Tips Sahabat

3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati & Cara Memperbaikinya

09 April 2025
3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati & Cara Memperbaikinya

Pernahkah Anda mengalami masalah jarum RPM mobil tiba-tiba mati? Jika pernah, apakah Anda mengetahui penyebab jarum rpm mobil mati? Untuk mengetahuinya simak postingan dibawah ini hingga tuntas, ya!

Apa itu RPM pada mobil? RPM (Revolutions Per Minute) adalah salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi sangat krusial. Komponen ini berfungsi sebagai indikator pengukur kecepatan putaran mesin pada mobil. 

Indikator dalam komponen ini berupa jarum yang akan bergerak mengikuti laju mobil selama mesin dalam kondisi menyala. Oleh karena itu, komponen ini harus terawat dengan baik karena jika rusak dapat membahayakan keselamatan pengemudi mobil. 

Lalu apa saja penyebab jarum RPM mobil mati secara tiba-tiba? Bagaimana cara memperbaikinya komponen tersebut? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan di bawah ini. 

Penyebab Jarum RPM Mobil Mati

Ada 3 penyebab jarum RPM mobil mati, diantaranya yaitu :

1. Adanya Masalah Kelistrikan

Penyebab utama jarum RPM mobil mati disebabkan adanya masalah pada sistem kelistrikan pada bagian dashboard mobil atau bagian dalam mesin. Pada dasarnya panel indikator RPM berkaitan erat dengan sistem kelistrikan mobil. Apabila sistem kelistrikan mobil bermasalah (terjadi arus pendek atau korsleting) maka panel indikator juga ikut mati.

2. Adanya Masalah pada Panel Indikator

Penyebab kedua, disebabkan karena adanya masalah pada bagian panel indikator. Seperti Anda ketahui, bahwa panel dalam dashboard mobil terdiri dari panel indikator jarum RPM (tachometer), speedometer, dan odometer. Ketika terjadi masalah dalam suatu panel—entah itu speedometer, atau panel lainnya—maka menyebabkan jarum RPM mobil dan indikator lainnya kurang stabil bahkan mati.

3. Adanya Masalah pada Tachometer (Kalibrasi RPM)

Tachometer (kalibrasi RPM) yang kurang sinkron dapat menyebabkan jarum indikator RPM menjadi kurang akurat dan kurang stabil. Hal tersebut bisa Anda ketahui ketika Anda melihat jarum RPM mobil naik turun padahal kecepatan mobil stabil. 

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebabnya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami masalah jarum RPM mobil mati.

Baca Juga : Berapa Standar RPM Normal Mobil Matic? Ketahui Disini!

Cara Mengatasi Jarum RPM Mobil Mati

Setelang mengetahui beberapa penyebab jarum RPM mobil mati, berikut ini cara mengatasinya :

1. Cek Bagian Sistem Kelistrikan Mobil dan Ganti Komponen yang Rusak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan, Anda bisa mengecek bagian kelistrikan mobil. Apabila Anda kurang ahli, Anda bisa meminta bantuan teknisi ahli. Teknisi dapat mengecek secara menyeluruh bagian sistem kelistrikan mobil dan dapat mengetahui kerusakan disebabkan oleh korsleting, arus pendek listrik, atau karena komponen sudah aus.

2. Menyetel Ulang Kalibrasi

Ketika Anda mengetahui kalibrasi RPM bermasalah. Maka Anda harus menyetel ulang RPM dengan tachometer hingga posisi jarum RPM tepat dan posisinya tidak berubah-ubah. Pastikan Anda meminta bantuan teknisi ahli agar hasil kalibrasi RPM sinkron dan akurat. Sehingga Anda bisa membaca tachometer sesuai dengan kecepatan laju mobil Anda.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah, Yuk Ketahui!

3. Ganti Panel yang Rusak

Jika masalah disebabkan karena kerusakan pada panel indikator, maka ganti panel yang rusak dengan yang baru agar jarum RPM mobil dapat menyala kembali dan berfungsi secara optimal.

Pastikan Anda segera membawa mobil Anda ke bengkel atau dealer Daihatsu jika Anda mengalami masalah tersebut agar masalah jarum RPM mobil mati dapat ditangani dengan teknisi ahli.

Hindari membiarkan masalah ini terlalu lama, karena saat melakukan proses penggantian gigi transmisi mobil Anda perlu jarum RPM untuk tetap hidup agar penggantian gigi transmisi pas. Penggantian gigi yang tidak pas akan menyebabkan masalah baru seperti overheating. 

Tips Sahabat Lainnya
mengenal mesin 4 tak
Mengenal Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan Kesayangan
Mesin 4 tak menjadi jenis mesin kendaraan yang paling umum dipakai pada motor dan mobil di era saat ini. Dibandingkan mesin 2 tak, mesin 4 tak memiliki berbagai kelebihan karena lebih efisien dan lebi
Ciri ciri Shockbreaker Belakang mobil Rusak
4 Ciri-Ciri Shockbreaker Belakang Mobil Rusak dan Minta Ganti
Shocbreaker rusak dialami oleh banyak mobil dan membuat penggunanya mengeluh. Jika dibiarkan atau tidak segera ditangani, kondisi ini akan menimbulkan masalah lebih parah pada sistem suspensi
Plat DK Daerah Mana? Temukan Jawabannya di Sini!
Plat DK Daerah Mana? Temukan Jawabannya di Sini!
Plat DK dari daerah mana sering ditanyakan ketika orang-orang berpapasan atau bertemu dengan nopol kendaraan ini di jalan. Plat nomor kendaraan di setiap daerah di Indonesia memiliki seri masing-masin
5 Penyebab Kredit Mobil Ditolak dan Cara Mengatasinya
5 Penyebab Kredit Mobil Ditolak dan Cara Mengatasinya
Kredit mobil menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin memiliki mobil dengan biaya ringan di awal. Namun sayangnya, tidak semua pengajuan kredit mobil bisa diterima atau disetujui dengan mudah.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami