Logo Daihatsu
Menu

Ketahui Penyebab Mabuk Saat Naik Mobil & Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-04-25

Ketahui Penyebab Mabuk Saat Naik Mobil & Cara Mengatasinya

Lebaran 2023 sudah menghitung hari. Bagi Anda yang hendak mudik dengan naik mobil, Anda perlu mengetahui penyebab mabuk saat naik mobil dan cara mengatasinya. Agar perjalanan Anda terasa nyaman sampai tujuan. Berikut penyebab dan cara mengatasi mabuk saat naik mobil selengkapnya. 

Penyebab Mabuk Ketika Naik Mobil beserta Cara Mengatasinya

Mabuk merupakan permasalahan yang bisa saja terjadi kepada siapa saja ketika naik mobil. Oleh karena itu mengetahui penyebab dan cara mengatasi mabuk perjalanan sedini mungkin sangatlah perlu. Agar hal tersebut tidak mengganggu kenyamanan Anda ketika melakukan perjalanan. Berikut penyebab dan cara mengatasi mabuk selengkapnya. 

1. Kurang beristirahat ketika hendak melakukan perjalanan

Faktor utama penyebab mabuk ketika sedang naik mobil ialah kurangnya beristirahat sebelum melakukan perjalanan. Tubuh yang kurang istirahat dapat menimbulkan kelelahan yang luar biasa. Akibatnya tubuh akan memunculkan kondisi yang bermacam-macam seperti mengantuk, tegang di beberapa area tubuh seperti pundak, leher, dan kepala, hingga mual. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu rajin berolahraga secara rutin sebelum melakukan perjalanan. Anda juga perlu tidur minimal 6 hingga 8 jam setiap hari seminggu sebelum melakukan perjalanan, Serta mengonsumsi vitamin dan mineral atau obat anti mabuk (antidopaminergic, scopolamine, hyoscine, dan antihistamin) sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga : 5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Tanpa Minum Obat

2. Kekurangan oksigen

Faktor kedua penyebab mabuk ketika naik mobil ialah kekurangan oksigen. Seperti diketahui, jalanan yang macet disertai dengan suhu panas dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan oksigen. Kurangnya oksigen dalam tubuh tersebut dapat menyebabkan penurunan fungsi kesadaran otak, hingga dapat meningkatkan reaksi peristaltik usus yang membuat kondisi perut tak nyaman. Akibatnya gerakan peristaltik yang tidak normal tersebut menyebabkan asam lambung juga naik sehingga memicu mual dan pusing. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menaikkan suhu AC mobil apabila di dalam kabin terasa gerah. Anda juga bisa mengoleskan wewangian atau aroma terapi pada bagian hidung, leher, dan kening. 

Baca Juga : Tips dan Trik Mengatasi Mabuk AC Mobil

3. Guncangan di dalam mobil

Faktor ketiga penyebab mabuk ketika naik mobil disebabkan oleh faktor guncangan di dalam mobil yang begitu besar. Seperti diketahui, melewati jalanan yang rusak serta kondisi suspensi mobil yang sudah mulai aus dapat memperparah guncangan yang ditimbulkan. Hal tersebut dapat membuat reaksi asam lambung meningkat ketika tubuh juga ikut terguncang. 

Untuk mengatasi hal ini Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan servis secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga perlu membawa obat-obatan pereda mual seperti antihistamin, antidopaminergic, scopolamine hingga hyoscine. Jangan lupa juga sediakan aroma terapi seperti lavender, yuzu, atau sebagainya untuk meringankan gejala mual dan pusing.

4. Kondisi genetik atau hormonal

Seseorang yang memiliki kondisi genetik tertentu seperti migrain lebih mudah mengalami mabuk perjalanan. Selain kondisi genetik, perubahan hormonal seperti sedang hamil, atau menstruasi juga bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Untuk mengatasi tersebut, Anda perlu mempersiapkan aroma terapi dan obat-obatan pereda mual dan mabuk.

5. Mengonsumsi makanan yang terlalu berat

Mengonsumsi makanan yang terlalu berat seperti mengonsumsi karbohidrat rendah serat dapat menyebabkan mabuk. Makanan yang berat dapat menyebabkan gerak peristaltik usus menjadi lambat sehingga susah untuk dicerna.

Apalagi jika Anda melewati jalanan yang rusak, maka guncangan dalam mobil dapat memberikan tekanan yang luar biasa terhadap perut. Kondisi ini dapat merangsang asam lambung dan penekanan terhadap usus sehingga tubuh memberikan respons mual, muntah, dan pusing. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, sebaiknya Anda konsumsi makanan yang ringan di usus, seperti mengonsumsi kacang-kacangan, camilan, atau buah-buahan seperti pisang, dan apel. 

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mabuk perjalanan ketika naik mobil. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kenyamanan Anda ketika melakukan perjalanan jauh atau mudik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mobil Sigra Modifikasi Sport Emang Bisa? Yuk, Intip Inspirasinya!

2023-12-22

Sebelum membuat Daihatsu Sigra modifikasi sport, Anda membutuhkan beberapa inspirasi terlebih dahulu. Tak hanya itu, pada kali ini juga akan diberikan beberapa tips

thumbnail

Fungsi Fogging Mobil dan Tips Melakukannya

2020-12-07

Ketika mendengar kata fogging, mungkin sebagian besar akan langsung teringat dengan metode pengasapan untuk memberantas sarang nyamuk. 

thumbnail

Penyebab Mobil Mengalami Pecah Ban

2022-02-07

Ban menjadi salah satu unsur penting yang harus ada di kendaraan, salah satunya adalah mobil. Tanpa adanya ban ini, mobil tak bisa bergerak. Untuk itu, kualitas ban yang

thumbnail

Ini Bahaya dan Efek Buruk Pakai Kampas Rem Palsu

2022-04-07

Bahaya kampas rem palsu seringkali diabaikan oleh pengendara, padahal jika tetap digunakan dapat mengancam keselamatan berkendara.Kegu