Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk dan Cara Mengatasinya
Persneling mobil adalah sistem transmisi yang berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi agar mobil dapat bergerak dengan efisien sesuai kebutuhan kecepatan dan medan jalan. Secara umum ada dua jenis persneling yaitu Manual dan Otomatis. Cara kerja persneling mobil yakni mengubah rasio gigi untuk menyesuaikan tenaga dan kecepatan mobil, di mana gigi rendah memberikan torsi besar untuk akselerasi, dan gigi tinggi meningkatkan efisiensi saat melaju. Dalam transmisi manual, pengemudi mengoperasikan kopling untuk mengganti gigi, sedangkan pada transmisi otomatis, sistem secara otomatis menyesuaikan perpindahan gigi sesuai kebutuhan.
Ada beberapa kasus persneling mobil susah masuk atau tidak bisa berpindah gigi pada mobil manual. Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi seperti setelan kopling yang kurang pas, atau ada part yang sudah rusak. Pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap yuk simak disini.
Penyebab dan Cara Mengatasi Persneling Mobil Susah Masuk
Ada beberapa faktor yang menyebabkan persneling susah masuk ketika mesin mobil menyala. Berikut penyebab selengkapnya beserta cara mengatasinya.
1. Setelan kopling kurang tepat
Penyebab pertama persneling susah masuk, disebabkan karena setelan gerak bebas kopling atau free alya kopling terlalu besar. Permasalahan ini kerap terjadi pada mobil dengan sistem transmisi manual. Ketika mesin mobil dalam keadaan tidak menyala, maka persneling mobil mudah dipindahkan pada posisi 1, 2, 3 dan sebagainya.
Namun, ketika mesin mobil menyala, maka persneling susah dimasukkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penyetelan ulang freeplay kopling dan memastikan setelannya tidak terlalu bebas.
2. Kampas kopling aus
Penyebab kedua, disebabkan oleh kampas kopling yang sudah mulai aus atau tipis. Seperti diketahui, kopling berfungsi memutus dan menyambungkan tenaga yang dihasilkan mesin ke transmisi. Ketika putaran tenaga dari mesin mobil terputus maka perpindahan gigi akan lancar.
Namun, jika kampas kopling sudah menipis, maka perpindahan gigi menjadi sulit. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian kampas kopling.
3. Kabel kopling macet
Penyebab selanjutnya, disebabkan oleh kabel kopling keras dan macet. Hal tersebut biasanya terjadi karena banyaknya kotoran atau karat yang menumpuk pada kabel kopling. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian kabel kopling.
4. Kebocoran fluida pada master kopling
Kebocoran fluida pada master dapat menyebabkan tekanan hidrolik berkurang akibatnya persneling mobil sulit masuk. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu melakukan pengecekan fluid secara berkala. Tambahkan fluid apabila kondisi fluid sudah mulai berkurang.
5. Setelan pedal kurang pas
Sama seperti setelan kopling, setelan pedal yang kurang pas dapat menyebabkan persneling susah masuk. Sebaiknya, setel pedal sesuai standar jangan terlalu bebas.
6. Synchromesh ring aus
Seperti diketahui, syncromesh ring merupakan komponen yang bertugas mengontrol putaran roda gigi transmisi agar putarannya sama. Namun, jika komponen tersebut aus, maka dipastikan putaran setiap roda gigi berbeda sehingga gigi persneling sulit masuk. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian komponen.
7. Input shaft spline transmisi berkarat
Input shaft spline transmisi merupakan komponen sistem transmisi yang berhubungan langsung dengan kampas kopling. Apabila komponen tersebut berkarat, dipastikan kampas kopling akan tersangkut apabila pengemudi menginjak pedal kopling. Akibatnya persneling susah masuk saat mesin menyala. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan pembersihan karat dengan menggunakan cairan khusus (braso).
8. Bushing tuas persneling aus
Seperti diketahui bushing tuas persneling berfungsi menyeimbangkan suspensi mobil dan meredam getaran. Komponen tersebut mudah aus karena terbuat dari karet. Bushing tuas persneling yang aus menyebabkan selector transmisi bergeser sehingga gigi persneling susah masuk. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian komponen.
Baca Juga : Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic & Fungsinya
9. Shift fork aus
Shift fork yang aus juga menyebabkan persneling susah masuk. Seperti diketahui, shift fork berfungsi sebagai penghubung hub sleeve agar tidak oblak pada synchromesh. Apabila komponen tersebut aus, maka hub sleeve akan oblak dan longgar sehingga gigi transmisi bergeser. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian komponen.
Bagaimana agar persneling mobil tidak cepat rusak?
- Injak kopling sepenuhnya sebelum mengganti gigi untuk menghindari gesekan kasar.
- Pindahkan gigi secara halus sesuai kecepatan (gigi rendah untuk start, gigi tinggi untuk melaju).
- Lepaskan kopling perlahan sambil menekan gas agar perpindahan gigi tidak tersendat.
- Jangan sering setengah kopling, karena bisa mempercepat keausan.
Demikian penyebab dan cara mengatasi persneling susah masuk. Sebagai langkah preventif agar kondisi tersebut tidak terjadi, pastikan Anda melakukan perawatan secara rutin di bengkel Daihatsu terdekat.