Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Munculnya Kerak Karbon Pada Ruang Bakar

Otomotif

2022-05-22

Kerak Karbon

Apakah Anda sudah mengetahui alasan mengapa performa mesin bisa semakin menurun? Penyebabnya karena banyaknya kerak karbon yang menumpuk pada ruang bakar. Selain performa mesin semakin menurun, dampaknya bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros dan sering terjadi ngelitik atau knocking.

Jika penumpukan kerak ini dibiarkan terus menerus, maka bisa saja merusak komponen mesin yang lainnya. Tentunya sebelum dampak buruk ini semakin parah, maka Anda perlu mengatasi masalah penumpukan keraknya. Agar penumpukan kerak ini tidak terjadi pada Anda, sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja penyebabnya.

Cari Tahu Penyebab Kerak Karbon Pada Mesin Kendaraan

Resiko penumpukan kerak karbon memang bukanlah hal yang baru. Bahkan hal ini sangat umum terjadi. Penggunaan bahan bakar menjadi hal utama penumpukan kerak mesin dapat terjadi. Munculnya kerak ini bisa terjadi karena kurangnya pasokan udara pada ruang bakar.

Baca Juga:  Apa Itu Pajak Karbon dan Efeknya pada Harga Jual Mobil?

Selain itu juga bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai, atau bahan bakar dengan kualitas yang buruk. Penyebab dari kemunculan kerak ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Ketahui apa saja penyebabnya di bawah ini.

1. Akibat Sisa Proses Pembakaran

Proses pembakaran yang berjalan tidak sempurna ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya kerak karbon pada ruang bakar. Hal ini umumnya terjadi karena kualitas bahan bakar yang tidak terlalu baik. Sehingga proses pembakaran kurang berjalan dengan sempurna dan mengakibatkan penumpukan kerak di ruang bakar.

Sisa proses pembakaran yang tidak sempurna jug abisa terjadi setelah mesin bekerja dan kemudian berhenti. Kemungkinan terdapat sebagian bahan bakar yang masuk pada ruang bakar. Sedangkan di ruang bakar tidak terjadi pengapian dan pembakaran. Akibatnya bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik akan berubah menjadi karbon.

2. Endapan Debu Dan Uap Oli Mesin

Endapan debu dan juga uap oli mesin kendaraan memiliki peran dalam penumpukan kerak karbon. Penumpukan kerak ini bisa datang dari hasil isapan intake valve. Debu dan oli mesin ini dapat masuk dan mengendap, sehingga membuat ruang bakar menjadi kotor. Banyaknya unsur parafin dan sulfur yang masuk ruang bakar mesin juga menjadi faktor penumpukan kerak.

Selain uap oli, ternyata oli mesin juga bisa saja lolos dan masuk ke ruang bakar. Masuknya oli ini bisa melalui celah pada ring piston atau hasil blow dan menyebabkan tumpukan karbon. Pada oli mesin, terdapat molekul yang besar dan titik didih yang lebih tinggi dibandingkan bensin. Jika terdapat banyak porsi yang tidak terbakar, menyebabkan kerak karbon.

3. Seringnya Mesin Bekerja Pada Kecepatan Rendah dengan Beban Rendah

Mesin yang banyak bekerja pada kecepatan rendah dan beban yang rendah dapat membuat mesin bekerja di bawah suhu optimal. ini menyebabkan kegagalan pembakaran pada bensin yang melekat di  kepala piston dan juga ruang pembakaran. Daerah tersebut memiliki suhu rendah karena terdapat pendinginan dari sistem pendingin.

Itulah beberapa penyebab munculnya kerak karbon yang bisa muncul pada kendaraan Anda. jika tidak segera diatasi, maka penurunan kinerja mesin bisa saja terjadi. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada Anda bukan? Untuk itu rajinlah merawat komponen mesin kendaraan Anda.

Adanya ulasan ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ingin mendapatkan informasi seputar otomotif yang terupdate dan menarik lainnya, langsung saja Anda mengunjungi website Daihatsu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda!


Tag

Otomotif

Share This