Logo Daihatsu
Menu

Pantai Ratu, Pantai Baru yang Indah dari Desa Tenilo

Travel

2021-01-21

pantai ratu

Bagi yang ingin berkunjung ke pantai yang tergolong baru, Pantai Ratu bisa menjadi pilihan. Pantai yang baru diresmikan pada 2019 ini menawarkan panorama yang tak kalah indah. Baik dari panorama pantai maupun panorama lautnya.

Tak cuma itu, Pantai Ratu pun juga memberi kesempatan pada Sahabat untuk bisa melakukan sejumlah kegiatan wisata. Pada artikel ini, kami bakal memberikan beberapa informasi penting soal pantai yang tergolong baru itu. Beberapa informasi tersebut bisa langsung dibahas di bawah ini!

Singkatan dari Nama Kepala Desa dan Istrinya

Nama Ratu pada pantai satu ini rupanya merupakan singkatan dari Rafflin Bia dan Tuti Datau. Rafflin Bia merupakan kepala Desa Tenilo, sedangkan Tuti Datau adalah istrinya. Rafflin Bia sendiri memang punya jasa besar dalam pengelolaan Pantai Ratu.

Mulanya Hanya Pinggiran Pantai Biasa

Sebelum menjadi tempat wisata pantai seperti sekarang, Pantai Ratu mulanya hanya pinggiran pantai biasa. Atas inisiatif warga Desa Tenilo, pinggiran pantai itu pun disulap menjadi Pantai Ratu. Perubahan tersebut tak lepas dari adanya potensi wisata dibalik pinggiran pantai itu.

Biaya pembangunan dan pengelolaan Pantai Ratu sendiri berasal dari dana desa. Sampai sejauh ini, pengelola utama Pantai Ratu adalah masyarakat Desa Tenilo itu sendiri. 

Kedepannya, masyarakat akan menerapkan retribusi khusus dari pengunjung, guna menambah sumber dana mereka. Pantai Ratu sendiri mulai populer di kalangan wisatawan setelah warga Desa Tenilo mengunggah foto pantai tersebut di Facebook.

Daya Tarik dan Aktivitas di Pantai Ratu

Daya tarik utama Pantai Ratu adalah pasir pantainya yang putih, serta air lautnya yang jernih. Selain jernih, air lautnya juga tenang. Sahabat bisa berenang atau sekadar bermain air di sana.

Sahabat juga bisa menyewa perahu yang tersedia di sini, jika ingin mengitari laut di pantai ini. Masih banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Ratu. Mulai dari berfoto ria sampai bermain ayunan.

Kalau Sahabat ingin berada di Pantai Ratu dalam waktu lama, Sahabat bisa berkemah di sekitar bibir pantai tersebut. Berkemah di Pantai Ratu sendiri bakal membuat Sahabat bisa bermalam sambil memandangi panorama laut di waktu malam.

Fasilitas di Pantai Ratu

Walau tergolong baru, Pantai Ratu punya fasilitas cukup mumpuni. Salah satunya adalah cottage seluas 4 x 6 meter yang bisa disewa. Terutama, jika Sahabat hendak bermalam di Pantai Ratu.

Adapula fasilitas gazebo yang bisa dipakai untuk sekadar melepas lelah. Jika tengah lapar, Sahabat bisa datang ke para penjaja seafood di sekitaran pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Ratu

Pantai Ratu terletak persis di Desa Tenilo, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Sahabat bisa memulai perjalanan ke pantai ini langsung dari arah Gorontalo. Untuk transportasi, kami menyarankan Sahabat untuk menaiki kendaraan roda empat, khususnya mobil. 

Selama di perjalanan, Sahabat akan melewati beberapa daerah. Salah satunya adalah Desa Pangi yang ada di Kabupaten Dulupi. Durasi perjalanan menuju ke Pantai Ratu sendiri tidaklah lama, yakni 60 menit saja.

Mayoritas jalan yang akan Sahabat lewati nanti adalah jalan tanah. Jalan semacam itu cukup rawan, apalagi jika tengah dilanda hujan. Untuk menghindari dampak negatif dari jalan tersebut, kami sarankan untuk melakukan perjalanan di musim kemarau.

Baca juga : Ini 15 Tempat Wisata di Gorontalo dengan Panorama Alam Mempesona

Itulah sejumlah informasi saol Pantai Ratu. Pantai baru yang ada di Desa Tenilo, Gorontalo. Semoga bisa menjadi pedoman bagi Sahabat yang berminat piknik ke pantai tersebut.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Aplikasi Penunjuk Jalan, Pilih Waze atau Google Maps?

2020-10-28

Macet sudah jadi makanan sehari-hari bagi Sahabat yang tinggal di Jakarta. Sebagai negara dengan tingkat populasi yang tinggi, kemacetan merupakan hal yang lumrah.

thumbnail

5 Tempat Belanja Murah di Jogja, Cocok Banget buat Kantong Mahasiswa

2020-12-23

Tempat belanja murah adalah tujuan semua orang. Tidak hanya mengenai kebutuhan pokok harian, tetapi untuk barang-barang lucu, seperti hiasan rumah pun pasti Sahabat akan

thumbnail

Rekomendasi Tempat Wisata di Banten yang Menarik untuk Dikunjungi

2021-01-18

Banten bisa menjadi salah satu daerah yang cocok disambangi saat piknik nanti. Pasalnya, di sana banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk disambangi. Jika Sahabat

thumbnail

11 Tempat Wisata di NTT Ini Punya Pesona Menakjubkan

2021-01-18

Pesona alam NTT (Nusa Tenggara Timur) sebagai destinasi wisata belakangan lagi naik daun. Kalau diulik lagi, rupanya masih banyak tempat wisata lain di NTT yang tak kala