Logo Daihatsu
Menu

Pahami Arti Warna Kabel Acc pada Kontak Mobil

Otomotif

2022-12-29

Pahami Arti Warna Kabel Acc pada Kontak Mobil

Kabel acc merupakan kabel remote yang terpasang pada tape mobil. Dengan adanya kabel acc di tape mobil, lagu hingga radio bisa Anda putar. Mengingat warna kabel acc kontak mobil yang beragam, tentu membuat Anda penasaran mengenai artinya. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai arti warna kabel acc. Berikut arti selengkapnya.

Arti Warna Kabel Acc pada Kontak Mobil

Berikut arti dari beberapa warna kabel acc yang terdapat pada kontak mobil.

1. Warna merah

Warna kabel acc merah pada kontak mobil (+) memiliki arti bahwa kabel tersebut memiliki arus listrik sebesar 12 Volt. Untuk mengalirkan arus listrik tersebut, harus ada kontak antara arus utama dengan kunci kontak. 

2. Warna kuning

Untuk warna kuning (+), kabel acc memiliki daya sebesar 12 Volt, berfungsi sebagai back up (penghubung arus secara langsung) dari radio menuju baterai. 

3. Warna putih

Untuk kabel acc dengan warna putih (+) memiliki arti kabel speaker.

4. Warna hitam

Untuk kabel acc dengan warna hitam (-) memiliki arti kabel massa bodi atau ground.

5. Warna putih-hitam

Kabel acc dengan warna putih hitam (-) memiliki arti kabel speaker.

6. Warna abu-abu

Warna kabel acc abu-abu pada kontak mobil (+) memiliki arti kabel speaker.

7. Warna abu-abu hitam

Kabel acc dengan warna abu-abu hitam (-) berfungsi sebagai kabel speaker.

8. Warna ungu

Untuk kabel acc warna ungu (+) dapat diartikan sebagai kabel speaker, sama seperti kabel acc dengan warna ungu-hitam (-)

9. Warna hijau

Untuk kabel acc warna hijau (+) dan warna hijau-hitam (-) juga termasuk bagian dari kabel speaker.

10. Warna biru

Kabel acc warna biru (+), merupakan kabel remot atau power ant yang berfungsi untuk menghidupkan antena baik secara manual (harus menekan power) ataupun secara otomatis.

11. Warna oranye

Kabel acc warna oranye (+) biasanya terletak di bagian lampu dimmer atau ilium mobil, fungsinya untuk mengalirkan arus sehingga lampu tersebut menyala. 

Baca Juga : Arti Warna Kabel Kelistrikan Mobil Berdasarkan Kodenya

Fungsi Kabel Acc Kontak Mobil

Setelah, Anda memahami apa saja arti dari semua warna kabel acc kontak mobil, Anda perlu mengetahui apa fungsi kabel tersebut. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Penyalur arus listrik

Ketika Anda hendak menghidupkan audio mobil, kabel acc akan berfungsi sebagai penyalur arus listrik ke bagian terminal listrik mobil.

2. Menyalakan peralatan audio

Kabel acc kontak mobil memiliki juga berfungsi sebagai remote khusus untuk menyalakan peralatan audio yang tersemat dalam mobil, terutama power amplifier.

3. Menyalakan power antena

Selain berfungsi sebagai remote peralatan audio., kabel acc juga berfungsi sebagai remote power antena. Kabel acc akan menunjang kinerja dari power antena dalam mengirimkan sinyal suara sehingga Anda bisa mendengarkan radio, dan lagu yang Anda putar melalui AUX ataupun CD.

Sekarang Anda sudah lebih memahami fungsi, dan arti kode warna dari kabel acc mobil. Jika terjadi kerusakan pada kabel tersebut, Anda tidak disarankan untuk membongkarnya sendiri.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen audio lainnya. Bahkan kondisi tersebut, dapat menyebabkan tape mobil mati total sehingga harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. 

Oleh karena itu, Anda perlu bantuan teknisi ahli ketika ada kerusakan pada kabel acc, agar peralatan audio dan komponen lainnya tetap awet. Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat untuk penggantian kabel acc yang rusak. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Mengubah Rem Tromol Mobil Jadi Rem Cakram dan Tips Perawatannya

2021-12-20

Ubah rem tromol mobil jadi rem cakram bisa Anda lakukan tentunya dengan bantuan mekanik ahli. Sebab mereka lebih paham prosesnya. Sebenarnya setiap prod

thumbnail

Rekomendasi Merk Cat Anti Karat Mobil untuk Melindungi Mobil Sahabat dari Karat

2021-01-29

Cat anti karat mobil adalah benda yang bisa bikin tampilan mobil Sahabat bebas dari karat. Untungnya, sekarang sudah banyak merk cat anti karat mobil yang beredar di pas

thumbnail

Cara Mudah Melepas Sabuk Pengaman Mobil Yang Benar

2022-08-01

Meskipun terbilang mudah cara melepas dan memasang sabuk pengaman mobil, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Sabuk pengaman diciptakan untuk keamanan pengemudi dan penumpang  mobil a

thumbnail

Alasan Kenapa Kredit Mobil Bekas Lebih Mahal, Ternyata Tidak Lebih Menguntungkan

2021-01-29

Tidak selamanya membeli mobil bekas memiliki harga murah loh, Sahabat. Ada beberapa kasus jual-beli mobil bekas justru tidak lebih menguntungkan ketimbang membeli mobil