Logo Daihatsu
Menu

Ketahui, Ini 4 Ciri Aki Mobil Tidak Mengisi

Otomotif

2021-01-14

ciri aki mobil tidak mengisi

Kendaraan roda empat merupakan transportasi pribadi yang memiliki banyak komponen di dalamnya. Sama dengan jenis kendaraan lainnya, mobil juga bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Salah satu komponen yang biasanya terkena masalah adalah aki. Lantas, bagaimana ciri aki mobil tidak mengisi? 

1. Tidak Ada Suara Starter Ketika Mesin Dinyalakan 

Pada umumnya kondisi aki yang tidak mengisi bisa diketahui dari suara starter yang tidak berjalan dengan normal. Hal ini merupakan indikasi bahwa terjadi masalah pada bagian aki kendaraan roda empat yang Anda miliki. 

Jika terjadi kerusakan, maka mobil tidak akan bisa berjalan karena aki merupakan komponen penting untuk kelistrikan mesin mobil. 

Tidak seperti kendaraan jenis lain yaitu sepeda motor, maka masih ada cara lain untuk menyalakannya dengan cara di engkol. 

Jadi, jika aki mobil mengalami masalah atau kerusakan, tentunya akan mengganggu perjalanan Anda. Bahkan hal ini bisa membuat kendaraan roda empat yang Anda miliki tidak dapat bekerja dengan optimal. 

2. Aki Terlihat Mengembung 

Ciri aki mobil tidak mengisi yang bisa Anda tahu jika tidak mengisi aki, maka keadaan aki akan terlihat seperti menggembung. Hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan di dalam elemen pengisian aki. 

Aliran listrik yang seharusnya di supply ke berbagai komponen lainnya akan tertahan dan membuat aki panas yang mengakibatkan aki menggelembung. 

Baca juga: Inilah Sejumlah Penyebab Aki Basah Tidak Bisa Menyimpan Listrik

3. Air Aki Terlihat Keruh 

Selain kondisi aki terlihat mengembung, Anda juga bisa mengetahui indikasi aki tidak mengisi dari air akinya. Jika Anda masih menggunakan aki basah, maka bisa mencoba untuk membuka tutup aki. 

Apabila air aki keruh, maka proses pengisian tersebut tidak berjalan dengan tepat. Untuk mengatasinya Anda bisa mengganti dengan aki yang baru. 

4. Lampu dan Klakson Tidak Berfungsi 

Ciri aki mobil tidak mengisi selanjutnya yaitu klakson dan lampu tidak menyala dengan benar. Seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi aki adalah penyimpan listrik yang akan digunakan untuk starter mobil atau kinerja mesin lainnya. 

Maka dari itu, jika kendaraan roda empat Anda tidak ingin menyala serta klakson dan lampu tidak berfungsi dengan baik, maka bisa jadi ada masalah pada aki. 

Sebab listrik tidak bisa mengalir ke semua bagian mobil lainnya. Apabila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya segera membawanya ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Namun, jika dirasa Anda sudah ahli dalam memperbaiki mesin mobil, sebaiknya untuk mengeceknya, apakah terjadi kerusakan atau hal lainnya yang kurang tepat. 

Jika Anda sudah memastikan bahwa masalahnya bukan dari ciri aki mobil tidak mengisi, bisa jadi ada kerusakan pada komponen lain seperti dinamo ampere pada kendaraan roda empat. 

Baca juga : Cara Mengatasi Aki Mobil Panas dan Bau serta Faktor yang Menyebabkannya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ketahui Penyebab Naiknya Temperatur Mobil Kamu!

2021-01-02

Temperatur mobil adalah keadaan suhu mesin pada mobil. Dengan melihat pada indikator suhu, Sahabat bisa mengetahui penurunan, penaikan, bahkan kestabilan temperatur mobi

thumbnail

Jenis Lampu Foglamp atau Kabut

2021-01-02

Lampu menjadi peranan penting sebagai penerangan terutama ketika gelap. Termasuk bagi kendaraan Sahabat. Salah satu jenis lampu sorot untuk mobil yang mesti ada adalah f

thumbnail

5 Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik Depan dan Belakang

2024-02-15

Saat ini keberadaan dashcam pada mobil sangatlah diperlukan. Dengan peranti ini, pengemudi mobil dapat merekam peristiwa kecelakaan lalu lintas, dan merekam tindakan

thumbnail

Air Wiper Mobil Tidak Keluar? Ini Penyebab dan Solusinya

2023-01-10

Air wiper mobil tidak keluar, bukan hanya diakibatkan oleh habisnya air wiper di dalam reservoir. Masih banyak hal lain yang menyebabkan permasalahan tersebut terjad