Logo Daihatsu
Menu

Menikmati Virtual Tour Indonesia

Family

2021-01-13

virtual tour

Virtual tour Indonesia adalah cara menikmati tempat-tempat ikonik di Indonesia tanpa harus mengunjunginya langsung. Apalagi di masa pandemi seperti ini hal-hal yang kurang mendesak dianjurkan untuk ditunda terlebih dahulu.

Untuk Sahabat yang ingin sekali mengunjungi banyak tempat bagus di Indonesia, Sahabat bisa mencoba menikmatinya lewat Virtual Tour Indonesia yang sudah dibuat oleh beberapa website. Berikut ini adalah beberapa website yang Sahabat bisa menikmati virtual tour Indonesia.

Menggunakan Indonesia Virtual Tour

Bagi Sahabat yang punya ponsel Android, Sahabat bisa mengunduh aplikasi virtual tour di Play Store. Sahabat bisa mencari dengan kata kunci “indonesia virtual tour”. Lalu instal aplikasi Indonesia Virtual Tour yang memiliki logo seperti huruf V tertutup menyerupai segitiga terbaik berwarna kuning.

Pastikan Sahabat memiliki koneksi internet yang cukup cepat untuk menikmati virtual tour ini. Pasalnya memang gambar yang dimuat untuk virtual tour ini memiliki resolusi yang tinggi.

Setelah Sahabat instal aplikasinya, buka, dan tunggu hingga gambar selesai dimuat. Sahabat bisa memilih lokasi mana yang akan Sahabat lihat virtual tour-nya. Sahabat bisa menggerakkan ponsel Sahabat ke kanan dan ke kiri. Seakan-akan Sahabat menoleh ke kanan dan ke kiri.

Sebenarnya Sahabat bisa menggunakan Google Cardboard untuk mendapatkan pengalaman yang lebih imersif. Beberapa orang membuat cardboard-nya sendiri dari kardus bekas.

Lokasi yang didukung oleh Indonesia Virtual Tour antara lain: Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Sumur Upas dan Candi Kedaton, Kolam Segaran, Candi Gentong, Candi Tikus, Situs Lantai Segi Enam, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang, Planetarium Jakarta, Museum Sumpah Pemuda, dan banyak lagi lainnya.

Menggunakan Indonesia.Travel

Selain menggunakan Indonesia Virtual Tour, Sahabat bisa menggunakan Indonesia.Travel. Kelebihan menggunakan Indonesia.Travel ini adalah lebih banyak tempat yang bisa dieksplorasi virtual tour-nya.

Sahabat juga bisa menggunakan Google Cardboard dan Google VR untuk menikmati virtual tour yang ada di Indonesia.Travel. Ada beberapa tempat yang disediakan untuk dieksplorasi, antara lain: Aling-Aling Waterfall Bali, Moonlight Kitchen & Bar Bali, Baluran National Park Banyuwangi, Gunung Batur Bali, Beachwalk Shopping Center Bali, Treasure Bay Crystal Lagoon Bintan, Pindul Cave Yogyakarta, Kawah Ijen Banyuwangi, Sam Poo Kong Temple Semarang, dan banyak lagi lainnya.

Menggunakan Virtual Tour dari iHeritage.ID

Jika sebelumnya lebih banyak mengulik lokasi wisata di Indonesia, Sahabat bisa melihat isi museum di Indonesia dengan bantuan virtual tour dari iHeritage.ID. Ada beberapa museum yang sudah dipublikasikan virtual tour 360-nya di iHeritage.ID.

Beberapa museum yang sudah ada virtual tour-nya adalah Museum Kepresidenan RI, Museum Nasional RI, Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Museum Maritim Indonesia, Museum Sri Baduga, dan Museum Bank Indonesia. Sahabat bisa mencobanya dengan mengunjungi tautan https://www.iheritage.id/public/vr-tour.

Menggunakan Jasa Virtual Tour Indonesia menggunakan Zoom

Selain menggunakan tiga cara yang sudah disebutkan di atas, Sahabat bisa menggunakan jasa virtual tour Indonesia yang berbayar. Sejak musim pandemi seperti ini banyak sekali jasa-jasa unik seperti jasa virtual tour Indonesia menggunakan Zoom.

Baca juga : Beberapa Cara Membuat Virtual Tour 360

Bagaimana cara menikmatinya? Sahabat perlu membayar biayanya, lalu pihak penyedia akan memberikan jadwal virtual tour live. Mereka bekerja secara tim yah. Ada yang bertugas sebagai host virtual tour, ada juga yang bertugas untuk menjawab pertanyaan via chat, dan ada yang bertugas teknis lainnya. Rasanya memang virtual tour melalui Zoom ini memang menyenangkan karena live dan Sahabat bisa me-request jalan ke mana atau penasaran dengan bagian mana. Berbeda dengan virtual tour statis yang tidak bisa sangat detail.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Rekomendasi Restoran Vegetarian di Jakarta

2021-03-15

Berkomitmen untuk menjalani pola makan sehat bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika memilih untuk menerapkan pola makan vegetarian. 

thumbnail

7 Tanda Pria Serius dalam Hubungan Jarak Jauh

2021-03-12

Hubungan jarak jauh sering kali identik dengan kelangsungan hubungan yang tidak langgeng. Ya, jarak memang sering kali menjadi tantangan bagi pasangan yang masih berpaca

thumbnail

Begini Cara Mudah Mencari Kerja Online

2020-12-16

Cara mencari kerja online adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang di masa pandemi seperti ini. Pasalnya, banyak sekali pengurangan tenaga kerja dan  penguranga

thumbnail

Tips Menjadi Vegetarian untuk Pemula

2021-05-28

Vegetarian adalah pola makan dengan menghindari hormon yang terdapat pada makanan dari unsur hewani maupun turunannya. Namun jika dikelompokkan, vegetarian terbagi atas