Bisa dibilang sebuah kendaraan akan sulit bergerak atau dinyalakan tanpa adanya beberapa komponen di dalamnya.
Jika salah satu bagian sengaja tidak dipasang, kemungkinan kendaraan tersebut tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Untuk itu, kenali bagian bagian mobil dan fungsinya berikut.
Bagian mesin berfungsi untuk menghasilkan tenaga untuk digunakan menggerakkan kendaraan. Mesin akan mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi panas lalu diubah menjadi energi mekanik.
Perpindahan energi tersebutlah, mampu menggerakkan roda kendaraan melalui sistem pemindah gaya.
Hebatnya lagi, pabrikan kendaraan bermotor sengaja memberikan mesin dengan berbagai bagiannya yang sangat kompleks.
Di mana bagian tersebut memiliki fungsi dan tugas masing masing. Dalam mesin kendaraan pula terdapat beberapa sistem penyusunnya.
Bagian bagian mobil dan fungsinya yang kedua ini merupakan sistem pemindah daya atau sistem pemindah tenaga dari mesin menuju roda kendaraan.
Bagian ini merupakan sebuah mekanisme yang dibedakan menjadi empat macam berdasarkan letaknya. Diantaranya front engine front drive, rear engine rear drive, four wheel drive, dan front engine rear drive.
Tak hanya itu saja, sistem pemindah daya atau drivetrain ini pula dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan mesinnya seperti kopling, transmisi, propeller shaft, dan differential.
Sama halnya dengan mesin, sistem pemindah tenaga pula dibekali dengan beberapa komponen yang memiliki fungsi serta tugas masing masing yang sangat kompleks.
Baca juga: Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini
Selain kedua bagian yang disebutkan sebelumnya, terdapat bagian lainnya yang memiliki peranan sangat penting dalam kendaraan terutama guna kenyamanan si pengendara yakni suspensi mobil.
Bisa dibilang, bagian bagian mobil dan fungsinya ini merupakan sekumpulan komponen tertentu yang diberikan tugas guna meredam kejutan, getaran yang terjadi pada mobil.
Hal ini biasa terjadi tatkala mengendarai di permukaan jalanan yang tidak rata. Sebetulnya, sistem suspensi ini berada di antara bodi atau rangka dengan roda.
Terdapat dua jenis utama dari bagian ini yakni sistem suspensi dependen dan sistem suspensi independen. Sementara sistemnya terdiri dari pegas, peredam kejut, dan lengan suspensi.
Sebuah kendaraan roda empat pun membutuhkan kerangka guna menyokong berbagai komponen mesin di dalamnya. Bagian yang terdapat didalamnya yakni chasis, rangka, dan bodi.
Chasis dimanfaatkan sebagai tempat melekatnya berbagai bagian mobil lainnya seperti suspensi, mesin, roda, transmisi, dan lain sebagainya.
Bagian bagian mobil dan fungsinya yang penting selanjutnya ini bertugas guna menyalurkan listrik ke berbagai mesin.
Dikenal sebagai sumber penggerak, bagian kelistrikan ini memang digunakan guna menghasilkan bunga api pada busi.
Di mana percikan bunga api tersebut merupakan syarat utama yang harus ada guna menggerakkan engine mobil.
Baca juga: Serba-Serbi Kelistrikan Mobil, Mulai Sistem hingga Skemanya