Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Penyebab Ban Mobil Terkunci dan Solusinya
28 Januari 2021
ban mobil terkunci

Di musim hujan seperti ini, cukup banyak kejadian ban mobil terkunci dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat panik loh. Sahabat bisa bayangkan jika Sahabat sedang butuh untuk buru-buru ke suatu tempat menggunakan mobil, tiba-tiba ban mobil terkunci. Seringkali kejadian seperti ini timbul saat Sahabat menaruh mobil di garasi dan keesokan harinya bannya terkunci. Atau ketika Sahabat memarkirkan mobil saat jalan-jalan di mall, saat mau pulang dan menyalakan mobil tiba-tiba ban terkunci.

Ban mobil terkunci merupakan kejadian yang cukup sering dijumpai ketika seseorang memarkir mobil di tempat yang tidak rata dan menggunakan hand brake dalam keadaan mobil habis terguyur air hujan atau setelah dicuci. Namun, bisa juga ban mobil terkunci karena sebab lainnya.

Penyebab Ban Mobil Terkunci

Ada beberapa penyebab ban mobil terkunci dan susah digerakkan. Berikut ini penyebab-penyebabnya.

1. Sistem Pengereman yang Jarang Dibersihkan

Beberapa orang kurang peduli terhadap sistem pengereman mobilnya. Padahal ini bisa fatal loh. Seperti halnya bagian mobil lainnya, sistem pengereman juga perlu diperhatikan kebersihannya. Sahabat bisa membersihkan sistem pengereman ini secara berkala. Apalagi saat musim hujan, seringkali sistem pengereman dipenuhi oleh lumpur dari kubangan di jalanan.

2. Menggunakan Handbrake Saat Mobil Kondisi Basah

Ketika Sahabat menggunakan handbrake saat mobil kondisi basah, maka kanvas rem akan menempel pada cakram. Ketika kering, maka kanvas akan lengket pada cakram dan menyebabkan ban mobil terkunci.

3. Parkir di Tempat yang Miring

Parkir di tempat yang miring secara otomatis akan membuat Sahabat menggunakan rem agar ban mobil tidak menggelinding. Namun, keadaan ini juga memicu kanvas lengket pada cakram karena kanvas menerima tekanan yang keras dari cakram.

Solusi Ban Mobil Terkunci

Jika Sahabat menjumpai ban mobil Sahabat terkunci, hal yang bisa dilakukan adalah dengan memaju-mundurkan mobil. Ada beberapa orang yang menggunakan cara kejut berkali-kali. Cara ini akan membuat ban akan bisa berjalan meski sangat sedikit saja. Ketika Sahabat sudah menjumpai ban berjalan sedikit meski agak berat, Sahabat bisa memaju-mundurkan berkali-kali sampai benar-benar kanvas tidak menempel pada cakram.

Lalu, bagaimana jika ternyata tak kunjung bisa? Sahabat bisa membuka sistem pengereman mobil dan membersihkannya. Bisa jadi banyak sekali lumpur yang mengering dan membuat cakram dan kanvas susah bergerak.

Lalu bagaimana jika Sahabat tidak bisa membersihkan sistem pengeremannya sendiri? Sahabat bisa menelepon montir untuk membantu Sahabat membersihkannya.

Pencegahan Agar Ban Mobil Tidak Terkunci

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Sahabat lakukan agar ban mobil tidak terkunci. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Jangan menggunakan handbrake untuk mengerem mobil ketika kondisi basah. Misal setelah terguyur hujan atau setelah mobil dicuci.
  2. Jangan mengaktifkan rem ketika memasukkan mobil ke garasi setelah mobil dicuci. Di pagi hari seringkali menjadi penyebab ban mobil terkunci.
  3. Jangan parkir di tempat yang miring ke depan atau ke belakang. Parkir yang miring akan membuat kanvas menempel dengan kuat pada cakram mobil. Sehingga tidak jarang bisa membuat ban mobil terkunci.
  4. Bersihkan sistem pengereman mobil secara berkala. Seringkali sistem pengereman mobil yang tidak dirawat secara berkala akan menuai banyak masalah. Mulai dari beberapa bagian berkarat dan penuh lumpur yang menyebabkan ban mobil terkunci.

Itulah beberapa penyebab, solusi, dan pencegahan untuk ban mobil terkunci. Semoga info ini bermanfaat yah bagi Sahabat.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku