Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci & Solusinya

Otomotif

2022-10-21

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci & Solusinya

Masalah alarm mobil tidak bunyi saat dikunci membuat tingkat pencurian mobil termasuk pencurian barang di dalam mobil beberapa tahun belakangan semakin meningkat. Maka dari itu membuat alarm mobil menjadi aksesori yang wajib dimiliki.

Alarm mobil terbukti ampuh mengurangi persentase tindakan pencurian yang terjadi di tengah masyarakat. Biasanya ketika Anda hendak mengunci mobil, alarm mobil akan bunyi bila mobil telah terkunci dengan tepat.

Namun, bagaimana jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci? Apa saja penyebabnya, dan bagaimana solusinya? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda, perhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci 

Apa penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci? berikut beberapa penyebabnya :

1. Daya Baterai Central Lock Sudah Mulai Habis

Ketika kondisi alarm mobil tidak bunyi, Anda jangan langsung panik. Anda bisa mengecek terlebih dahulu bagian baterai central lock.

Berkurangnya daya baterai atau baterai habis terjadi akibat sering menggunakan remote alarm. Habisnya baterai tersebut menjadi kemungkinan terbesar penyebab alarm mobil tidak berbunyi ketika dikunci.

2. Mobil Dalam Mode Valet

Tahukah Anda bahwa alarm mobil juga memiliki fitur mode silent dan unsilent. Mode ini biasanya sering digunakan saat mobil ingin memanfaatkan layanan parkir valet. Layanan tersebut biasanya digunakan oleh layanan parkir di mall, restoran, hotel, atau tempat umum lainnya. 

Jika Anda menggunakan layanan parkir valet, mau tidak mau Anda harus melonggarkan sistem keamanan mobil Anda. Layanan parkir valet mengharuskan mobil Anda dikendarai oleh petugas parkir beberapa waktu hingga mobil selesai diparkir. Alarm mobil Anda tidak bunyi ketika dikunci bisa saja karena Anda lupa mengubah mode valet menjadi mode normal.

3. Adanya Kerusakan pada Sistem Alarm Mobil

Remote mobil tidak berfungsi setelah ganti baterai? Biasanya hal ini bisa saja terjadi karena adanya kerusakan pada sistem alarm mobil. Biasanya kerusakan yang mengakibatkan alarm mobil tidak bunyi, terjadi pada bagian sirine atau modul alarm. 

Baca Juga : 3 Cara Mematikan Alarm Mobil Yang Bunyi Terus

Solusi Menghadapi Kondisi Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Berikut beberapa solusi cerdas yang bisa Anda contoh ketika menghadapi kondisi alarm mobil tidak bunyi ketika dikunci.

1. Ganti baterai central lock dengan yang baru

Cara agar alarm mobil berbunyi yang pertama adalah Anda bisa melakukan dengan mengganti baterai central lock yang sudah habis dengan baterai yang baru. 

2. Ubah mode valet alarm mobil menjadi mode normal

Sebagai manusia, lupa adalah hal yang wajar. Banyaknya aktivitas dan beban pikiran terkadang membuat seseorang lupa, termasuk lupa untuk mengganti mode valet alarm menjadi mode normal.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mematikan terlebih dahulu sistem alarm mobil. Hal ini harus Anda lakukan untuk mengetahui lampu indikator alarm juga ikut mati atau masih menyala.

Jika sistem alarm mobil mati, tetapi indikator alarm tetap terus menyala, maka mobil Anda sudah dipastikan dalam mode valet. 

Setelah Anda memastikan kondisi mobil dalam mode valet, Anda bisa buka bagian kemudi mobil. Lalu cari tombol lock alarm bergambar gembok terkunci, tekan tombol tersebut.

Kemudian tekan tombol unlock alarm bergambar gembok terkunci hingga alarm berbunyi. Setelah itu, Anda baru boleh menekan tombol alarm (door lock) kembali untuk mematikan alarm. 

Baca Juga : Beberapa Cara Reset Alarm Mobil yang Bisa Dilakukan

3. Ganti komponen sirine atau modul alarm

Jika penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci berasal dari sirine dan modul alarm, Anda bisa segera melakukan penggantian komponen tersebut dengan yang baru. Anda bisa meminta bantuan dealer Daihatsu atau bengkel resmi terdekat untuk mengatasi kondisi tersebut sehingga alarm bisa gunakan sebagai mana mestinya. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Oli Power Steering Bocor dan Cara Mengatasinya

2021-01-12

Pernahkah Anda menemukan tetesan oli di bawah mobil yang tidak berhenti mengucur? Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya karena oli pada powe

thumbnail

Tips Membuat Garasi Mobil

2021-02-22

Garasi mobil merupakan tempat yang wajib Sahabat siapkan sebelum Sahabat membeli mobil. Jangan sampai memakan jalan umum untuk menempatkan mobil Sahabat. Hal ini akan me

thumbnail

Pentingnya Ganti Minyak Kopling Mobil Secara Rutin

2022-09-13

Ketika Anda melakukan perawatan mobil di bengkel. Teknisi bengkel akan memeriksa mobil secara keseluruhan, mulai dari bagian mesin, hingga bagian minyak kopling mobil. Teknisi bengkel akan mengecek

thumbnail

Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor

2020-12-04

Apabila Sahabat menggunakan mobil atau motor, untuk menghidupkannya agar mesin menyala, maka Sahabat harus menggunakan dinamo starter. Dimana bagian tersebut adalah komp