Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur & Cara Mengatasinya
09 Agustus 2022
mobil matic tidak bisa mundur

Bagi Anda pengguna mobil matic, mungkin sudah sering mengalami mobil matic tidak bisa mundur. Sebenarnya apa yang terjadi dan mengapa bisa begitu? Melalui postingan ini akan kami bahas secara tuntas.

Mobil matic merupakan tipe mobil yang menjadi primadona bagi kaum wanita dan para pengemudi mobil pemula. Hal tersebut karena mobil ini sangat mudah dioperasikan sehingga banyak diminati banyak kalangan. 

Meskipun begitu, seringkali mobil matic ini terjadi masalah. Salah satunya tidak bisa mundur. Berikut ini informasi penyebab mobil tidak bisa mundur hingga cara mengatasinya.

Baca Juga : 4 Penyebab Mesin Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Dibawah ini terdapat 4 penyebab yang umum terjadi jika mobil matic tidak bisa maju dan mundur. 

1. Adanya Kerusakan pada Switch atau Tuas Gigi Mobil

Ketika mobil tidak bisa mundur bisa saja disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian switch atau tuas gigi mobil.

Kerusakan tersebut bisa ditandai dengan mode transmisi yang menyala tidak sesuai dengan fungsinya misal Anda sedang mengemudikan mobil tetapi transmisi tuas mobil matic memunculkan mode untuk parking.

Tuas yang rusak akan mengganggu fungsi operasional kemudi mobil sehingga bisa membuat mobil tersendat-sendat ketika mundur.

2. Putusnya Kabel Selenoid

Penyebab yang kedua adalah karena kabel solenoid putus. Kabel selenoid merupakan kabel yang menghubungkan sistem kemudi dengan semua perangkat yang berada di dalam mobil. 

3. Return Shift atau Reverse Gear Ratio Patah

Apakah anda sering mengalami transmisi mobil matic Anda nyentak? Bagi Anda yang masih menggunakan mobil matic generasi pertama yang masih menggunakan transmisi matic konvensional, yang bersifat mekanikal biasanya kendal mobil tidak bisa mundur dan nyentak. Hal ini disebabkan oleh bagian return shift atau reverse gear ratio yang patah.

4. Jarang Mengganti Oli Transmisi

Oli transmisi sangat berperan untuk merawat umur transmisi mobil mencapai umur ideal bahkan memperpanjang umur transmisi mobil.

Anda wajib menggantinya secara rutin, terutama apabila oli sudah mengalami perubahan warna menjadi pekat atau kecokelatan.

Oli transmisi yang jarang diganti menyebabkan transmisi mobil matic jebol dan membuat mobil susah untuk mundur. 

Cara Mengatasi Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

Setelah mengetahui penyebabnya, ketahui juga solusi dan cara memperbaiki masalah mobil matic yang tidak bisa mundur.

1. Identifikasi Kerusakan Transmisi Mobil

Langkah pertama untuk mengatasi masalah mobil tidak bisa mundur adalah mengidentifikasi kerusakan transmisi.

Anda bisa mempelajari apa itu transmisi, penyebab kerusakan transmisi, hingga cara merawat transmisi sesuai buku manual perawatan pabrikan mobil Anda. 

2. Cek Secara Rutin Kondisi Kabel Selenoid

Ketika kabel selenoid bermasalah, Anda bisa segera mencabut sebagian kabel yang bermasalah. Lakukan pemeriksaan secara rutin, sehingga apabila kondisi tidak memungkinkan Anda dapat melakukan proses penggantian.

3. Cek Kondisi Tuas Gigi

Cara sederhana mengetahui tuas gigi yang bermasalah adalah bisanya mode transmisi akan berada pada mode parking padahal mobil sedang melaju, dan sebaliknya.

4. Mengubah Bagian Return Shift atau Reverse Gear Ratio

Cara mengatasi mobil tidak bisa mundut selanjutnya adalah dengan  mengubah bagian return shift atau reverse gear ratio generasi lama dengan produk keluaran terbaru. 

5. Cek Selalu Oli Transmisi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa oli transmisi sangat berpengaruh terhadap performa mobil dan umur transmisi mobil.

Sehingga menguras oli transmisi harus dilakukan secara rutin untuk menghindari masalah ini. Selain itu juga supaya transmisi mobil matic tidak cepat jebol.

Segera ganti apabila oli transmisi mobil sudah disertai serbuk besi dan oli berubah warna menjadi lebih pekat dan kecokelatan.

Baca Juga : Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi

6. Lakukan Test Drive

Apabila langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, selanjutnya Anda lakukan test drive untuk membuktikan apakah mobil matic bisa mundur dengan baik.

Namun, apabila kondisi switch transmisi masih berat ketika di pindahkan, keluar suara aneh, hingga mobil terkadang tersendat atau terhentak sebaiknya Anda konsultasikan masalah tersebut ke bengkel resmi Daihatsu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku