Logo Daihatsu
Menu

Mobil Macet di Rel Kereta Api, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2020-12-15

mobil macet di rel kereta api

Sahabat sering mendengar kasus kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api? Mobil macet di rel kereta api merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi bahkan tak jarang menelan korban jiwa. 

Kejadian ini tentu menjadi momok menakutkan bagi pengendara yang hendak melintas di rel kereta api. Penyebab dari kecelakaan ini sering kali diduga mobil tiba-tiba mogok saat melintas rel kereta api akibat adanya medan magnet pada rel kereta api, benarkah? 

Menurut Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), di rel kereta terdapat emisi elektromagnetik. Artinya ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang. Kabel tersebut dikatakan tidak kompatibel dengan mesin mobil. 

Terlebih jika kereta api hendak melintas di sekitar jarak 600 meter, arus listrik tersebut kemudian menghantarkan medan magnet yang tinggi. Medan magnet tersebut yang membuat putaran mesin mobil tiba-tiba mati saat melintas di atas rel kereta api. 

Logikanya ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas. Paparan dari emisi tersebut yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati. Dalam hal ini Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, akhirnya mobil macet dan kecelakaan pun tak bisa dihindari. 

Sementara itu, PT KAI berargumen bahwa penyebab dari mobil macet di atas rel kereta api disebabkan oleh medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api bahkan dalam radius satu kilometer. Itulah alasannya petugas menutup palang pintu bahkan ketika kereta belum terlihat. 

Biasanya kendaraan yang melintas di atas rel dengan kecepatan rendah. Saat pengendara tidak memindahkan gigi mesin ke putaran yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo dan koil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif. 

Kemudian ada faktor lain yang membuat mobil macet saat melintas di rel kereta yaitu faktor psikis. Kondisi ini membuat pengendara panik dan tidak bisa berpikir jernih. 

Siapapun yang terjebak pada kondisi ini pasti histeris dan ketakutan. Terlebih pada mobil dengan transmisi manual, perpindahan kopling dan gas akibat panik jadi tidak stabil dan membuat mesin mobil mati dan sulit dinyalakan. 

Cara mengatasi mobil mati saat melintas di rel kereta api 

Terjebak dalam kondisi ini butuh pemikiran yang tenang dan jernih. Usahakan jangan panik, karena ada cara mengatasi mesin mobil mati saat melintas di rel kereta api. 

Disampaikan Dolf Valentino, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta kepada awak media, jika mobil macet di perlintasan rel kereta api, sebaiknya terus menerus membunyikan klakson dan starter mobil. 

Berdasarkan pengalaman para ahli, cara ini dapat memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitarnya. Segera meninggalkan mobil jika dalam kondisi darurat serta jauhi perlintasan rel kereta api demi keselamatan. 

Tips aman melintas di rel kereta api 

Nggak mau mobil macet saat melintas di rel kereta api? Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kondisi tersebut. 

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah patuhi rambu-rambu yang ada. Jangan nekat menerobos palang pintu karena sama saja dengan menjemput maut. 

Kemudian ketika kereta api hendak dan setelah melintas, rel kereta masih berpotensi menghantarkan emisi elektromagnetik. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, emisi itu ada pada rel kereta bahkan dalam jarak 600 meter. Untuk itu, gunakan kecepatan rendah saat berkendara. 

Melintas perlahan dapat mencegah mesin mobil mati tiba-tiba. Selalu beri jarak aman ketika berkendara dan bersabarlah sedikit saat menunggu kereta api melintas sampai sirine palang pintu dimatikan. 

Demikian informasi yang perlu Sahabat tahu soal mobil macet di rel kereta api. Semoga bermanfaat dan patuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan. 

Baca juga : Penting, Tips Macet di Tanjakan


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Serba-Serbi Oli Mobil, Mulai dari Jenis hingga Beberapa Rekomendasinya

2020-11-21

Oli mobil merupakan salah satu komponen penting dalam suatu mobil. Ada banyak fungsi oli pada suatu mobil. Melumas, melindungi, dan membersihkan mesin adalah beberapa di antaranya.Oli mobil

thumbnail

Mengenal Engine Mounting: Mulai dari Fungsi Sampai Cara Menggantinya

2021-02-05

Salah satu komponen penting yang ada pada mesin mobil adalah engine mounting. Komponen satu ini sangat penting lantaran kemampuannya yang mampu menahan getaran mesin. De

thumbnail

Daftar Harga Mobil Bekas Daihatsu Dibawah 50 Juta, Yuk Cek!

2023-03-08

Hingga saat ini, mobil bekas Daihatsu dengan harga dibawah 50 juta merupakan salah satu pilihan mobil yang punya banyak penggemar. Daihatsu adalah salah satu produsen mobil terbesar di Indon

thumbnail

Mengenal Sejarah, Spek, dan Keunggulan Daihatsu Charade Beserta Harganya

2021-03-15

Daihatsu merupakan salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang bisa diandalkan. Selain harganya yang terjangkau, Daihatsu juga dikenal sebagai produsen mobil mungil sejak