Logo Daihatsu
Menu

Menengok Keindahan Pantai Merah Muda di Nusa Tenggara Timur

Travel

2021-01-21

pantai merah muda

Pantai Merah Muda merupakan salah satu keindahan alam yang tersimpan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Karena keindahannya ini lah Pantai Merah Muda menjadi salah satu tempat wisata di NTT. Banyak pengunjung domestik maupun mancanegara yang menikmati liburan di pantai tersebut.

Mengapa Bisa Berwarna Merah Muda (Pink)?

Sahabat pasti bertanya-tanya, kok bisa yah ada pantai yang berwarna pink? Apakah itu filter foto atau Instagram? Tentu saja bukan. Itu benar-benar pink. Lalu mengapa bisa berwarna pink seperti itu?

Pasir pantai terbentuk dari banyak sekali komponen yang menyusunnya. Beberapa komponen yang menyusunnya adalah beberapa bangkai atau bagian tubuh makhluk hidup laut yang sudah mati dan terpotong menjadi bagian yang sangat kecil lalu terhempas ke pesisir pantai.

Warna pink yang muncul di Pantai Merah Muda adalah salah satu fenomena di mana cangkang terumbu karang Homotrema rubrum yang sudah mati dan memang berwarna pink. Lalu cangkang tersebut terhempas hingga menumpuk di pinggir pantai. Tak hanya itu, hal itu juga disebabkan oleh serpihan karang merah muda dan hewan laut lainnya yang memiliki warna mendekati pink.

Tentu saja fenomena ini tidak terbentuk dalam waktu yang singkat yah Sahabat. Itu butuh waktu yang lama dan terjadi berkali-kali hingga benar-benar seperti yang Sahabat lihat saat ini.

Keindahan yang Tersimpan di Pantai Merah Muda

Pantai Merah Muda di NTT ini masih sangat jarang terjamah oleh manusia. Hal ini dikarenakan memang di sana tidak ada orang yang menjual makanan, toko, atau apapun. Benar-benar murni pantai kosong.

Keindahan yang tersimpan di pantai yang jarang terjamah manusia ini sangat menakjubkan. Sahabat bisa menikmati keindahannya dengan cara diving maupun snorkeling. Sahabat akan melihat keindahan laut yang sebenarnya.

Di Pantai Merah Muda ini terdapat banyak biota, antara lain: sekitar 1.000 spesies ikan, 260 spesies terumbu karang, 70 spesies spons, dan biota laut lainnya.

Beberapa orang menikmati keindahan pantai ini dengan cara berjemur dan bersantai menikmati alam. Beberapa orang lainnya juga mengabadikan momen langka dalam hidup mereka dengan cara mengambil swafoto di Pantai Merah Muda.

Sahabat pasti bertanya, di sini kan tidak ada toko dan orang jualan. Lalu bagaimana bisa snorkeling, diving, dan berjemur. Peralatannya dari mana? Sahabat harus membawanya sendiri atau bisa menyewa saat Sahabat berada di Labuan Bajo.

Sahabat juga harus memperhitungkan banyak hal saat berlibur di Pantai Merah Muda ini, seperti: alat-alat, obat-obatan, hingga membuat jadwal agar bisa optimal berlibur di sini tanpa ketinggalan kapal untuk balik ke Labuan Bajo.

Rute ke Pantai Merah Muda

Rute menuju ke Pantai Merah Muda NTT tergolong cukup sedikit. Sahabat hanya bisa menempuh dengan kendaraan laut dan udara. Namun, dengan kendaraan laut harganya lebih terjangkau.

Jika Sahabat berangkat dari dari Tanjung Benoa Bali ke Labuan Bajo dengan kapal. Waktu tempuh sekitar 1 hari. Namun jika Sahabat berangkat dari Denpasar Bali, Sahabat bisa naik bus dengan tujuan Labuan Bajo. Bus ini nanti ujung-ujungnya juga naik kapal ferry. Jika menggunakan pesawat, dari Denpasar ke Labuan Bajo Sahabat cukup memerlukan waktu 30 menit saja.

Setelah Sahabat sampai di Labuan Bajo, Sahabat bisa menyewa berbagai perlengkapan yang akan digunakan di Pantai Merah Muda ini. Antara lain seperti peralatan snorkeling, divin, berjemur, dsb. Dari Labuan Bajo, Sahabat menuju ke Loh Liang Pulau Komodo menggunakan kapal ferry.

Jika sudah sampai di Loh Liang, Sahabat bisa jalan kaki menuju ke Pantai Merah Muda, namun waktu tempuhnya adalah 4 jam. Cara singkatnya, Sahabat bisa naik perahu dari Loh Liang menuju ke Pantai Merah Muda.

Baca juga : 11 Tempat Wisata di NTT Ini Punya Pesona Menakjubkan 

Dari rute yang cukup rumit seperti ini, Sahabat bisa mengira-ngira sendiri lah berapa biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Pantai Merah Muda ini. Selamat berlibur.

Penulis: Iskael


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Menjadi Backpacker dengan Hemat Budget bahkan Gratis? Ini Dia Caranya! Berpotensi untuk Dibayarin Juga, Loh!

2020-11-20

Backpacker adalah smart traveller karena dia bisa mencari peluang untuk melakukan wisata dengan budget minim hingga mendapatkan relasi di tempat wisata. Meskipun esensi dari seorang backpacker buka

thumbnail

7 Persiapan untuk Perjalanan Mudik yang Lebih Menyenangkan!

2020-10-28

Sebuah tradisi mudik tidak lepas dari kehidupan setiap keluarga. Berkumpul bersama keluarga tercinta setelah setahun hidup di tanah rantau adalah sebuah kebahagian terse

thumbnail

7 Destinasi Wisata Di Karimunjawa yang Wajib Dikunjungi

2020-11-05

Selama pandemi ini, tentu kita semua sudah begitu gerah di rumah. Mau bagaimana lagi, demi mematuhi protokol kesehatan dan pandemi cepat berlalu. Namun, manfaatkan waktu selama di rumah saja ini un

thumbnail

Bedugul: Wisata Indah Bersejarah, Jangan Lewatkan ketika Mengunjungi Bali

2020-11-26

Bali selalu menjadi pulau favorit setiap wisatawan, baik wisatawan luar negeri maupun dalam negeri. Keindahan alamnya mampu menghipnotis siapa saja yang datang ke sana. Tidak hanya mengenai Kuta ya