Logo Daihatsu
Menu

Paling Bikin Kangen, Berikut 25 Makanan Khas Solo yang Ingatkan Memori Tempo Dulu

Travel

2021-01-31

25 makanan khas solo

Solo menjadi kota yang tujuan destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah. Bagaimana tidak, kota yang kental dengan adat Jawa ini juga memiliki beragam kekayaan termasuk pada sajian kulinernya. Berikut akan dikutip 25 makanan khas Solo, yang wajib Anda cicipi.

1. Selat Solo

Selat adalah makanan khas Solo yang mendapatkan akulturasi oleh budaya Eropa. Orang Eropa menyebut penganan ini dengan nama Salad, namun karena lidah warga Solo kental dengan aksen Jawa maka namanya berubah menjadi Selat. 

Selat sendiri merupakan kudapan khas Solo yang terdiri dari potongan steak, kentang, wortel, kubis, dan kuah semur.

2. Soto Kwali

Soto merupakan penganan khas Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah tanah air. Di Kota Solo, terdapat kudapan soto versi daerah tersebut. Soto ini dimasak dengan menggunakan kuali tanah liat, sehingga aromanya lebih khas dan mantap.

3. Serabi

Tak hanya makanan berat, Solo juga mempunyai sajian kuliner tempo dulu yang wajib dijajal yakni Serabi. 

Meski di zaman yang serba modern ini, kue serabi tak lekang oleh waktu dan mudah ditemui di berbagai tempat. Serabi sendiri terbuat dari tepung beras, garam, dan pandan.

4. Tahu Kupat

Jika ketupat identik dengan makanan yang disajikan saat lebaran, di Solo Anda bisa temukan kuliner ini kapan saja. Tahu Kupat sendiri termasuk dalam 25 makanan khas Solo yang terdiri dari banyak bahan seperti ketupat, tahu putih, kol, tauge, dan kuah kecap manis segar. 

5. Bakso Solo

Bakso Solo juga merupakan kuliner yang wajib Anda jajal. Bahan utama pembuatannya menggunakan daging sapi berkualitas dan berpadu dengan kuah segar yang gurih. Sajian Bakso Solo ini bisa Anda temukan dengan mudah di seluruh penjuru Kota Solo.

6. Tengkleng Kambing

Sepintas kuliner khas Solo ini terlihat seperti gulai kambing biasa. Akan tetapi, Tengkleng Kambing ini memiliki kuah yang lebih cair. 

Kuliner ini juga disajikan dengan cara yang unik, yakni dengan menggunakan pincuk atau daun pisang sebagai alasnya.

7. Sego Liwet

Berjalan jalan ke Kota Solo, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi Nasi Liwet. Berbeda dengan nasi pada umumnya, Nasi Liwet ini dibuat dari rempah rempah sehingga rasanya sangat gurih. 

Nasi yang gurih dan nikmat semakin lengkap ketika disajikan dengan lauk pauk mulai dari daging, ayam, opor, telur, dan santan.

8. Timlo Solo

Timlo adalah makanan khas Solo yang paling legendaris dan wajib Anda coba. Timlo merupakan makanan yang menyerupai sup daging dengan irisan ayam, sosis, dan telur. 

Salah satu sajian 25 makanan khas Solo yang legendaris ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah, yakni sekitar 7 ribuan saja.

9. Sate Buntel

Sebenarnya Sate Buntel adalah kuliner yang bisa ditemui di berbagai daerah. Namun yang menjadi pembeda Sate Buntel Solo dengan lainnya adalah proses pembuatannya. Sate Buntel khas Solo dibakar dengan balutan lemak kambing yang menghasilkan rasa lebih gurih.

10. Gudeg Ceker

Tak hanya Jogja yang memiliki sajian otentik berupa Gudeg, Solo juga memiliki kudapan Gudeg Ceker yang tak kalah lezat. Harganya pun sangat murah, yakni sekitar 4 ribuan hingga 25 ribuan saja per porsinya.

11. Tahok

Tahok adalah kuliner tempo dulu yang telah mengalami akulturasi budaya. Tahok atau kembang tahu memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Kuliner legendaris ini bisa Anda dapatkan di berbagai wilayah Kota Solo dengan sangat mudah. 

12. Pecel Solo

Pecel Solo menggunakan berbagai macam sayuran yang mungkin tidak dapat Anda jumpai di daerah lain. Adapun sayuran yang digunakan mulai dari Kenikir, Bunga Turi Putih, Jantung Pisang, dan masih banyak lagi. 

13. Soto Gading

Jika tadi ada Soto Kwali, ada satu lagi kuliner yang masuk dalam 25 makanan khas Solo dan wajib Anda cicipi yakni Soto Gading. Soto ini terbuat dari kaldu kental yang sangat khas. Untuk harganya, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 15 ribuan saja. 

14. Brambang  Asem

Brambang Asem juga merupakan kuliner tempo dulu yang masih dijual di beberapa sudut Kota Solo. Makanan ini terbuat dari ubi jalar yang ditambah dengan bawang merah pedas.

15. Lenjongan

Makanan tradisional ini sebenarnya adalah gabungan dari beberapa cemilan seperti Tiwul, Getuk, Cenil, Sawut, dan Klepon.

Baca juga: 5 Tempat Makan Unik di Solo dengan Dekorasi Cantik dan Menu Lezat

16. Es Gempol Pleret

Bagi Anda yang sedang mencari minuman pemuas dahaga, maka wajib mencicipi Es Gempol Pleret. Penganan ini terbuat dari tepung beras dan cendol dawet yang dimasak dengan daun pAndan hijau.

17. Intip Solo

Selagi menapakkan kaki di Solo, maka jangan lewatkan makanan tempo dulu yang satu ini. Intip dibuat dari kerak nasi yang dikeringkan dan digoreng. Rasanya begitu khas karena penambahan bumbu rempah dan terasi.

18. Bakmi Solo

Tak hanya bakso, Bakmi Solo juga merupakan penganan yang wajib Anda jajal. Bakmi ini lengkap disajikan dengan jeroan, ati, ampela, dan lain lain.

19. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak juga termasuk 25 makanan khas Solo yang sudah ada sejak dahulu. Campuran ketupat dan sambal wijen menciptakan perpaduan gurih dan lezat di mulut.

20. Wedangan Solo

Jika di Jogja mempunyai angkringan, maka di Solo disebut dengan Wedangan. Wedangan adalah wisata kuliner yang menjual berbagai makanan unik yang sudah ada sejak dulu.

21. Ampyang

Ampyang adalah jajanan tradisional khas Solo yang bisa dijadikan oleh oleh. Dari bentuknya, makanan ini terlihat seperti keripik dengan rasa manis dan aroma jahe yang kuat.

22. Bubur Tumpang

Bagi Anda yang mencari kuliner Solo untuk sarapan, maka bisa mencicipi Bubur Tumpang. Bubur ini semakin lengkap dengan bubuhan sambal di atasnya. 

23. Brem Solo

Brem termasuk jajanan tempo dulu yang masih di jual di beberapa toko oleh oleh Kota Solo. Brem dijual dengan kemasan tertentu dengan harga yang sangat murah.

24. Aneka Wedang

Wedang adalah minuman tradisional khas Solo yang memiliki banyak macam dan jenis. Pada dasarnya, wedang terbuat dari rebusan jahe yang ditambahkan gula, wijen, kolang kaling, dan kacang tanah.

25. Es Dawet Telasih

Puas mencicipi makanan berat legendaris Solo, kini saatnya melepas dahaga dengan mencicipi Es Dawet Telasih. 

Sesuai dengan namanya, minuman yang ada dalam daftar 25 makanan khas Solo ini terbuat dari dawet yang dicampur dengan selasih. Harganya pun murah, yakni sekitar 8 ribuan per porsi. 

Baca juga: 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tak Boleh Dilewatkan, Berikut 25 Makanan Khas Lampung yang Super Lezat

2021-01-31

Berbincang mengenai hidangan tradisional nusantara memang tak pernah ada habisnya. Pastinya di setiap daerah terdapat makanan khas, salah satunya di Lampung. 

thumbnail

5 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah yang Wajib Anda Ketahui

2021-08-08

Ketika merencanakan liburan ada banyak sekali hal yang harus Anda persiapkan, salah satunya kendaraan. Jika Anda berencana untuk pergi liburan ketempat yang jauh, maka A

thumbnail

Mengecap Lezatnya 20 Makanan Khas Riau

2021-01-31

Bertandang ke Riau tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas asalnya. Hidangan Riau memiliki berbagai jenis olahan yang bisa dicicipi, mulai dari sup, makana

thumbnail

5 Tips Backpacker Sendirian: Me Time Sekaligus Holiday!

2020-11-20

Meskipun pada awalnya backpacker identik dengan perjalanan independen yang benar-benar dilakukan seorang diri, tetapi kini banyak backpacker yang melakukan perjalanan secara bergerombol bahkan satu