Logo Daihatsu
Menu

Mau Wisata Belanja di Jepang? Praktekkan Saja Tips Belanja di Jepang Ini!

Travel

2021-04-20

belanja di jepang

Berwisata belanja di Jepang tidak bisa sembarangan. Sebab, Jepang punya kultur belanja yang sedikit berbeda dibanding Indonesia atau negara Asia lainnya. Pada artikel ini, kami akan bagikan beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan, terutama saat nanti berbelanja di Jepang. Beberapa tips tersebut bisa disimak sebagai berikut!

Jangan Malu Masuk ke Toko, Sekalipun Hanya Lihat-Lihat Saja

Di Indonesia, kita biasanya malu untuk masuk ke sebuah toko dengan tujuan hanya melihat-lihat saja. Hal itu tidak berlaku saat di Jepang nanti. Di sana, Sahabat boleh masuk ke sebuah toko, walau hanya untuk melihat-lihat barang saja.

Walaupun nanti Sahabat hanya melihat-lihat saja, Sahabat akan tetap mendapatkan pelayanan terbaik oleh staf toko di sana. Staf toko di Jepang umumnya sangat ramah, bahkan kepada pengunjung yang hanya mau lihat-lihat saja. 

Mereka tak segan untuk memberi informasi sedetail mungkin soal barang yang ada di toko mereka. Bahkan, mereka pun juga bersedia mengantarkan pengunjung mengelilingi tiap sudut toko, serta mengantarkan sampai ke pintu keluar toko.

Jangan Pernah Sekalipun Menawar Harga Barang

Tak seperti di Indonesia, Sahabat tak akan pernah bisa menawar harga barang saat belanja di Jepang. Toko-toko di Jepang biasanya sudah menerapkan harga tetap pada suatu barang.

Walau begitu, Sahabat tak perlu khawatir. Sebab, beberapa toko di Jepang juga menawarkan diskon untuk barang-barang mereka. Tak cuma itu, ada beberapa barang di Jepang yang masih bisa ditawar harganya. Semisal barang antik dan juga alat elektronik.

Jangan Malu untuk Meminta Pendapat Pada Staf Toko

Kalau Sahabat hendak membeli pakaian di Jepang, jangan malu meminta pendapat staf toko di sana. Tanyakanlah kepada mereka mana pakaian yang sekiranya cocok untuk postur tubuh Sahabat.

Nantinya, staf toko bakal memberi tahu mana saja pakaian yang sekiranya pas untuk Sahabat. Kebetulan, staf toko (utamanya toko fesyen) di Jepang sudah mendapatkan lisensi khusus. Sehingga, mereka bisa paham mana sekiranya pakaian yang cocok untuk customer mereka.

Jangan Sembarangan Mencoba Pakaian

Tips ini juga masih berhubungan soal belanja pakaian. Tak seperti di Indonesia, Sahabat tak bisa sembarangan mencoba pakaian yang hendak dibeli. Sebab, tak semua toko di Jepang memperbolehkan untuk mencoba pakaian terlebih dahulu, serta tidak semua toko punya dressing room. 

Kalaupun mau mencoba pakaian, Sahabat bisa meminta izin pada staf toko di sana. Kalau sekiranya diizinkan, Sahabat baru bisa melakukannya. Kalaupun tidak, jangan khawatir. Sahabat bisa melakukan tips sebelumnya, yaitu bertanya kepada staf toko soal pakaian yang cocok buat Sahabat.

Jangan Sungkan untuk Meminta Jasa Wrapping Barang Belanjaan

Kalau Sahabat hendak berbelanja cinderamata, jangan malu untuk meminta jasa wrapping kepada staf toko. Beberapa toko cinderamata di Jepang biasanya menawarkan jasa warpping secara cuma-cuma kepada pelanggan.

Walau gratis, jasa wrapping yang diberikan tidak asal-asalan. Cinderamata yang telah Sahabat beli akan dibungkus dengan kertas wrap yang bagus, serta sesuai dengan brand toko tersebut. Menarik, bukan?

Berwisata belanja di Jepang tidak bisa sembarangan. Sebab, Jepang punya kultur belanja yang sedikit berbeda dibanding Indonesia atau negara Asia lainnya. Oleh karenanya, Sahabat mesti melakukan tips berlanja di Jepang yang sudah kami sebutkan di atas. 

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Jepang yang Layak untuk Dikunjungi

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Makanan Khas Sulawesi Tengah, Mau Coba?

2021-02-26

Sulawesi Tengah yang memiliki Ibu Kota Palu, mempunyai segudang makanan khas yang rasanya tidak kalah lezat dari daerah lain. Cita rasanya sendiri terkenal didominasi pe

thumbnail

Mengecap Lezatnya 20 Makanan Khas Riau

2021-01-31

Bertandang ke Riau tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas asalnya. Hidangan Riau memiliki berbagai jenis olahan yang bisa dicicipi, mulai dari sup, makana

thumbnail

18 Makanan Khas Sumatera Utara yang Paling Dicari

2021-01-31

Mencicipi hidangan khas ketika berada di Sumatera Utara menjadi hal yang harus dilakukan. Terlebih lagi, Medan sebagai ibu kota provinsinya yang termasuk ke dalam salah

thumbnail

Pesona Wekuri Lagoon

2021-01-21

Wekuri Lagoon adalah danau atau laguna air asin dengan keindahan alam sekitar menawan yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Te