Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Mobil Macet di Rel Kereta Api, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
15 Desember 2020
mobil macet di rel kereta api

Sahabat sering mendengar kasus kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api? Mobil macet di rel kereta api merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi bahkan tak jarang menelan korban jiwa. 

Kejadian ini tentu menjadi momok menakutkan bagi pengendara yang hendak melintas di rel kereta api. Penyebab dari kecelakaan ini sering kali diduga mobil tiba-tiba mogok saat melintas rel kereta api akibat adanya medan magnet pada rel kereta api, benarkah? 

Menurut Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), di rel kereta terdapat emisi elektromagnetik. Artinya ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang. Kabel tersebut dikatakan tidak kompatibel dengan mesin mobil. 

Terlebih jika kereta api hendak melintas di sekitar jarak 600 meter, arus listrik tersebut kemudian menghantarkan medan magnet yang tinggi. Medan magnet tersebut yang membuat putaran mesin mobil tiba-tiba mati saat melintas di atas rel kereta api. 

Logikanya ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas. Paparan dari emisi tersebut yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati. Dalam hal ini Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, akhirnya mobil macet dan kecelakaan pun tak bisa dihindari. 

Sementara itu, PT KAI berargumen bahwa penyebab dari mobil macet di atas rel kereta api disebabkan oleh medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api bahkan dalam radius satu kilometer. Itulah alasannya petugas menutup palang pintu bahkan ketika kereta belum terlihat. 

Biasanya kendaraan yang melintas di atas rel dengan kecepatan rendah. Saat pengendara tidak memindahkan gigi mesin ke putaran yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo dan koil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif. 

Kemudian ada faktor lain yang membuat mobil macet saat melintas di rel kereta yaitu faktor psikis. Kondisi ini membuat pengendara panik dan tidak bisa berpikir jernih. 

Siapapun yang terjebak pada kondisi ini pasti histeris dan ketakutan. Terlebih pada mobil dengan transmisi manual, perpindahan kopling dan gas akibat panik jadi tidak stabil dan membuat mesin mobil mati dan sulit dinyalakan. 

Cara mengatasi mobil mati saat melintas di rel kereta api 

Terjebak dalam kondisi ini butuh pemikiran yang tenang dan jernih. Usahakan jangan panik, karena ada cara mengatasi mesin mobil mati saat melintas di rel kereta api. 

Disampaikan Dolf Valentino, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta kepada awak media, jika mobil macet di perlintasan rel kereta api, sebaiknya terus menerus membunyikan klakson dan starter mobil. 

Berdasarkan pengalaman para ahli, cara ini dapat memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitarnya. Segera meninggalkan mobil jika dalam kondisi darurat serta jauhi perlintasan rel kereta api demi keselamatan. 

Tips aman melintas di rel kereta api 

Nggak mau mobil macet saat melintas di rel kereta api? Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kondisi tersebut. 

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah patuhi rambu-rambu yang ada. Jangan nekat menerobos palang pintu karena sama saja dengan menjemput maut. 

Kemudian ketika kereta api hendak dan setelah melintas, rel kereta masih berpotensi menghantarkan emisi elektromagnetik. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, emisi itu ada pada rel kereta bahkan dalam jarak 600 meter. Untuk itu, gunakan kecepatan rendah saat berkendara. 

Melintas perlahan dapat mencegah mesin mobil mati tiba-tiba. Selalu beri jarak aman ketika berkendara dan bersabarlah sedikit saat menunggu kereta api melintas sampai sirine palang pintu dimatikan. 

Demikian informasi yang perlu Sahabat tahu soal mobil macet di rel kereta api. Semoga bermanfaat dan patuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan. 

Baca juga : Penting, Tips Macet di Tanjakan

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor