Logo Daihatsu
Menu

Pengendara Wajib Tahu! Yuk Simak Bagian-Bagian Mobil dan Fungsinya

Otomotif

2021-01-14

bagian bagian mobil dan fungsinya

Bisa dibilang sebuah kendaraan akan sulit bergerak atau dinyalakan tanpa adanya beberapa komponen di dalamnya. 

Jika salah satu bagian sengaja tidak dipasang, kemungkinan kendaraan tersebut tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Untuk itu, kenali bagian bagian mobil dan fungsinya berikut.

1. Bagian Mesin

Bagian mesin berfungsi untuk menghasilkan tenaga untuk digunakan menggerakkan kendaraan. Mesin akan mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi panas lalu diubah menjadi energi mekanik.

Perpindahan energi tersebutlah, mampu menggerakkan roda kendaraan melalui sistem pemindah gaya. 

Hebatnya lagi, pabrikan kendaraan bermotor sengaja memberikan mesin dengan berbagai bagiannya yang sangat kompleks. 

Di mana bagian tersebut memiliki fungsi dan tugas masing masing. Dalam mesin kendaraan pula terdapat beberapa sistem penyusunnya.

2. Sistem Pemindah Daya 

Bagian bagian mobil dan fungsinya yang kedua ini merupakan sistem pemindah daya atau sistem pemindah tenaga dari mesin menuju roda kendaraan. 

Bagian ini merupakan sebuah mekanisme yang dibedakan menjadi empat macam berdasarkan letaknya. Diantaranya front engine front drive, rear engine rear drive, four wheel drive, dan front engine rear drive.

Tak hanya itu saja, sistem pemindah daya atau drivetrain ini pula dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan mesinnya seperti kopling, transmisi, propeller shaft, dan differential

Sama halnya dengan mesin, sistem pemindah tenaga pula dibekali dengan beberapa komponen yang memiliki fungsi serta tugas masing masing yang sangat kompleks.

Baca juga: Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini

3. Sistem Suspensi

Selain kedua bagian yang disebutkan sebelumnya, terdapat bagian lainnya yang memiliki peranan sangat penting dalam kendaraan terutama guna kenyamanan si pengendara yakni suspensi mobil

Bisa dibilang, bagian bagian mobil dan fungsinya ini merupakan sekumpulan komponen tertentu yang diberikan tugas guna meredam kejutan, getaran yang terjadi pada mobil.

Hal ini biasa terjadi tatkala mengendarai di permukaan jalanan yang tidak rata. Sebetulnya, sistem suspensi ini berada di antara bodi atau rangka dengan roda. 

Terdapat dua jenis utama dari bagian ini yakni sistem suspensi dependen dan sistem suspensi independen. Sementara sistemnya terdiri dari pegas, peredam kejut, dan lengan suspensi.

4. Bagian Penyangga atau Bodi Mobil

Sebuah kendaraan roda empat pun membutuhkan kerangka guna menyokong berbagai komponen mesin di dalamnya. Bagian yang terdapat didalamnya yakni chasis, rangka, dan bodi. 

Chasis dimanfaatkan sebagai tempat melekatnya berbagai bagian mobil lainnya seperti suspensi, mesin, roda, transmisi, dan lain sebagainya.

5. Bagian Kelistrikan

Bagian bagian mobil dan fungsinya yang penting selanjutnya ini bertugas guna menyalurkan listrik ke berbagai mesin. 

Dikenal sebagai sumber penggerak, bagian kelistrikan ini memang digunakan guna menghasilkan bunga api pada busi. 

Di mana percikan bunga api tersebut merupakan syarat utama yang harus ada guna menggerakkan engine mobil.

Baca juga: Serba-Serbi Kelistrikan Mobil, Mulai Sistem hingga Skemanya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Transmisi Matic Bisa Slip atau Los dan Cara Mengatasi

2023-09-29

Para pemilik mobil matic sudah semestinya mengetahui penyebab dan cara mengatasi transmisi matic bisa slip atau loss. Permasalahan tersebut kerap kali terjadi secara

thumbnail

Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

2022-05-20

Memanaskan mesin mobil secara rutin

thumbnail

Begini Cara Setting Ganjil Genap di Aplikasi Waze

2020-12-11

Setting Ganjil Genap di Aplikasi Waze - Pemprov DKI Jakarta memberlakukan sistem ganjil genap di beberapa ruas jalan untuk mengurai kemacetan dan memperbaiki kondisi lalu lintas Ibu kota. Bagi Saha

thumbnail

Apa itu Plat RFS? Ini Jenis dan Aturan Penggunaannya

2024-02-22

Di tahun 2023 kemarin, plat RFS menjadi perbincangan khalayak ramai termasuk pihak Korlantas Polri. Meski banyak diperbincangkan, tidak sedikit yang mengetahui apa m