Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar serta Contohnya
02 September 2022
perbedaan mesin pembakaran dalam dan luar

Perlu Anda ketahui bahwasanya setiap kendaraan bermotor menggunakan jenis mesin yang berbeda. Mesin kendaraan bermotor sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin pembakaran dalam dan luar. Lalu apa perbedaan dari kedua mesin tersebut? Dan kendaraan apa saja yang menggunakan kedua jenis mesin tersebut? Berikut ulasan selengkapnya. 

Sekilas Mesin Pembakaran Dalam dan Luar 

Sebelum Anda mengetahui perbedaan kedua mesin tersebut sebaiknya Anda mengetahui pengertian dari kedua jenis mesin tersebut:

1. Mesin Pembakaran Dalam

Mesin ini memiliki proses pembakaran di dalam ruangan bakar yang tertutup atau combustion chamber. Di dalam ruang tersebut, bahan bakar dan campuran udara dibakar untuk menghasilkan sebuah ledakan (tenaga mekanik). Ledakan ini nantinya digunakan untuk menggerakkan crankshaft (poros engkol). 

Mesin ini memiliki kelebihan yaitu mampu menghemat bahan bakar. Kekurangan mesin jenis ini adalah tidak boleh asal menggunakan bahan bakar. Misalnya kendaraan harus diisi bensin, namun diganti solar maka akan menyebabkan mesin kendaraan rusak.

2. Mesin Pembakaran Luar

Mesin ini memiliki proses pembakaran di luar mesin. Jadi, tidak membutuhkan ruang pembakaran di dalam mesin. Kelebihan dari mesin ini adalah tidak pilih-pilih bahan bakar. Hampir semua bahan bakar baik itu dari fosil atau kayu, bisa digunakan. Kekurangan dari mesin ini adalah boros tempat.

Baca Juga : Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar 

Setelah Anda mengetahui sedikit ulasan kedua mesin tersebut, berikut perbedaan dari keduanya. 

1. Perbedaan Dari Segi Bahan Bakar

Perbedaan yang menonjol adalah dari penggunaan bahan bakar. Untuk mesin pembakaran dalam maka penggunaan bahan bakar sesuai jenis kendaraannya.

Anda tidak boleh asal dalam mengisi bahan bakar, jika kendaraan diciptakan menggunakan bensin maka hindari penggunaan bahan bakar lain seperti solar agar tidak rusak. Sedangkan mesin pembakaran luar bisa menggunakan hampir semua bahan bakar baik dari benda padat, cair, atau gas. 

2. Perbedaan dari Segi Harga Bahan Bakar

Seperti Anda ketahui, mesin pembakaran dalam memiliki harga konsumsi bahan bakar yang murah karena dinilai lebih hemat. Meski mesin pembakaran luar tidak pilih-pilih bahan bakar, namun kebutuhan terhadap bahan bakar dinilai lebih banyak.

3. Perbedaan dari Segi Konstruksi

Mesin pembakaran dalam dinilai memiliki bentuk yang lebih sederhana dan praktis. Hal ini karena pembakaran di lakukan di dalam mesin, dan tidak membutuhkan ruang tambahan di luar. 

Contoh Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua jenis mesin tersebut, berikut contoh penerapan penggunaan kedua mesin tersebut dalam sebuah kendaraan.

1. Contoh Mesin Pembakaran Dalam

Mesin jenis ini memiliki berapa model, seperti mesin 2 tak, mesin 4 tak, dan mesin wankel. Beberapa kendaraan yang menggunakan mesin ini adalah motor, mobil, truk, bus, dan sebagainya. Untuk jenis bahan bakar biasanya mesin ini menggunakan diesel atau bensin.

2. Contoh Mesin Pembakaran Luar

Contoh mesin pembakaran luar dibagi menjadi dua yaitu mesin uap dan mesin stirling. Ada beberapa kendaraan yang menggunakan mesin uap atau ketel uap, seperti kapal uap, kereta uap, dan pesawat uap. 

Nah, itulah perbedaan mesin pembakaran dalam dan luar, beserta contohnya. Semoga pembahasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda.

Apabila mesin pembakaran dalam kendaraan Anda mengalami masalah, segera kunjungi dealer Daihatsu terdekat atau hubungi teknisi ahli. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku