Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Mengenal Brake Pad Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya
21 Maret 2023
Mengenal Brake Pad Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

Di dalam sistem pengereman mobil terdapat beberapa komponen penting, salah satunya brake pad. Lantas apa yang dimaksud dengan komponen tersebut? Brake pad adalah nama lain dari brake shoe. Yaitu salah satu komponen rem cakram mobil yang berperan penting terhadap keberhasilan pengereman mobil. Jika Anda penasaran dengan komponen tersebut, Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini.

Sekilas Mengenai Brake Pad Mobil

Brake pad mobil adalah komponen mobil yang berperan penting dalam kinerja sistem pengereman mobil. Komponen yang satu ini termasuk dari bagian komponen rem cakram mobil. Di Indonesia sendiri, ada beberapa istilah lain dalam penamaan brake pad. Ada beberapa orang yang menyebutnya dengan istilah brake shoe. Dan ada yang juga menyebutnya dengan istilah kampas rem cakram. 

Fungsi Brake Pad

Ada beberapa fungsi dari brake pad yang perlu Anda ketahui. Berikut fungsi selengkapnya. 

1. Membantu keberhasilan dari proses pengereman mobil

Brake pad memiliki fungsi menekan bagian disc brake atau piringan cakram. Komponen ini akan menghambat rotasi rem cakram agar rotasi putaran tersebut terhenti. Untuk menghentikan hal tersebut, brake pad akan memproduksi daya gesek.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa brake pad berfungsi untuk menghentikan laju kecepatan mobil ketika mobil di rem meskipun di rem secara mendadak. Brake pad akan membuat proses pengereman mobil Anda berfungsi dengan sempurna dan tidak selip. 

2. Memudahkan proses melewati jalanan yang penuh dengan tanjakan atau turunan

Ketika Anda melewati jalanan dengan medan yang cukup ekstrem dengan banyak tanjakan atau turunan. Anda memerlukan bantuan brake pad untuk menjaga keseimbangan laju mobil Anda ketika proses pengereman dilakukan. 

Cara Kerja Brake Pad

Brake pad sendiri memiliki cara kerja yang sederhana, dan saling berkaitan dengan kinerja komponen sistem pengereman mobil lainnya. Cara kerja brake pad mobil ini dimulai dari proses ketika Anda hendak melakukan pengereman mobil guna mengurangi kecepatan laju mobil.

Ketika Anda menginjak pedal rem, maka bagian master silinder akan menghasilkan tekanan hidrolis. Tekanan tersebut nantinya akan diteruskan kebagian piston brake. Dengan begitu bagian piston brake akan mengirimkan perintah ke bagian brake pad untuk segera memberikan tekanan ke bagian disc brake. 

Seperti diketahui bagian disc brake merupakan komponen yang terhubung dengan bagian roda mobil. Apabila roda bergerak maka secara otomatis bagian disc brake juga bergerak mengikuti gerakan roda. Disc brake sendiri terbuat dari material bahan besi, sehingga bisa melepaskan energi panas yang dihasilkan dari daya gesek brake pad lebih cepat. 

Pada proses tersebut, komponen brake fluid berfungsi sebagai pelumas brake pad sehingga daya tekan yang dihasilkan lebih kuat, Dengan begitu, putaran disc brake bisa dicegah sehingga roda mobil juga berhenti. 

Baca Juga: Komponen Rem Tromol Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

Demikian cara kerja dari brake pad yang perlu Anda ketahui. Dilihat dari fungsi dan cara kerja di atas yang begitu penting, kondisi brake pad harus segera diperhatikan. Segera lakukan penggantian komponen ini apabila rem mobil dirasa kurang pakem, pedal rem dirasa kurang dalam, volume minyak rem berkurang, dan jarak tempuh mobil sudah mencapai 60.000 km. 

Jangan lupa lakukan penggantian di bengkel Daihatsu terdekat, karena bengkel Daihtasu menjual sparparts mobil yang asli sehingga terjamin kualitas dan mutunya. Selain itu, mekanik di bengkel Daihatsu sudah memiliki jam terbang yang tinggi dan kompeten sehingga performa mobil menjadi maksimal ketika digunakan ketika bermanuver. 

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku