Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Mengalami Aquaplaning di Jalan Tol? Ini Solusi Tepatnya!
22 Februari 2024
Mengalami Aquaplaning di Jalan Tol? Ini Solusi Tepatnya!

Aquaplaning di jalan tol merupakan peristiwa yang kerap terjadi ketika musim hujan tiba. Peristiwa tersebut sangat berbahaya dan berpotensi besar menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, para pengemudi wajib mengetahui solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun caranya sebagai berikut.

Solusi Tepat Mengatasi Aquaplaning di Jalan Tol 

Sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, sebaiknya Anda ketahui apa yang dimaksud dengan aquaplaning terlebih dahulu. Aquaplaning merupakan kondisi hilangnya traksi (penapakan) dari ban mobil dengan permukaan jalan ketika melintasi permukaan jalan yang tergenang air hujan. Aquaplaning sendiri juga sering disebut dengan istilah hydroplaning. 

Aquaplaning sendiri dapat terjadi pada genangan air hujan yang tidak terlalu tinggi. Aquaplaning sendiri dapat menyebabkan permukaan ban menjadi sangat licin. Apabila mobil melaju sangat kencang, mobil akan tergelincir bahkan hingga terbalik. Agar hal tersebut tidak terjadi pada mobil Anda, mari perhatikan cara mengatasi aquaplaning seperti berikut.

1. Periksa kondisi ban secara rutin dan berkala

Sebelum berkendara jarak jauh, sebaiknya Anda memeriksa kondisi ban kendaraan Anda secara rutin dan berkala. Terutama jika Anda melintasi tol pada kondisi hujan, maka hal tersebut wajib untuk Anda lakukan. Anda bisa memeriksa tekanan udara pada ban, kedalaman alur ban, hingga tanda keausan ban agar terhindar dari aquaplaning. Jika permukaan ban sudah menipis, sebaiknya segera lakukan penggantian ban. 

2. Hindari genangan air

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari aquaplaning, Anda perlu menghindari genangan air. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengakibatkan aquaplaning tidak butuh genangan air yang terlalu tinggi. Sebab genangan air dapat membuat traksi ban pada permukaan jalan tol berkurang. 

3. Kurangi kecepatan

Langkah ketiga, Anda perlu mengurangi kecepatan kendaraan Anda di jalan tol apabila kondisi hujan sudah mulai deras. Kurangi kecepatan dengan menurunkan pedal gas secara lembut dan perlahan. Kondisi ini perlu Anda lakukan, untuk mencegah ban kehilangan traksi sehingga kendaraan mudah untuk dikendalikan. Apabila genangan air tidak terkendali, Anda bisa memegang setir dengan sigap dan lurus sehingga Anda bisa mengendalikan kendaraan dengan baik. 

4. Hindari mengerem secara mendadak

Langkah selanjutnya, Anda perlu menghindari mengerem kendaraan di jalan tol secara mendadak ketika hujan. Sebab hal tersebut berpotensi besar menyebabkan aquaplaning. Untuk menghindari mengerem kendaraan secara mendadak, alangkah baiknya Anda selalu jaga jarak aman. Jika Anda berniat untuk mengerem, sebaiknya rem secara lembut dan perlahan. 

5. Hindari panik

Jika genangan air tidak bisa Anda hindari, sebaiknya Anda jangan panik. Tetaplah tenang dan konsentrasi mengendalikan mobil. Hindari menginjak pedal gas atau rem, dan lepas semua pedal kendaraan tersebut secara perlahan. Hindari memutar setir secara cepat, sebaiknya ikuti sesuai arah pergerakan kendaraan hingga Anda mendapatkan kembali kendali atas kendaraan. Ketika kendali sudah Anda dapatkan, barulah Anda injak pedal rem secara perlahan.

Penyebab Aquaplaning di Jalan Tol

Aquaplaning pada jalan tol dapat terjadi diakibatkan oleh beberapa hal. Mulai dari kondisi ban yang sudah aus, genangan air, bobot kendaraan yang ringan, dan kecepatan yang terlalu tinggi. 

Demikian ulasan mengenai solusi yang tepat menghadapi aquaplaning di jalan tol yang perlu Anda ketahui. Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat mencegah aquaplaning dengan cara melakukan servis kendaraan secara rutin dan berkala di bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku