Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Elektroda Busi Mobil Jadi Hitam

Otomotif

2022-05-22

Elektroda Busi Mobil Hitam

Kendaraan bisa digunakan normal apabila businya dalam kondisi terbaik. Busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar. Akibat busi bekerja pada ruang pembakaran, maka besi rentan mengalami tekanan dan suhu tinggi. Jika tidak dirawat dengan baik, maka busi akan rawan mengalami kerusakan dan tidak lagi berfungsi.

Penyebab elektroda busi mobil hitam tidak hanya diakibatkan lokasinya yang berada di ruang pembakaran. Melainkan dikarenakan banyak hal lain yang dapat mengubah warnanya menjadi hitam dan tidak lagi bisa digunakan dengan baik.

Ini info lengkapnya!

Apa Sih Penyebab Elektroda Busi Mobil Hitam?

Pada busi yang mengalami pembakaran normal bisa ditandai dengan ujung busi yang memiliki warna coklat keabu-abuan secara merata. Tak hanya itu saja, namun juga pada ujung busi terlihat bersih dan tidak ada kerak yang menumpuk karena sisa proses pembakaran pada mesin.

Elektroda busi mobil hitam bisa terjadi dipengaruhi oleh berbagai hal. Ingin tahu apa saja penyebabnya? Simaklah ulasan di bawah ini.

1. Filter Udara yang Kotor

Filter udara pada mobil Anda yang mampet akibat banyak debu dan kotoran menempel bisa mempengaruhi kinerja dan performa mesin. warna hitam pada filter udara menjadi pertanda kondisinya sangatlah kotor. Kotoran yang menumpuk ini bisa membuat mesin menjadi kurang bertenaga dan membutuhkan bensin yang banyak selama proses pembakaran.

Adanya kotoran yang menumpuk ini dapat membuat gumpalan dan mengendap pada permukaan filter. Nantinya menjadi penghalang udara untuk masuk ke intake. Agar hal ini tidak terjadi, maka rajinlah membersihkan filter udara pada mobil Anda.

2. Bahan Bakar Terlalu Banyak

Banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam karburator juga menjadi penyebab elektroda busi mobil hitam dan basah. Keadaan seperti ini memang tidak terlalu mempengaruhi mesin mobil. Akan tetapi bisa menjadikan penggunaan bahan bakar lebih banyak dan menjadi boros.

Selain itu busi mobil Anda menjadi basah dan memungkinkan mengganggu sistem pengapian.  Atur ulang karburator pada mesin mobil Anda agar perbandingan Afr bisa kembali ideal.

3. Tidak Sesuainya Spesifikasi Busi Dengan Mobil

Performa mesin mobil Anda bisa semakin bagus jika menggunakan busi yang berkualitas. Nantinya proses pembakaran pada mesin bisa berjalan secara maksimal. Jika Anda memilih busi yang tidak sesuai dengan mobil Anda, bisa dipastikan proses pembakaran tidak berjalan dengan optimal dan dapat mengakibatkan busi menghitam.

4. Oli yang Mengalami Kebocoran

Oli yang mengalami kebocoran dapat memungkinkan mengalir ke dalam mesin pembakaran. Hal ini bisa terjadi karena piston yang sudah aus atau karena ring pada piston mulai melemah. Jika oli masuk ke ruang pengapian, maka bisa menyebabkan proses pembakaran kurang berjalan dengan sempurna.

5. Terdapat Masalah Pada Ignition Coil

Ignition coil yang bermasalah seperti menjadi lemah ternyata dapat berpengaruh langsung pada besaran bunga api pada busi saat proses pembakaran. Saat hal ini terjadi, proses pembakaran bisa terganggu dan berjalan lebih lambat dan proses pembakaran kurang sempurna dan membuang banyak deposit. Inilah yang membuat busi menghitam.

Baca Juga:  Bahaya Pakai Koil Busi Imitasi

Itulah beberapa hal yang bisa mengakibatkan elektroda busi mobil hitam. Pembakaran yang kurang sempurna inilah menjadi penyebab utama busi menghitam. Ayo dapatkan informasi seputar otomotif yang terupdate dan tidak kalah menariknya. Jangan sampai ketinggalan update informasi yang menarik dengan cara mengakses halaman resmi Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This