PCV pada Mesin Mobil dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-09-29

Ketahui Fungsi Sistem PCV pada Mesin Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi sistem PCV (Positive Crankcase Ventilation) pada mesin adalah membuang blow by gas melalui proses pembakaran dan dialirkan kembali ke bagian silinder untuk proses pembakaran ulang. Blow by gas sendiri merupakan gas yang gagal mengalami pembakaran sehingga masih mengandung zat hidrokarbon yang tinggi. Selain fungsi di atas, sistem PCV masih memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting terhadap kinerja mesin mobil. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Fungsi Sistem PCV (Positive Crankcase Ventilation) pada Mesin Mobil

Sistem PCV (Positive Crankcase Ventilation) merupakan sebuah sistem yang terdapat pada mesin mobil. Sistem tersebut memiliki beberapa fungsi penting sebagai berikut.

1. Mencegah polusi udara

Seperti diketahui ketika mobil melakukan pembakaran di ruang bakar, maka menghasilkan emisi gas atau gas buang. Emisi gas tersebut nantinya akan dikeluarkan lewat exhaust valve, namun tidak secara keseluruhan. Beberapa emisi gas yang tersisa dapat menyelinap masuk ke bagian ruang blok mesin. Gas inilah yang kerap kali disebut dengan blow by gas. 

Agar blow by gas tidak memberikan tekanan yang berlebihan, maka gas tersebut akan dibuang ke udara. Namun proses pembuangan blow by gas ke udara ini menyebabkan polusi udara yang tinggi. Sebab, blow by gas tinggi akan hidrokarbon yang belum terbakar. Selain itu, blow by gas juga mengandung uap oli yang mengandung zat beracun dan berbahaya apabila terhirup oleh manusia. 

Dengan adanya sistem PCV ini, maka blow by gas akan disalurkan kembali menuju intake ruang pembakaran. Dengan begitu blow by gas dapat dibakar lagi sehingga mengurangi polusi udara. 

2. Mencegah oil sludge

Oil sludge atau penggumpalan oli pada rongga mesin dapat terjadi akibat oksidasi mesin atau kegagalan pembakaran blow by gas. Sistem PCV sendiri membuat blow by gas dapat dibakar kembali pada proses pembakaran.

3. Meningkatkan performa mesin serta irit bahan bakar

Fungsi sistem PCV selanjutnya, meningkatkan performa mesin dan membuat konsumsi mesin tidak boros. Hal ini dapat terjadi karena proses pembakaran di ruang bakar dapat bekerja dengan baik.

Cara Kerja Sistem PCV pada Mesin Mobil

Setelah mengetahui fungsi dari sistem PCV, Anda perlu mengetahui cara kerjanya. Berikut cara kerja selengkapnya.

1. Ketika backfiring atau mesin mati

Ketika mesin mobil dalam kondisi backfiring atau mati, maka katup PCV akan tertutup. Hal ini terjadi karena plunger PCV menutup aliran udara sehingga secara otomatis intake akan tertekan dan menutup PCV. Akibatnya ruang mesin tidak kemasukan udara sama sekali.

2. Ketika mesin deselerasi atau stasioner

Ketika mesin dalam keadaan deselerasi atau stasioner maka plunger PCV terbuka. Kondisi ini diakibatkan karena plunger PCV tertarik oleh vakum intake. Dengan begitu, blow by gas dapat mengalir ke bagian intake ruang mesin.

3. Ketika mesin berjalan dalam keadaan normal

Ketika mobil berjalan dalam keadaan normal, maka plunger PCV akan terbuka. Kondisi ini membuat blow by gas yang dialirkan menuju intake ruang mesin lebih besar lagi. 

4. Saat bermanuver

Ketika mobil bermanuver atau sedang berakselerasi, maka kevakuman intake akan meningkat. Hal ini terjadi karena blow by gas juga meningkat sehingga mampu mendorong dan membuka lebar plunger PCV. Dengan begitu aliran emisi gas ke dalam mesin menjadi lebih banyak. 

Mengingat fungsinya yang penting dalam menyalurkan kembali emisi gas ke intake manifold. Maka, Anda harus memperhatikan kondisi sistem PCV mobil Anda. Segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat apabila katup PCV macet atau tersumbat agar kinerja mesin selalu dalam kondisi maksimal.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Plat AA Daerah Mana? Ini Informasi Lengkapnya!

2024-01-31

Bicara mengenai plat nomor kendaraan di Indonesia, sangatlah beragam. Setiap daerah memiliki kode plat nomor masing-masing, contohnya plat AA. Lantas dari daerah man

thumbnail

Jadwal Ganjil Genap Puncak Bogor Hari Ini, Terbaru 2024

2024-02-15

Sebagai salah satu destinasi wisata dengan panorama alam terbaik di Indonesia, Puncak Bogor tidak pernah sepi pengunjung. Bagi Anda yang berniat berlibur di wilayah

thumbnail

Untung - Rugi Pakai Cairan Ban Tubeless

2021-02-01

Saat berkendara, ban bocor di tengah jalan memang sering bikin frustasi. Untuk yang mengendarai mobil, Sahabat harus membongkar ban mobil untuk diganti dengan ban cadang

thumbnail

Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Mobil Manual & Perbedaannya

2022-08-22

Harus diakui, menyetir kendaraan yang menggunakan transmisi manual memang tidak mudah untuk semua orang. Lebih-lebih jika Anda merupakan pemula yang sekarang baru belajar mengemudi. Tentu butuh lat