Logo Daihatsu
Menu

KIP Kuliah: Kartu Pintar untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia

Tips & Trick

2021-05-25

KIP Kuliah

KIP kuliah adalah kartu bantuan biaya kuliah yang dikhususkan untuk lulusan SMA dan sederajat yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata dan kurang mampu. Jadi, pemerintah memiliki niat yang bagus nih, Sahabat, untuk membantu masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, tetapi terkendala finansial.

Untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar hingga persyaratannya, yuk langsung simak penjelasan berikut! Terlebih, sekarang masih dalam masa pendaftaran mahasiswa baru sehingga sangat diperlukan berbagai informasi mengenai KIP kuliah, bukan?

Persyaratan Pendaftaran

Sebagaimana tujuan awal diadakannya KIP kuliah, persyaratan untuk mendapatkan kartu ini tentu saja dengan menyerahkan bukti bahwa sosok tersebut memang kurang mampu secara finansial. Nantinya, hal ini dibuktikan dengan pengecekan NIK peserta yang terdaftar di sistem kependudukan serta memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.

Selain NIK, calon pemilik KIP kuliah juga harus memiliki NISN dan NPSN yang valid. Nilai akademik selama SMA juga harus baik yang dibuktikan dengan dokumen seperti ijazah atau SKHUN yang sudah dilegalisir dari pihak sekolah.

Dan, yang paling penting adalah, sosok tersebut sudah dipastikan diterima di salah satu perguruan tinggi dengan program studi berakreditasi A atau B.

Cara Pendaftaran

Siswa lulusan SMA sederajat di tahun 2021 bisa melakukan pendaftaran untuk memiliki KIP kuliah dengan membuat akun di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps yang bisa diunduh di playstore atau appstore.

Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat surel aktif sebagai data awal yang harus diisi. Selanjutnya, nomor pendaftaran dan kode akses akan dikirim ke surel yang bisa digunakan untuk log in SIM KIP kuliah.

Setelah berhasil masuk ke akun yang terdaftar, siswa mengisi semua data yang dipilih, seperti nama perguruan tinggi hingga jalur masuk yang ditempuh. Jika sudah diterima di perguruan tinggi yang dipilih, langkah terakhir adalah verifikasi.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Dikutip dari laman web kip-kuliah.kemdikbud.go.id, pendaftaran akun KIP kuliah sedang berlangsung nih, Sahabat, yang sudah dibuka sejak 8 Februari 2021 lalu dan akan ditutup pada 31 Oktober 2021 mendatang.

Pendaftaran ini memiliki tahapan sesuai dengan jalur yang ditempuh untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan, yaitu SNMPTN, SNMPN, UTBK-SBMPTN, dan SBMPN.

Hanya untuk Perguruan Tinggi Negeri?

Jika ada yang mengatakan bahwa KIP kuliah dikhususkan untuk PTN atau perguruan tinggi negeri, itu tidak benar ya, Sahabat. Hal ini sudah disanggah juga oleh pemerintah bahwa perguruan tinggi swasta juga menerima kartu pintas ini.

Terdapat hampir 16.000 perguruan tinggi yang terdaftar dalam kepesertaan KIP kuliah yang tentu saja tersebar di seluruh Indonesia. Belasan ribu perguruan tinggi itu pastinya terdiri dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta dengan berbagai program studinya.

Pengalihan Kuota Mahasiswa Kampus Islam

Tidak hanya mengenai perguruan tinggi swasta yang sering menjadi pertanyaan apakah mendapat jatah kuota KIP kuliah, sering kali pertanyaan mengenai kuota untuk mahasiswa kampus islam juga tidak begitu jelas.

Jika sebelumnya kuota KIP kuliah untuk mahasiswa kampus islam dikelola oleh Kementerian Agama, mulai 11 Mei 2021 lalu melalui Rapat Koordinasi Virtual antara Dikti Kemenristek dan Kemenag, kuota untuk mahasiswa kampus islam langsung dikelola oleh Kemenristek.

Ini merupakan kabar gembira loh, Sahabat. Hal tersebut dikarenakan jika sebelumnya jatah kuota untuk perguruan tinggi keagamaan hanya 3% dibanding jatah kuota untuk seluruh perguruan tinggi, tahun ini disamakan cara pendaftarannya sehingga jumlah kuota meningkat.

Itulah informasi mengenai KIP kuliah yang bisa Sahabat pelajari. Kementerian pendidikan dan kebudayaan selalu menerima pertanyaan yang akan dijawab dengan akurat jika Sahabat ada kendala atau kebingungan mengenai program ini ya!

Jadi, daripada hanya berasumsi, Sahabat bisa menanyakannya langsung ke alamat kemendikbud di Menristek RI Gedung C, Lantai 13, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan. Atau mengirim email ke kip.kuliah@kemdikbud.go.id atau bisa juga melalui media sosial mereka di Instagram: @puslapdik_dikbud, loh.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengingat Kembali Sejarah Kesultanan Bima serta Peninggalannya

2021-03-31

Kesultanan Bima adalah salah satu kerajaan islam yang saat itu didirikan pada tanggal 6 Februari 1621. Raja Kesultanan Bima yang pertama merupakan raja ke 27 Kerajaan Bi

thumbnail

4 Cara Jitu Agar Tetap Fokus dan Produktif saat Bekerja di Rumah

2020-11-24

Bekerja di rumah saat ini menjadi satu hal yang banyak diminati, terlebih bagi kalangan pekerja di dunia digital. Karena tak perlu khawatir jika belum mandi, memilih pak

thumbnail

9 Tips Menjadi Orang Kaya yang Sukses dari Cara Sederhana

2020-12-15

Setiap orang yang bekerja atau memiliki usaha biasanya selalu memimpikan untuk menjadi orang kaya. Ya, menjadi orang kaya yang tinggal berkecukupan di dunia memang teras

thumbnail

3 Bahan Dapur ini Bisa Bersihkan Karat Pada Mesin Mobil

2020-11-24

Mengetahui cara menghilangkan karat pada mobil sangat penting, agar penampilan dan performa mobil tetap dalam kondisi yang baik. Karena body dan sasis mobil terbuat dari