Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Kompresor AC Mobil Berisik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
25 Oktober 2023
Kompresor AC Mobil Berisik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah kompresor AC mobil berisik merupakan masalah yang sering kali terjadi pada mobil yang usianya di atas lima tahun pemakaian. Masalah yang satu ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan saat mengemudikan mobil. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Agar Anda tidak bertanya-tanya, yuk langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Ada beberapa hal yang menyebabkan kompresor AC mobil rusak dan mengeluarkan suara berisik. Berikut penyebab selengkapnya.

1. Faktor usia

Seiring berjalannya waktu penggunaan kompresor AC, tentu mempengaruhi kinerja AC. Semakin tua umur kompresor AC tentu performa komponen ini semakin menurun dan terkadang menimbulkan masalah seperti muncul suara berisik.

2. Komponen AC yang terpasang kurang presisi

Kompresor AC mobil yang berisik juga bisa disebabkan oleh pemasangan komponen AC seperti mesin AC yang kurang presisi. Biasanya pemasangan yang kurang presisi menyebabkan kelonggaran pada bagian komponen tersebut sehingga menyebabkan AC menjadi bergetar dan berisik.

3. Terjadi gesekan antar komponen AC

Adanya gesekan antar komponen AC juga dapat menyebabkan kompresor AC menimbulkan bunyi berisik. Hal ini biasanya terjadi pada komponen piston yang kekurangan pelumas atau oli atau mesin AC yang sudah aus. Kurangnya oli pada piston akan membuat gesekan piston semakin bertambah. Begitu pula ketika mesin AC sudah mulai aus maka kinerja mesin menjadi lebih berat.

4. Kebocoran saluran AC

Penyebab selanjutnya, bisa disebabkan karena adanya kebocoran yang terjadi pada saluran AC. Kebocoran saluran AC dapat menyebabkan oli dan freon lebih cepat habis. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan gesekan piston pada komponen AC lainnya sehingga menyebabkan sistem pendingin kabin mengeluarkan bunyi berisik.

5. Adanya kerusakan pada magnetic clutch

Seperti diketahui magnetic clutch merupakan komponen AC yang berfungsi sebagai penghubung mesin Ac dengan kompresor AC. Apabila komponen ini rusak, maka sistem AC tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal tersebut berdampak pada kinerja kompresor AC sehingga kompresor AC tidak dapat mengeluarkan hawa dingin dan mengeluarkan bunyi berisik.

6. Hilangnya kompresi kompresor

Kompresor AC yang bersisik juga disebabkan oleh hilangnya kemampuan kompresi dari kompresor. Kompresi kompresor yang melemah dapat menyebabkan penurunan proses pemompaan freon ke bagian kondensor. Kondisi dapat menyebabkan AC mobil tidak dapat mengeluarkan udara dingin serta menimbulkan suara berisik pada sistem pendingin kabin mobil.

7. Adanya benda asing yang masuk ke bagian kompresor

Kompresor AC yang berisik juga bisa disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk pada komponen tersebut. Misalnya seperti sisa-sisa makanan, pecahan-pecahan benda asing, kerikil, daun kering hingga benda-benda kecil yang menyumbat kinerja mesin AC.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil yang Berisik

Untuk mengatasi kompresor AC mobil yang berisik, Anda bisa menerapkan cara berikut ini.

1. Periksa oli kompresor secara rutin

Dengan memeriksa kondisi oli kompresor AC, Anda bisa mencegah kerusakan kompresor lebih dini. Seperti diketahui oli kompresor AC berfungsi memberikan daya pelumas pada bagian piston AC sehingga mengurangi gesekan antara piston dengan komponen AC lainnya. Sebaiknya, Anda isi oli kompresor ketika oli sudah mulai habis. Atau lakukan penggantian oli apabila oli kompresor AC sudah tidak layak.

2. Periksa bagian piston, thrust bearing, dan AS

Agar kompresor AC mobil tidak berisik, Anda perlu memeriksa bagian piston, thrust bearing, dan AS. Pastikan komponen-komponen tersebut tidak aus. Jika sudah aus segera lakukan penggantian. Untuk thrust bearing yang longgar, Anda bisa mengencangkan kembali komponen tersebut. Untuk AS kompresor pastikan presisi.

Demikian kedua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kompresor AC mobil mengeluarkan bunyi berisik. Apabila Anda merasa kurang ahli dalam mengatasi permasalahan tersebut, langsung saja kunjungi bengkel Daihatsu agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku