Logo Daihatsu
Menu

Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin, Yuk Cek!

Otomotif

2024-01-15

Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin, Yuk Cek!

Mengetahui perbedaan mobil listrik dan mobil bensin sangatlah diperlukan. Sebab, mobil listrik di prediksi akan diproduksi massal dan menjadi mobil masa depan. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa menimbang mobil manakah yang lebih baik dan cocok dengan kebutuhan. Anda pasti penasaran bukan? Yuk langsung saja perhatikan perbedaan selengkapnya sebagai berikut.

Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin

Ada beberapa perbedaan antara mobil listrik dengan mobil bensin yang perlu Anda ketahui. Berikut perbedaan selengkapnya.

1. Bahan bakar

Perbedaan pertama, bisa Anda lihat pada segi bahan bakar. Mobil listrik menggunakan listrik sebagai energi. Sedangkan mobil bensin menggunakan bahan bakar minyak.

2. Biaya bahan bakar

Perbedaan kedua, bisa dilihat dari biaya bahan bakarnya. Setiap mobil listrik tentunya memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda tergantung dengan kapasitas baterai dan jarak yang ditempuh.

Seperti mobil listrik Daihatsu EV 2023, memiliki kapasitas baterai lithium sebesar 32 kWh dengan daya motor listrik sebesar 60 kWh. Untuk mengisi listrik Daihatsu EV full 100% diperlukan biaya sebesar Rp78.297. Kalkulasi tersebut berdasarkan kapasitas baterai dikalikan dengan harga listrik Rp2.446,78 per kWH. 

Dilansir dari situs Daihatsu, kapasitas baterai 100% tersebut, Daihatsu EV mampu menempuh jarak hingga 200 kilometer dengan kondisi AC menyala.

Sedangkan, untuk mobil bensin seperti Daihatsu Terios untuk menempuh jarak 200 kilometer dibutuhkan bensin sebanyak 19 liter. Jika dikalikan dengan harga bensin pertalite Rp10.000 per liter maka diperlukan biaya sebesar Rp190.000. Jadi jika dibandingkan, maka biaya bahan bakar mobil listrik 2,4 : 1 lebih hemat daripada mobil bensin. 

3. Emisi

Perbedaan ketiga, bisa dilihat dari segi emisi. Mobil bensin mengeluarkan emisi gas buang yang mengandung zat polutan sehingga mencemari udara dan lingkungan. Sedangkan mobil listrik tidak memiliki emisi gas buang sama sekali sehingga ramah lingkungan. Untuk jenis mobil listrik hybrid, mengeluarkan emisi gas buang namun dengan zat polutan yang rendah.

4. Mekanisme kerja

Perbedaan keempat, bisa dilihat dari mekanisme kerja. Pada mobil listrik untuk bergerak dibutuhkan energi yang berasal dari baterai yang diisi daya. Kemudian daya dari baterai DC tersebut diubah oleh teknologi inverter menjadi fase AC untuk menggerakkan motor induksi. Sedangkan mobil bensin, membutuhkan bensin sebagai bahan bakar energi yang diolah oleh sistem bahan bakar dan sistem pembakaran mesin.

Baca Juga : Inilah Cara Kerja Mobil Listrik, Sederhana & Hemat!

5. Perawatan

Perbedaan kelima, bisa dilihat dari segi perawatan. Mobil listrik tentunya memiliki perawatan yang lebih sulit dibandingkan mobil bensin. Hal tersebut dikarenakan suku cadang mobil listrik belum banyak dijual di Indonesia.

6. Jarak Tempuh

Perbedaan keenam, bisa dilihat dari jarak tempuh. Mobil bensin tentunya lebih unggul dibandingkan mobil listrik dalam segi jarak tempuh, terutama saat kondisi cuaca buruk.

7. Performa

Perbedaan terakhir, bisa dilihat dari segi performa. Untuk soal performa dan akselerasi mobil listrik lebih unggul dibandingkan mobil bensin. Hal tersebut dikarenakan oleh sistem mobil listrik yang sangat kompleks. Namun, untuk perjalanan jauh, mobil bensin lebih unggul karena mobil bensin memiliki beragam jenis model beserta fitur yang berbeda. Contoh: Jenis sedan, hatchback, untuk perkotaan. SUV, MPV untuk road trip. Dan jenis 4x4 untuk keperluan offroad.

Demikian perbedaan antara mobil listrik dan mobil bensin. Dari kedua mobil tersebut, mobil manakah yang menurut Anda lebih unggul? Jika Anda tertarik membeli mobil bensin atau listrik terbaik, Anda bisa mengunjungi dealer resmi Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apakah Boleh Pakai Plat Nomor Variasi? Ini Aturannya!

2024-01-31

Plat nomor variasi saat ini kerap kali digunakan untuk mempercantik penampilan mobil. Lantas bolehkah plat tersebut digunakan untuk kepentingan harian? Daripada Anda

thumbnail

Fungsi Mobil SUV Beserta Kelebihannya

2020-12-02

Fungsi Mobil SUV Beserta Kelebihannya - Salah satu jenis mobil yang kini tengah digandrungi adalah mobil Sport Utility Vehicle alias SUV. Mobil ini seperti sebuah offroa

thumbnail

Yuk, Kenali Arti Lambang Lampu Indikator Mobil Lengkap Ini!

2021-03-24

Banyaknya lampu indikator mobil seringkali membuat seseorang merasa bingung dan enggan untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman komponen tersebut sangat

thumbnail

Harus Ninggalin Mobil dalam Waktu Lama? Ikuti Saja Tips Ini!

2020-11-17

Tips mobil yang akan ditinggal lama adalah hal yang mesti diketahui Sahabat. Terutama, jika Sahabat ada keperluan yang mengharuskan Sahabat meninggalkan mobil kesayangan dalam waktu lama.Jik