Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak Beserta Solusinya
03 Desember 2020
kopling mobil bunyi saat diinjak

Kopling adalah salah satu komponen mobil yang cukup penting. Komponen ini bisa membantu mencegah mesin mati saat perpindahan gigi terjadi pada mobil berkecepatan rendah.

Sebagaimana komponen mobil lainnya, kopling juga tak luput dari masalah. Kopling mobil bunyi saat diinjak adalah salah satu di antaranya. Masalah yang cukup sering dialami kopling ini tak muncul dengan sendirinya.

Tentu ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Di artikel ini, kami akan memberitahu Sahabat apa saja yang menjadi penyebab masalah tersebut. Kami pun juga bakal menjelaskan apa solusi dari penyebab-penyebab tersebut.

Adapun penyebab kopling mobil bunyi saat diinjak beserta solusinya bisa Sahabat simak di bawah ini!

Release Bearing Pada Kopling Rusak Ataupun Aus

Kopling punya banyak komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah release bearing. Komponen berupa bantalan ini berfungsi sebagai penghubung komponen release fork dengan unit kopling yang tengah berputar.

Komponen satu ini rentan sekali rusak ataupun aus. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Usia release bearing dan kualitas materialnya yang buruk adalah dua di antaranya.

Jika komponen satu ini rusak ataupun aus, maka akan menimbulkan suara pada kopling. Terutama, saat kopling tengah diinjak.

Solusi Utama Masalah Ini: mengganti release bearing yang rusak atau aus itu dengan yang baru.

Plat Penekan Pada Kopling Mengalami Keolengan

Selain release bearing, plat penekan adalah komponen lainnya yang ada pada kopling. Komponen satu ini merupakan komponen yang paling tipis di antara komponen lainnya.

Karena tipis, plat penekan rentan mengalami masalah. Satu di antaranya yang paling sering terjadi adalah keolengan. Salah satu ciri plat penekan yang oleng adalah bentuknya mulai membengkok.

Jika ini terjadi, maka akan akan ada bagian plat yang menempel pada flywheel dan pressure plate. Kalau itu sampai terjadi, maka kopling akan menimbulkan suara gesekan saat diinjak.

Solusi Utama Masalah Ini: seperti penyebab sebelumnya, solusi terbaik untuk untuk penyebab satu ini kurang lebih juga sama. Sahabat harus mengganti plat penekan yang oleng tersebut dengan plat penekan yang baru.

Mekanisme Penggerak Pada Kopling Mengalami Kekeringan

Penyebab kopling mobil bunyi saat diinjak satu ini lazim ditemui pada kopling dengan model hidrolik. Satu sisi, model hidrolik bisa bikin kopling berfungsi optimal. Namun, di sisi lainnya, hal itu juga menimbulkan beberapa masalah.

Salah satunya adalah keringnya mekanisme penggerak pada kopling. Terutama, di bagian engselnya. Kalau dibiarkan terus, bisa-bisa kopling akan berbunyi saat diinjak oleh Sahabat.

Solusi Utama Masalah Ini: Untuk mengatasi penyebab satu ini, Sahabat hanya perlu menyemprotkan cairan pelumas pada bagian engsel yang kering tersebut.

Gerak Renggang Pada Pressure Plate Terlalu Kecil

Penyebab yang terakhir ini biasanya terjadi karena dua sebab. Setelan jarak kopling yang mungkin terlalu besar, serta sistem hidrolik pada kopling yang masuk angin adalah keduanya. Adapun dampak dari penyebab ini adalah munculnya suara mirip slip saat kopling mobil bunyi saat diinjak.

Solusi Utama Masalah Ini: Solusi atas masalah ini lumayan rumit. Ada beberapa langkah untuk menyelesaikan penyebab ini. Langkah-langkah itu adalah:

Cek setelan jarak bebas pada kopling. Jika sekiranya terlalu lebar, Sahabat bisa memperkecil jarak tersebut.

Coba lihat minyak rem yang dekat pada kopling mobil. Jika sekiranya minyak rem tersebut kurang, maka Sahabat bisa menambahkan minyaknya. Jangan lupa untuk melakukan proses bleeding dulu, sebelum melakukan hal tersebut.

Itulah beberapa sebab kopling mobil bunyi saat diinjak, serta solusinya. Semoga bisa membantu Sahabat sekalian.

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor